Minggu, 29 Agustus 2021

Sarapan Pagi Puyuh Geprek Sambal Ijo Di Warung Nendaeng, Licin, Banyuwangi

Satu Porsi Puyuh Geprek Sambel Ijo

Sarapan pagi di Banyuwangi pilihannya memang terbatas mulai dari Nasi Pecel, Nasi Cawuk, Nasi Kuning dan Nasi Bungkus. Namun jika kalian berada di sekitaran daerah Licin, kalian bisa menemukan beberapa sarapan pagi yang enak yaitu Puyuh Geprek Sambel Ijo di Warung Nendaeng. Kuliner ini bisa dibilang salah satu Kuliner Hidden Gem Banyuwangi yang wajib kalian coba saat di Banyuwangi.

Saya antusias sekali saat diberi tahu oleh Mba Ratih, salah satu teman dari Desa Segobang kalau ada kuliner enak yaitu Puyuh Geprek Sambel Ijo. Kuliner dari Burung Puyuh ini sangat jarang ada di Banyuwangi. Saya hanya menemukan di Desa Manggir dan Di Desa Licin ini. Burung Puyuh Geprek Sambel Ijo ini bukan makanan khas melainkan makanan kreasi dari Bu Riana Pemilik Warung Nendaeng.

Warung Nendaeng ini hanya buka pagi hari saja mulai jam 06.00 hingga habi. Biasanya jika ramai jam 08.00 pagi saja sudah habis. Menu yang dijual di Warung Nendaeng ini adalah Nasi Cawuk dan Puyuh Geprek Sambel Ijo. Dahulu Warung Nendaeng ini menjual bakso yang menurut saya cukup enak adalah Bakso Kecombrangnya namun akhirnya diganti menjadi menu sarapan pagi berupa Nasi Cawuk dan Puyuh Geprek Sambel Ijo.

Rute ke Warung Puyuh Geprek Sambel Ijo (Warung Nendaeng)

Warung Nendaeng ini lokasinya strategis di pinggir jalan ruas utama Banyuwangi kota menuju ke Kawah Ijen. Untuk menuju kesana dari Banyuwangi kota, kalian tinggal membawa kendaraan kalian kea rah barat melewati Pelintasan Rel Sasak Perot – pertigaan Patung Barong – Desa Olehsari- Jelun- lalu setelah melewati Polsek Licin akan ada papan banner bertuliskan sarapan Sego Cawuk disitulah Warung Nendaeng atau lebih tepatnya di sebelah warung Bebek Pencit (Gang Tanjakan ke Ijen Shelter).

Warung Nendaeng Tampak Depan

Waktu datang kondisi warung masih sepi, terlihat hanya hidangan Nasi Cawuk saja jadi jika ingin memesan Puyuh Geprek Sambel Ijo ini kalian tinggal bilang ke Ibunya saja nanti akan dibuatkan. Puyuh Geprek Sambel Ijo ini ada dua versi yaitu Versi Utuh dan versi ekonomis. Versi utuh kita mendapat puyuh utuh satu ekor dengan harga Rp. 15.000 dan versi ekonomis seharga Rp. 7.500 kita dapat puyuhnya setengah ekor .

Burung Puyuh digeprek

Sambil menunggu, saya memperhatikan ibu Riana meracik Puyuh Geprek Sambel Ijo. Kacang Panjang mentah dipotong-potong lalu diberi tempe dan sambel ijo yang sudah siapkan terlebih dahulu lalu digeprek seperti membuat sambel tempe, lalu taruh dipinggir piring yang sudah ada nasi. Burung puyuh yang sudah digoreng matang ditaruh di atas cobek lalu diberi sambel ijo diatasnya lalu digeprek. Lalu dicampur kedalam piring yang sudah disediakan tadi dan diberi daun kemangi, timun dan bakwan Jagung.

Penampakan Puyuh Geprek Sambel Ijo

Pertama saya langsung mencolek sambel ijonya. Enak dan segar karena digeprek sepertinya meresap kedalam burung puyuhnya. Kedua saya mencoba memakan pelengkapnya berupa tempe yang digeprek bersama potongan kacang panjang . Pait namun dapat gurih dan enak dari campuran tempe dan sambel ijonya. Pelengkap ini saya rasa untuk membangkitkan nafsu makan pagi hari agar lahap menghabiskan Puyuh Geprek Sambel Ijo.

Sambil menyantap dan menikmati Puyuh Geprek Sambel Ijo, saya melihat warung mulai ramai oleh warga setempat memesan Sego Cawuk yang harganya murah yaitu Rp. 5.000 sudah dapat potongan pelasan, potongan telur dan bakwan jagung. Ibunya meracik pesanan satu persatu jadi jika datang agak siangan harus bersabar mengantri menunggu giliran.

Jika Antri harus sabar ya hehe

Sarapan Puyuh Geprek Sambel Ijo ini perlu kalian coba karena  selain enak, olahan makanan burung puyuh jarang ada di Banyuwangi. Setelah sarapan bisa keliling melihat-lihat pemandangan indah yang ada di sekitar daerah Licin.

Selamat Mencoba ya :)

 

1 komentar:

  1. Iki enak banget mesti mas, daging iso rodo kering gorengnya dan gak tebal. Mesti rasanya lebih meresap

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search