Pemandian Sumber Waras Banyuwangi - Waterpark Sejuk Di Tengah Pedesaan

08.28

Main air memang menyenangkan, apalagi airnya berasal dari Sumber Air dalam tanah sehingga airnya dingin dan terasa menyegarkan. Setelah sendang seruni, saya mencari lagi tempat bermain air dan mandi di alam yang menyenangkan. Saya mendapatkan ada Waterpark Baru di Tengah Pedesaan di daerah Glagah bernama Waterpark Sumber Waras.

Waterpark Sumber Waras atau lebih dikenal Pemandian Sumber Waras terletak di Desa Gadog, Kecamatan Tamansuruh, Kabupaten Banyuwangi. Walau lokasinya di tengah desa, pemandian Sumber Waras ini berbeda dengan Pemandian Alam Banyuwangi lainnya karena sudah semi modern hingga pengelola memberi nama lain sebagai Waterpark Sumber Waras.

Rute menuju Waterpark Pemandian Sumber Waras
Gapura masuk ke Sumber Waras di Desa Gadog
Menuju Waterpark/Pemandian Sumberwaras dari Kota Banyuwangi cukup mudah kalian tinggal arahkan kendaraan menuju ke arah Barat menuju Desa Kemiren lalu melewati Warung Kemarang dan pertigaan kedua setelah Warung Kemarang ambil ke kanan. Ikuti jalan tersebut melewati Desa Mondoluko dan memasuki gapura desa Gadog. Ikuti jalan saja hingga menemukan baliho petunjuk jalan Waterpark Sumber Waras di pertigaan, ambil ke kanan memasuki gapura bambu ke arah bawah. Kalian akan sampai di parkiran Waterpark Sumber Waras. Kalian hanya tinggal membayar Rp. 5.000 untuk memasuki Waterpark tersebut.

kolam anak-anak di Pemandian Sumber Waras
Lokasinya sejuk, berada di tengah-tengah kebun atau mungkin hutan desa Gadog yang masih rimbun dengan pepohonan sehingga disini masih bisa ditemukan kicau-kicau burung apalagi jika kalian datang pagi atau sore hari. Ada dua kolam di Waterpark ini yaitu pemandian anak-anak yang letaknya dekat pintu masuk. Kolamnya cukup teduh karena berada dibawah naungan beberapa pohon besar disana. Kedalaman kolam anak-anak ini sekitar selutut orang dewasa. Pada Kolam Anak Kecil juga terdapat wahana permainan prosotan khas waterpark pada umumnya. Pada kolam dewasa berada tengah-tengah area Waterpark dengan lantai kolam dominan berwarna putih dan krem terlihat cukup mencolok. Kolam renang dewasa ini mulai dari 1 meter hingga 2 meter. Bagi yang tidak bisa berenang jangan mendekat ke area dua meter. Untuk area dewasa ini kalian juga bisa sewa pelampung atau ban seharga 10.000 untuk pelampung yang dua lubang dan 5.000 untuk pelampung dengan 1 lubang.
Kolam Renang Dewasa di Pemandian Sumber Waras
Di dekat kolam renang ada tempat santai berupa meja kursi yang dibawahnya terdapat kolam yang kedalamannya sedikit diatas mata kaki. Jadi duduk disana serasa sedang bermain air juga karena kaki kita basah. Katanya kolam tersebut di rencananya akan dikasih ikan. Bisa sekalian terapi ikan dong nanti hehe. Jika ingin duduk tidak basah kalian bisa duduk di kursi dari semen di sisi kolam juga bisa duduk di bale santai yang di bangun sekitar kolam. Air yang ada di kolam dewasa, kolam anak-anak dan kolam untuk duduk bersantai airnya selalu mengalir karena berasal dari sumber air dari dalam tanah yang ada di atas bukit dekat dengan Waterpark atau Pemandian Sumber Waras ini. Airnya muncul dari bawah tanah dengan debit air yang cukup banyak sepanjang tahun.

Sejarah dan Cerita Dahulu Tentang Sumber Waras
Sumber Air ini dulu bernama Sumber Domyong karena disekitar mata air tersebut ada Pohon Domyong. Pohon Dompyong juga dikenal dengan pohon Gowok atau Kepa ini merupakan pohon buah yang buahnya dulu sering ditemukan di pasar. Namun Domyong sendiri juga disukai kelelawar sehingga kadang sebelum buah Dompyong masak siap petik sudah banyak dimakan  kelelawar. Seiring berjalannya waktu, sumber tersebut sering digunakan warga setempat untuk kebutuhan sehari-harinya termasuk juga mandi. Warga setempat meyakini bahwa mandi setelah subuh di sumber tersebut dapat menyembuhkan penyakit (Waras) sehingga lama kelamaan nama Sumber Dompyong berubah menjadi Sumber Waras.

Meja Kursi di dalam kolam
Fasilitas di Pemandian Sumbe Waras bisa dibilang lengkap. Terdapat beberapa kamar mandi untuk tempat bilas namun jumlahnya masih terbatas, resto dan kafetaria  bagi pengunjung yang ingin memesan makanan dan minuman. Harga makanan dan minuman pun bisa terbilang murah berkisar antara 5.000 hingga 15.000 mulai dr jajanan pasar seperti kucur, gorengan, nasi bungkus, jamur krispi hingga mie instan yang memang cocok dimakan setelah kedinginan berenang. Terdapat juga beberapa kamar penginapan dengan bangunan dari kayu namun untuk saat ini masih belum dibuka untuk umum.
Suasana Sejuk di sekitar Pemandian Sumber Waras
Waterpark Sumber Waras ini buka pagi hari jam 07.00, saat baru buka keadaan masih sepi dan airnya masih cukup dingin hehe, namun sangat cocok bagi kalian yang tidak ingin ketemu keramaian saat berenang apalagi di era covid-19 Renang punya resiko penularan yang lumayan. Saat berkunjung kesini, kita harus tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan oleh pengelola ya :)

Video Rute Perjalanan Ke Sumber Waras dan Penampakan Kolam Renangnay bisa dilihat di Video ini: 

You Might Also Like

5 kesan dari teman

  1. walaupun di tengah desa tapi udah sebagus ini, semoga nanti waktu ke banyuwangi bisa main main air disini
    sekeliling kolam juga adem, kayaknya kalo siang juga nggak terlalu panas

    BalasHapus
  2. Asyiik kui sneg duduk santai di kolam sambil wedangan. kalau di kolamnya ada ikan kecil-kecil itu malah tambah asyik mas ahhahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku juga ngebayangin gitu, asal jangan sembarangan ngasih makan ikan pakai makanan yg dibawa dari luar ya

      Hapus
  3. Adem, seger, tp nggak bikin mager,, bawaannya pengen berenanh lihat air bersih begini. Banyuwangi nggak habis2 kamu kulik ya Lan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih din, mumpung masih di banyuwangi. ada lagi yang baru

      Hapus

Recent Posts

Like my Fanspage Facebook