Jembatan Sawah Songgon, Banyuwangi - Jembatan Layang Di Persawahan Sumberarum

20.23


Banyuwangi terkenal juga sebagai salah satu kawasan lumbung padi di Jawa Timur yang artinya kawasan tumpuan produksi beras. Dengan sebutan kawasan lumbung padi, sudah pasti Banyuwangi punya luasan area persawahan yang luas.

Deretan Gunung di Banyuwangi

Area persawahan di Banyuwangi melintang dari dekat dengan pantai hingga area pegunungan. Beberapa area sawah di daerah pegunungan yang punya pemandangan yang indah dilirik menjadi kawasan wisata persawahan, salah satunya di daerah Songgon yaitu Jembatan Sawah Songgon atau dikenal dengan Jembatan Layang Sumberarum.

Sesuai namanya Jembatan Layang Sumberarum ini letaknya di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi dan letaknya tidak jauh dengan air terjun Kembararum atau Air terjun Temcor. Wisata Jembatan Sawah Songgon ini terbilang baru dan sempat menjadi wisata viral Di Banyuwangi padahal pembangunannya belum selesai 100%.

Rute Menuju Jembatan Sawah Songgon

Rute ke Jembatan Sawah Songgon dari Banyuwangi Kota ini cukup mudah kok. Kita hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua untuk bisa sampai di dekat sawahnya karena jalannya tidak luas. Rutenya dari Banyuwangi Kota- Rogojampi-Pasar Songgon-Pertigaan Sragi ambil arah ke Air Terjun Telunjuk Raung- Pasar Desa Sumberarum-Balai Desa Sumberarum di sebrangnya ada jalan paving kecil, ikuti jalan paving tersebut dan tanya pada warga setempat karena jalannya agak rumit. Tidak ada lahan parkir sehingga kita bisa menitipkan kendaraan di rumah warga setempat. Untuk memasuki Jembatan Sawah Songgon ini belum ditarik biaya tiket masuk karena belum sepenuhnya di buka.

View Terbaik untuk berfoto di Jembatan Sawah Songgon

Jembatan Sawah Songgon mempunyai panjang sekitar 700-800 meter dengan tinggi dari permukaan tanah sekitar 2 meter. Lantainya terbuat dari kayu dengan pondasi cor-coran yang berada diatas saluran irigasi persawahan.

Waktu terbaik ke Jembatan Sawah Songgon adalah pagi atau sore hari apalagi saat cuaca cerah sehingga kita bisa melihat pemandangan persawahan yang indah juga bisa melihat pemandangan gunung-gunung yang ada Banyuwangi seperti Gunung Merapi (Kawah Ijen)- Gunung Ranti-Gunung Dadapan dan Gunung Raung.

Membajak Sawah Dengan Kerbau

Datang di pagi hari kita bisa melihat aktivitas warga sekitar yang bermata pencaharian di sawah. Saya juga berjumpa dengan petani yang sedang membajak sawahnya dengan menggunakan kerbau. Membajak sawah dengan kerbau bisa dibilang sudah jarang terlihat karena kerbau sudah digantikan dengan mesin bajak.

Menyelusuri dari ujung ke ujung jembatan sawah songgon ini tidak memakan waktu banyak karena  panjang jembatan hanya sekitar 800 meter. Namun beda cerita kalau sambil jalan dan berfoto haha. Saya belum dapat memastikan kedepan jemaatan sawah songgon akan dikelola seperti apa karena tidak menjumpai pengelola kawasan hutan untuk bertanya. Namun bayangan saya, jika dikelola dengan konsep wisata agro kawasan ini bisa menjadi salah satu wisata pendidikan di Banyuwangi terutama tentang pendidikan pertanian.

Bagi kalian yang berkunjung ke wisata Jembatan Sawah Songgon diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan, jangan merusak dan mencorat coretnya karena akan merugikan pihak pengelola yang sudah susah payah membangun tempat tersebut.

Kalian tertarik wisata ke Jembatan Sawah Songgon?

You Might Also Like

0 kesan dari teman

Recent Posts

Like my Fanspage Facebook