Sabtu, 29 Mei 2021

Wisata Kalongan, Kalipuro, Banyuwangi - Tempat Bermain Kano dan Menikmati Air Terjun Kalongan

Bermain Kano di Wisata Kalongan

Wisata olahraga kano di Banyuwangi sepertinya sedang menarik minat wisatawan lokal seperti halnya wisata kano di Kalongan dan Wisata Kano di Cacalan yang sudah lama berkembang. Wisata Kano di Air Terjun Kalongan terbilang baru sebagai strategi membangkitkan dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kalongan, salah satu objek wisata legendarisnya Banyuwangi.

Wisata kalongan dulu pernah menjadi wisata favorit di Banyuwangi tahun 80an, 90an dengan daya tarik utama air terjun, embung, dan suasana sejuk dan asri karena alamnya masih terjaga. Setelah lama ditinggalkan kini kembali dilirik kembali dengan menambah daya tarik berupa wisata kano di atas embung kalongan tersebut.

Rute menuju ke Wisata Air Terjun Kalongan

Wisata Air Terjun Kalongan terletak di desa Pesucen, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi yang secara letak tidak jauh dari kota Banyuwangi. Rute jalan menuju ke Wisata Kalongan dari Banyuwangi kota cukup mudah, kalian arahkan kendaraan kalian ke jalan Brawijaya melewati Perempatan Cungking masih lurus ke Utara hingga melewati palang pintu otomatis rel kereta api setelah melewati rel akan komplek pemakaman Mitra Abadi yang ada di kiri jalan, belok ke kiri sebelum komplek pemakaman mitra abadi tersebut lalu ikuti saja jalan tersebut lurus ke arah barat hingga masuk desa Pesucen - melewati pasar Pesucen dan nanti akan menemukan spanduk petunjuk jalan Wisata Kalongan. Ikuti petunjuk jalan tersebut melewati jalan desa dan kalian akan sampai di Parkiran Wisata Kalongan.

Untuk masuk ke wisata kalongan kita tinggal membayar Tiket masuk ke Wisata Kalongan sebesar Rp. 5.000/orang dan parkir kendaraan roda dua Rp. 2.000 dan roda 4 Rp. 5.000. Dari parkiran kita hanya tinggal berjalan turun ke bawah, kita akan sampai ke embung kalongan.


Embung tempat bermain Kano di Wisata Kalongan
 
Sampai di wisata kalongan ini jam 8 pagi, situasi masih sepi pengunjung karena terlalu pagi, hanya ada warga lokal dan anak-anak sekitar yang sedang bermain perahu kano. Suasananya sejuk sekali, ada suara air yang keluar dari embung ke sungai juga suara gemerincik air dari saluran irigasi yang ada disekitar embung. Ada beberapa pohon tinggi yang mudah dikenali seperti pohon beringin, pohon dombyong/gowok dan pohon Lerak, pohon yang buahnya bisa menjadi sabun/deterjen alami.

tebing yang ditumbuhin tanaman pakis-pakisan

Embung Kalongan mempunyai luas sekitar 3500 m2 dengan lebar 35 m dan panjang 100 m. Embung diapit oleh kedua tebing dimana tebing sebelah kanan ini menakjubkan karena tumbuh tanaman pakis, begonia dan tanaman rambat yang subur. Sisi tebing sebelah kiri agak terbuka dan punya sumber air yang keluar dari dalam gua kecil yang ada di tebing.

Anak-anak bermain Kano di Wisata Kalongan

Di embung Kalongan ini terdapat wahana permainan perahu Kano yang menarik. Harga sewa kano dan jaket pelampungnya seharga 10.000 untuk Kano ukuran kecil (bisa untuk 2 orang) dan 15.000 untuk kano berukuran besar ( bisa 3 orang). Dengan naik kano kita bisa menjelajahi bagian waduk sebelah barat dimana di bagian barat dari embung tersebut keadaannya masih seperti sungai di dalam hutan sehingga jika berkano di daerah barat embung kalongan terasa seperti sedang berpetualang menyelusuri sungai.

Jika kita berjalan mengikuti saluran irigasi yang ada di tebing sebelah kanan, kalian akan sampai di Air Terjun Kalongan yang menjadi daya tarik utama dari wisata Kalongan ini. Menurut pengelola, sumber dari air terjun kalongan ini mengalir sepanjang tahun sehingga kalian tak perlu khawatir jika berkunjung kesini saat musim kemarau. Padahal sumber air yang ada di wisata Kalongan juga digunakan oleh PDAM untuk stok air wilayah Banyuwangi kota dan Kalipuro. Itu tandanya lahan resapan air di wilayah ketinggian Banyuwangi masih bagus.

Air Terjun Kalongan

Air Terjun ini punya kedalaman bervariasi, kedalaman bisa mencapai 3 meter di sekitar air yang terjun dan 1 meter di pinggir-pinggir air terjun sehingga jika kalian tidak bisa berenang lebih baik tidak usah berenang atau hindari berenang di bawah air terjunnya.

Kalau dilihat-lihat, bebatuan yang membentuk tebing disekitar air terjun sangat unik. Seperti batuan berbentuk pipih yang ditumpuk-tumpuk membentuk suatu pola menarik bahkan digunakan oleh anak-anak sekitar sebagai tangga untuk naik ke atas tebing air terjun dan melakukan atraksi loncat ke bawah air terjun.

Habitat Capung dan Untring

Banyaknya Capung dan Untring (jenis capung kecil) menandakan bahwa ekosistem di sekitar wisata Kalongan ini masih terjaga dengan baik. Dari hasil pendataan dan penelitian Capung di Banyuwangi ditemukan 65 jenis Capung dan 35 Jenis Capung ditemukan di wilayah sekitar Wisata Kalongan ini.

salah satu Untring (capung kecil) yang ada di Kalongan

Saya harap baik pengelola dan wisatawan yang berkunjung di lokasi ini harus tetap menjaga wisata kalongan agar tidak rusak. Dengan membuang sampah pada tempatnya, tidak mandi dan bersih bersih menggunakan deterjen karena bisa mencemarkan aliran air dan habitat dari Capung dan Untring tersebut.

Nah sekian cerita saya tentang wisata olahraga kano, wisata air terjun kalongan, setelah membaca dan melihat ini kalian tertarik berwisata ke wisata embung dan Air Terjun Kalongan kan?.

5 komentar:

  1. Ini menarik sih ada kano-nya. Jadi bisa muterin sampai puas atau sekadar main air. Cocok mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas daya Tarik utamanya sekarang kano nih mas..semoga nambah Nanti armadanya

      Hapus
  2. masih alami banget ya, tadi aku kira air terjun kalongannya tinggi dengan debit besar. Soalnya baru denger juga ada air terjun kalongan dengan lokasi di daerah kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba.. ini lokasinya ga jauh dari kota dan bisa di coba ahhaha

      Hapus
  3. Terima kasih postinganya ini sangat membantu kami dalam memberikan informasi. Pada khalayak ramai bahwa sesuai tulisan diatas wisata alam kalongan mencoba bangkit untuk memberikan warna pilihan pada destinasi wisata alam di banyuwangi. dan kalongan sangat cocok untuk pilihan berwisata dimusim kemarau. dg panorama alam dan kesejukan lembah kalongan serta dinginya tempratur air linu. pengunjung akan dimanjakan seperti mandi di air es. namun begitu kami mewakili teman2 pengelola mohon maaf karna disana sini masih banyak yg perlu ditata tanfa merusak alam iru sediri. Saran atau masukan
    sangat kami butuhkan untuk menjadikan kalongan lebih baik lagi.

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search