Sabtu, 12 Juni 2021

Nasi Tempong Bek Youk, Banyuwangi - Salah Satu Nasi Tempong Legendaris dan Tertua Banyuwangi


Belum ke Banyuwangi jika belum mencoba Nasi Tempong.

Nasi Tempong memang kuliner wajib dicoba saat berwisata ke Banyuwangi.  Nasi Tempong ini mudah sekali ditemukan di Banyuwangi sehingga tidak mungkin jika tidak sempat mencobanya. Ada beberapa Penjual Nasi Tempong yang dijuluki Legend oleh para pecinta Kuliner karena warung Nasi Tempong tersebut sudah lama berjualan.

Nasi Tempong Mbok Nah, Nasi Tempong Mbok Wah ini yang sering menjadi pilihan bagi wisatawan untuk mencoba makan Nasi Tempong. Selain itu juga ada Nasi Tempong Bek Youk, salah satu Nasi Tempong Legend yang sudah berjualan sejak Tahun 1977 dan bisa dibilang warung ini adalah yang pertama berjualan Nasi Tempong di Banyuwangi.

Mbak Giah dan temannya meneruskan citarasa Nasi Tempong Bek Youk

Namun Bek Youk sudah Wafat pada tahun 2016 lalu dan untungnya ada penerus beliau bernama Mbak Giah. Mbak Giah bukan anak kandung melaikan Keponakan Bek Youk yang sejak dulu menemani Bek Youk jualan sehingga tidak dapat diragukan lagi citarasa Nasi Tempong Bek Youk masih tetap sama.

Rute Menuju Nasi Tempong Bek Youk

Nasi Tempong Bek Youk ini terletak di Jalan Kyai Asyari Kelurahan Tukang Kayu, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Rute menuju Warung Nasi Tempong  Bek Youk ini cukup mudah kok. Kalian tinggal membawa kendaraan kalian menuju simpang lima banyuwangi kota lalu ambil arah ke timur arah ke hotel Slamet. Ikuti jalan ke timur akan ada perempatan sebelum lampu lalulintas hotel slamet ambil kearah utara (belok kiri) masuk ke jalan Kyai Asyari dan kalian akan menemukan  warung Sego Tempong Bek Youk yang ada di kanan jalan.

Warung Nasi Tempong Bek Youk

Warung Nasi Bek Youk ini mulai jam 18.00 hingga 22.20 WIB. Saya dan Ica datang jam 6 sore selain sudah lapar, pada jam ini kondisi warung tidak terlalu ramai sehingga tidak perlu menunggu mengantri untuk mendapatkan seporsi Nasi Tempong Bek Youk.

Sambil menunggu Nasi Tempong pesanan saya dihidangkan. Sempat membahas dan tanya-tanya arti kata Bek karena jarang sekali orang yang menggunakan kata ini. Bek ternyata artinya adalah Bibik/Bibi atau Mbak. Kata ini merupakan kata panggilan jaman dahulu yang sudah jarang digunakan atau ditinggalkan. Dari sekian banyak kuliner di Banyuwangi, saya hanya menemukan dua warung yang menggunakan kata Bek yang letaknya memang di kawasan pemukiman tua dari kota Banyuwangi.

Satu porsi Nasi Tempong Bek Youk

Nasi Tempong akhirnya datang di Meja. Sepintas Nasi Tempong Bek Youk sama seperti komposisi Nasi Tempong pada umumnya seperti Nasi, kan Asin Tempe Tahu sayur-sayur lalapan rebus dan sambal. Namun pada Nasi Tempong Bek Youk ini terdapat tambahan berupa Sayur Jagung yang punya rasa sedikit gurih.  Sambal dari Nasi Tempong Bek Youk ini juga berbeda rasanya dan saya sendiri menyukai sambal tempong ini, pedas dan enak. Perbedaan rasa di Sambal tempong adalah hal yang wajar karena faktor racikan tangan dari masing-masing penjual Nasi Tempong.

Sayur Jagung Muda yang membedakan dengan warung Nasi Tempong lainnya

Piring terlihat penuh karena isiannya, sampai-sampai nasinya tidak terlihat. Bahkan punya si Ica yang nasinya sudah dikurangi pun terlihat sama penuhnya. Memang Nasi Tempong ini cocok untuk dimakan malam hari apalagi saat kita belum makan siang jadi dengan porsi banyak nasi tempong yang punya banyak isian lauk membuat perut kita sangat kenyang dan sambalnya enak rasanya bikin puas, pedasnya bikin bibir panas seperti ditampar-tampar (ditempong). Satu porsi Nasi Tempong Bek Youk yang saya pesan seharga Rp. 13.000 saja. Dengan porsi sebanyak itu, harganya bisa dibilang murah.

Warung Nasi Tempong Bek Youk buka mulai Jam 18.00-22.00 WIB bisa tutup lebih cepat Nasi Tempongnya sudah habis. Warung tersebut berjualan di sebuah rumah di kawasan pemukiman padat dengan lebar jalan sekitar 3 meter. Jika kalian membawa  kendaraan mobil bisa memarkir kendaraan di jalan besar lalu jalan kaki memasuki gang tempat Warung Nasi Tempong Bek Youk berada.

 


2 komentar:

  1. Sambelnya bikin kemecer hahahahahha.
    Tep pedes tenan kui

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas.. sambelnya pedes tapi enak..bikin pengen makan dan nguyah terus hahaa

      Hapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search