Wisata Ke Pantai Kedung Derus, Banyuwangi

16.33


Pantai Kedung Derus salah satu pantai dekat wilayah Kota Banyuwangi. Pantainya unik karena terpisah dari daratan utama sehinnga kita perlu naik perahu/jukung menyebrangi sungai dan muara sungai untuk dapat menginjakan kaki dan sampai ke pantai Kedung Derus.

Pantai Kedung Derus ini awalnya tidak dikelola, beberapa orang juga mengenal namanya adalah pantai Pondok Nongko karena letaknya di desa Pondok Nongko ata lebih tepatnya di Dusun Karang Mangu, Desa Pondok Nongko Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Pantai ini berpasir hitam dan banyak ditumbuhi oleh pohon Cemara Laut/Cemara Udang (Casuarina equisetifolia) yang tumbuh salah satunya dari dari hasil kegiatan penanaman beberapa tahun yang lalu. Dinamakan Kedung Derus karena terdapat sebuah Kedung dimana di kedung tersebut tumbuh pepohonan seperti hutan kecil. Di dalam hutan kecil tersebut menjadi tempat hinggap dan tinggal beberapa burung air.


Rute Ke Pantai Kedung Derus Dari Banyuwangi
Rute untuk ke Pantai Kedung Derus dari Banyuwangi Kota cukup mudah kok, dari Pusat Kota Banyuwangi ambil arah ke Rogojampi melewati Lampu Merah Taman Patung Kuda – Hotel Santika – Rumah Sakit Fatimah dan Tempat Parkir Truk besar. Setelah melewati Tempat Parkir Truk yang ada kiri jalan ada jalan masuk ke kiri (arah timur) masuk ke jalan tersebut sampai menemukan pertigaan sawah ambil kanan, ikuti jalan hingga melewati kantor desa Pondok Nongko lalu akan menemukan petunjuk jalan berupa banner yang menuntun kita ke arah Pantai Kedung Derus sampai di parkiran kita harus naik perahu jukung yang disediakan pengelola.

Dermaga Penyebrangan Barat

Ada dua tempat dermaga untuk menyebrang ke Pantai Kedung Derus yaitu di Dermaga Sisi Barat dan Timur. Dermaga sisi timur digunakan saat posisi air laut surut dan air sungai juga ikut surut sehingga perahu jukung dari dermaga barat tidak bisa berjalan karena air sungai dangkal karena air laut surut. Namun jika kalian ingin merasakan serunya menelusuri sungai, saya sarankan naik perahu jukung dari dermaga sisi barat karena bisa lama merasakan menyelusuri sungainya sedangkan dari dermaga sisi timur hanya merasakan menyebrang sebentar karena jaraknya hanya sekitar 50 meter saja.

Muara Sungai Kedung Derus

Beruntung saat kesana, laut sedang pasang sehingga bisa naik dari dermaga barat. Dari dermaga barat menyelusuri sungai tidak terlalu jauh sekitar 3 menitan saja. Setelah mendarat kami disambut angin dari laut perairan Selat Bali yang kala itu cuacanya sedang dingin, ditambah lagi iklim mikro dari kumpulan pohon Cemara Laut yang sudah tumbuh rimbun di tepian pantai Kedung Derus. Kumpulan pohon Cemara ini asik sekali untuk kita duduk-duduk menggelar tikar dan menyantap makanan yang dibawa dari rumah atau membeli di warung yang ada di pantai.

Ayunan di Pinggir Pantai

Spot Selfi Pantai Kedung Derus

Pantai Kedung Derus ini berpasir hitam dengan pemandangan yang hampir mirip dengan pantai Cemara dan pantai Sobo yang berada di sebelah utara pantai ini. Di pinggir pantai Kedung Derus terdapat beberapa spot foto hasil kreasi pengelola wisata berupa perahu dari bambu, dan ayunan. Selain itu, mereka juga membuat saung bambu atau bale santai yang bentuknya unik dan tak biasa seperti yang ada di pantai Cacalan. Mereka juga menyediakan hammock yang sudah digantung di pohon cemara laut untuk pengunjung yang ingin bergelantungan sambil menikmati sejuknya suasana pantai.
Bale Santai di Pantai Kedung Derus

Hammock di Pantai Kedung Derus

Fasilitas yang ada disana cukup lengkap dari parkir kendaran di dekat dermaga penyebrangan, warung jajanan, bale santai, wahana hiburan, kamar mandi dan musholla. Air bersih juga ada namun agak asin karena letaknya memang dipinggir pantai. Menurut saya fasilitas tersebut sudah cukup memandai untuk tempat wisata apalagi tempat wisata yang terlihat baru.

Ke Pantai Kedung Derus bareng Komunitas Local Guide Banyuwangi

Tertarikkan untuk mengunjungi Pantai Kedung Derus ini teman-teman hehe :)

You Might Also Like

0 kesan dari teman

Recent Posts

Like my Fanspage Facebook