Senin, 24 Mei 2021

Kedai Galengan - Kafe Tengah Sawah Di Area Persawahan Banyuwangi Kota

 Kedai Galengan, Kedai di persawahan Banyuwangi Kota

Santai sore-sore di pinggir sawah memang enak. Anginnya sepoi-sepoi, matahari pun tak terlampau panas. Apalagi jika di pinggir sawah tersebut ada sebuah kafe, kedai untuk sekedar duduk memesan camilan, santai di pinggir sawah akan memakan waktu yang lama.

Sore ini saya ingin mencoba Kedai Galengan, sebuah kedai atau kafe baru yang berdiri sebidang sawah yang terapit oleh pemukiman dan perumahan. Nama Galengan berasal dari bahasa Jawa yang berarti jalan yang ada di sawah atau pematang sawah.

Rute Menuju Kedai Galengan

Kedai Galengan terletak di daerah Pengantigan tepatnya bersebelahan dengan SMP Negeri 3 Banyuwangi.  Rute menuju ke sana cukup mudah loh, arahkan kendaraan kalian ke perempatan lampu merah Lateng, ambil arah barat sampai bertemu pertigaan depan kampus LP3I ambil arah utara (kanan) masuk ke Jalan Tidar, ikuti jalan Tidar hingga bertemu SMP 3 Banyuwangi sebelah kanan jalan, Lewati SMP 3 dan Kedai Galengan ada sederetan dengan SMP 3 Banyuwangi tersebut.

Gazebo/Shelter/Balai Santai di Kedai Galengan

Area persawahan kedai Galengan agak diatas, dari pintu masuk dan parkiran tidak terlalu terlihat. Setelah naik beberapa  tangga, sawahnya terlihat cukup luas. Ilmu Kirologi saya mengukur, luas sawahnya sekitar 2.000 meter.  Bangunan utama  berserta dapur di bangun  di area tengah persawahan. Tempat duduk untuk makan-makannya lesehan di dalam Balai Santai, Gazebo atau shelter yang terbuat dari bambu yang diletakkan di pinggir-pinggir persawahan. Antar bangunan utama dengan Bale Santainya dihubungkan dengan Galengan atau Jalan Pematang.

Bale Santainya juga kesannya bagus, di dalamnya dihiasi oleh kain-kain putih seperti halnya kedai-kedai di daerah Ubud Bali. Setiap Bale Santai juga disediakan tempat sampah, harapannya pengunjung tidak membuang sampah sembarangan di sawah-sawah tersebut.

menu di Kedai Galengan

Menu di Kedai Galengan ini cukup beragam mulai dari makanan berat, snack hingga beragam minuman coffee dan non coffee. Harganya sangat terjangkau untuk makanannya paling mahal harganya hanya Rp. 12.000 dan minuman paling mahal seharga Rp. 13.000. Minuman segar dan dingin pun tersedia seperti mojito melon, yakult berry dan lain-lain dengan harga yang  relatif terjangkau.


Beberapa kali datang ke Kedai Galengan, saya tertarik dengan menu Ayam Kemangi untuk makan malam, namun kalau tujuan kesini cuma santai sejenak, lebih memilih Risoles yang cocok di lidah saya. Sambil menunggu menu yang dipesan datang, kita bisa foto-foto di Galengan maupun di Gazebo bambunya. Jika tujuannya foto-foto datanglah sebelum malam hari karena pencahayaan saat malam hari tidak banyak sehingga untuk foto dengan suasana sawah kurang bisa terlihat dengan jelas saat di foto.

Suasana Senja di Kedai Galengan

pertama kali berkunjung ke Kedai Galengan ini, saya pikir bisa melihat senja dengan latar pegunungan Ijen dan meranti namun pemandangan gunung tersebut tertutup perumahan sehingga yang bisa kita lihat adalah warna awan dan langit yang berubah menjadi kemerah merahan jika cuaca sorenya cerah. 

Setelah waktu magrib, suasana ramai mulai terdengar. Bukan suasana ramai dari obrolan pengunjung kedai galengan melainkan suara kodok dan jangkrik mulai bersahut-sahutan. Bunyi-bunyian dari hewan tersebut juga menambah kesan menarik keda Galengan.

salah satu menu yang saya pesan, ayam kemangi dan risoles

Keberadaan Kedai Galengan yang punya nuansa persawahan di tengah pemukiman padat daerah kota cukup membahagiakan. Selain menjadi tempat pilihan untuk makan dan nongkrong-nongkrong di tepian sawah, area persawahan di daerah Banyuwangi kota tetap ada dan tidak hilang karena dibangun rumah dan tanah kavling.

Tertarik ke Kedai Galengan ini?

2 komentar:

  1. Mas, inget waktu di kedai kopi Jogja pas bareng mas anno dkk gak? kayaknya mirip ya hahahaha. Tapi ini lebih keren karena tiap gazebo beda-beda dan tersebar

    BalasHapus
  2. tertarik kalau aku ke sana mas alan
    adem banget liatnya ya, apalagi kalau pas sore gitu, syahduuu keliatannya
    harga menunya juga nggak terlalu mahal ya

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search