Cita Rasa Kuliner Jogja di Warung Bakmie Jawa Pak Budi, Jajag, Banyuwangi

11.46

Seporsi Bakmie Lethek di Warung Bakmi Jawa Pak Budi

Salah satu kuliner dari Jogja yang tidak bisa terlupakan kesannya adalah Mie Lethek. Mie Lethek ini adalah mie khas daerah Srandakan, Bantul, Yogyakarta yang dibuat sederhana dengan bantuan tenaga sapi dalam proses pembuatan adonannya. Walau dalam bahasa Jawa, Lethek berarti kotor atau kusam, itu hanya mendeskripsikan warna dari mienya saja. Setelah mie lethek diolah dengan baik akan menjadi Bakmie Lethek yang punya rasa khas baik tekstur mienya maupun kuahnya.

Nah, Belum lama ini Pak Budi seorang warga Jogja yang mencoba berjualan Bakmie Jawa di rumahnya di daerah Jajag. Bakmie Jawa Pak Budi ini menambah daftar kuliner Banyuwangi yang perlu dicoba. Warung Bakmie Jawa Pak Budi ini baru berjualan di Jajag pada Bulan November 2020. Walau terbilang baru di Banyuwangi, sebelumnya beliau telah berjualan di Denpasar, Bali. Jadi untuk soal cita rasanya olahan Bakmie Jawanya bisa dijamin enak dan memuaskan lidah.

Rute ke Warung Bakmie Jawa Pak Budi

<iframe src="https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m18!1m12!1m3!1d2918.880845606968!2d114.18328681377453!3d-8.435421993933968!2m3!1f0!2f0!3f0!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!3m3!1m2!1s0x2dd3ffd258dd5d69%3A0x5a48b3e02ddf7de4!2sBakmie%20Djawa%20Pak%20Budi!5e1!3m2!1sid!2sid!4v1618979596658!5m2!1sid!2sid" width="400" height="300" style="border:0;" allowfullscreen="" loading="lazy"></iframe>

Warung Bakmi Jawa Pak Budi berada di Jajag, tepatnya di Jalan Bulusari 36, Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi. Untuk menuju kesana cukup mudah, jika kalian dari Banyuwangi kota kalian tinggal arahkan kendaraan melewati Rogojampi- Srono-Benculuk dan sampai di perempatan lalu lintas Jajag (ada tugu Harimau), ambil belok ke kanan. Dari situ kalian tinggal ikuti jalan saja besarnya saja hingga terlihat plang Bakmi Jawa Pak Budi di kanan jalan (sebrang penjual sate biawak).


Pak Budi ini adalah orang Jogja, Menu yang disuguhkan di Warung Bakmi Jawanya adalah Bakmie khas Jogja dengan Mie Kuning yang tebal, Bihun berwarna putih juga yang mengejutkan Pak Budi ini juga menjual Bakmie Lethek. Jika kalian tidak suka Bakmie kalian bisa memesan Nasi Goreng maupun Nasi Magelangan atau di Jawa Timur disebut Nasi Mawut. Harganya pun relatif murah mulai dari 12 ribu,15 ribu hingga 23 ribu (porsi ekstra).

Menu Warung Bakmie Jawa Pak Budi

Sudah kangen Mie Lethek Jogja, jadi kami memesan Bakmie Lethek. Kami harus menunggu karena sebelum kedatangan saya sudah ada pemesan terlebih dahulu kita jadi perlu ngantri sebentar karena Pak Budi memasak pesanannya satu persatu agar Rasa, kuantitas dan kualitas masakannya bisa terjaga dengan baik.

Mie Lethek dalam wadah berwarna merah

Sambil menunggu pesanan,kami berbincang dengan Pak Budi bertanya tentang Bakmie Lethek yang kami pesan.  Pak Budi ternyata masih satu kerabat dengan Bakmi Jawa Mbah Mo yang alamatnya di Jalan Parangtritis Km.11 Bantul. Salah satu Penjual Bakmi Legend Jogja.

Proses Pemasakan Mie Lethek Jogja

Pak Budi mulai membuat seporsi Bakmie Lethek. Ternyata cara membuat Bakmi Lethek berbeda dengan mie lainnya. Terlebih dahulu meracik kuahnya dengan memberi bumbu, kaldu, telur, kubis dan toping lainnya. Setelah kira-kira kuahnya siap, baru mie Letheknya ditaruh kedalam kuah tersebut. Masaknya mie letek tidak perlu lama, diaduk saja sebentar lalu Bakmie Lethek siap dihidangkan diatas piring.

Akhirnya saya bisa menyantap Bakmie Lethek Khas Jogja lagi di Warung Bakmie Jawa Pak Budi ini. Rasanya benar-benar terasa sama seperti Bakmie-bakmie di Jogja. Rasanya tak rela makan dengan cepat yang membuat sepiringBakmie Lethek ini cepat habis hahaha. Jadi saya menyantapnya perlahan sambil menikmatinya. Untuk seporsi Bakmie Lethek ini terbilang cukup banyak dan mengenyangkan.

Seporsi Bakmie Lethek Pak Budi

Minuman yang ditawarkan di Warung Bakmie Pak Budi juga Jogja sekali, Ada Wedang Uwuh, Wedang Tape Ketan, Jeruk Jahe Panas dan Teh Jahe Panas. Minuman ini seringkali ditemukan di Warung Angkringan di Jogja dan Hik Solo. Jika antrian Bakmie kalian masih lama, tidak ada salahnya memesan minuman tersebut karena selain dapat melegakan tenggorokan juga menghangatkan badan.

Tidak salah beberapa teman sudah merekomendasikan warung Bakmi Pak Budi ini untuk dicoba. Sekarang saya merekomendasika teman-teman pembaca khususnya warga Banyuwangi untuk mencoba Bakmi Jawa Pak Budi ini.

Warung Bakmie Jawa Pak Budi.

Jalan Bulusaro 36, Jajag, Gambiran, Banyuwangi

Buka Pukul 16.00-21.00

Reservasi Telepon/WA 085105904070

You Might Also Like

1 kesan dari teman

  1. Sepertine wes kangen Jogja wong ikih ahahhahah.
    Jos mass, emang mie lethek kui nikmat banget. Lebih-lebih pas ujan hahahahha

    BalasHapus

Recent Posts

Like my Fanspage Facebook