Pengalaman Menjual Foto Hasil Traveling Di Shutterstock

13.05

menjual foto di Shutterstock
Dari file yang ada di Hardisk PC dan Eksternalmu, berapa banyak file yang berupa file foto. Kalau kalian suka jalan-jalan dan mengabadikan momen dengan berfoto, pasti banyak sekali, karena saya juga begitu haha. Beberapa tahun belakangan ini saya mulai mengumpulkan dan memilah foto-foto yang ada di Hardisk PC dan Eksternal. Foto tersebut hendak saya jual lewat Shutterstock.

list foto yang berhasil di jual di Shutterstock
Seperti yang kita ketahui, Shutterstock adalah salah satu microstock yang menjadi wadah menampung karya para seniman seperti pembuat vector, animasi, fotografer freelance dan penghobi foto seperti saya ini. Shutterstock ini juga terkenal dan memiliki jangkauan pasar yang luas sehingga jika ada yang membutuhkan vector gambar atau foto tema tertentu mereka bias mencari dan membeli di Shutterstock ini.

Dulu untuk menjadi Kontributor di Shutterstock ini cukup sulit, karena harus mengupload beberapa contoh karya terbaik dan Scan Identitas yang diakui Dunia Internasional, salah satu contohnya adalah Paspor. Saat ini untuk mendaftar ke Shutterstock cukup mudah, hampir sama seperti mendaftar Sosial Media Facebook, Instagram dan sejenisnya dengan syarat kalian mempunyai email aktif untuk mendaftar.
Upload foto ke shutterstock
Untuk menjadi Kontributor foto di Shutterstock, Kalian bisa melakukan beberapa langkah ini.
  1. Mendaftar di Web Resmi Kontributor Shutterstock disini. Daftar Contributor Shutterstock.
  2. Isi Form dengan data yang benar untuk mempermudah proses pencairan uang dari karya yang terjual.
  3. Verifikasi Akun lalu Login kembali dengan email dan password yang sebelumnya telah didaftarkan.
  4. Mudahkan cara mendaftar menjadi Kontributor di Shutterstock hehe. Selanjutnya adalah mencari foto yang layak untuk diupload ke Shutterstock. 
Foto yang ditolak akan diberikan alasan kenapa foto kita ditolak

Foto-foto apa saja yang bisa diupload dan dijual di Shutterstock.
foto apa saja bisa diupload di shutterstock selama foto tersebut tidak melanggar ketentuan dan berukuran minimal 4 Megapixel. Misal saya mempunyai foto ukuran 2000 x 2400 pixel berarti ukuran pixel foto kalian sebesar 4.8 Megapixel yang artinya lolos untuk bisa di upload di Shutterstock. Jadi jika kalian baru memulai, setingan ukuran foto di kamera kalian jangan kurang dari 4 Megapixel.

Genre foto apa saja bisa kalian upload. Kalian bisa mengupload hasil foto kuliner, makanan yang pernah dicoba saat travelling atau memasak sendiri di rumah. Bisa juga foto daun pintu, jendela bangunan yang kita temukan saat mengunjungi suatu tempat.

Dari pengalaman yang saya lakukan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar foto kalian bisa lolos kurasi/penilaian dari tim shutterstock yaitu diantaranya:
  1. Foto Berukuran paling rendah 4 MP. Foto berkualitas baik, tidak shake saat pengambilan foto. Tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Jika terlalu terang dan gelap kalian bisa memperbaikinya lewat aplikasi editing foto seperti Photoshop atau Lightroom.
  2. Jika dalam foto terdapat model atau talent diharapkan melampirkan form model realease yang formatnya telah diberitahu oleh pihak shutterstock.
  3. Isi deskripsi foto yang kita upload dengan menggunakan bahasa inggris yang baik. Foto saya pernah ditolak karena curator (penilai) foto di Shutterstock tidak mengerti apa yang dituliskan di dalam deskripsi. 
Saya rasa dengan memperhatikan hal tersebut, foto-foto yang kita kumpulkan bisa lolos kurasi penilaian oleh tim shutterstock dan selanjutnya ada yang tertarik membelinya. Jika kalian tertarik, mulai dari sini cobalah daftar menjadi Kontributor Shutterstock dan pilah-pilah foto jual untuk diupload di Shutterstock.



You Might Also Like

17 kesan dari teman

  1. Pernah mau mencoba bg mengenai shutterstock ini tetapi kelupaan, haha.. Setelah saya baca ulasan diatas. Untuk kamera hp yang cuma bisa cepret kisaran 1-3mb nggak akan lolos ya bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha ak ralat ya mas, itu 4MP ding berarti selama ukuran foto mas (dari HP), pixelnya lebih dari 4000 pixel bisa.

      mungkin bukannya blm lolos mas, habis upload lupa isi deskripsi foto dll jadi foto belum dikurasi sama tim Shutterstock

      Hapus
  2. Wahhh dia jualan juga di SS.. btw, itu persyaratannya bukan 4 MB tapi 4 MP lhooo.. megapiksel yang dimaksud.. Soalnya saya juga setelah beberapa bulan baru ngeh soal MB dan MP ini.. wkwkwkwkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk aku baru ngeh malah lebih lama soalnya selama ini gada masalah file 4MB ternyata emang ukuran fotonya 4MB udah besar hahaa ..makasih loh mba koreksinya

      Hapus
    2. saya juga baru ngeh soal itu pas iseng upload foto kucing yang ukurannya cuma 2,9 MB dan diapproved.. trus pas baca lagi ketentuannya, ternyataaaaa.. Megapiksel yang dimaksud... astagaaaa.. *toyor2in kepala sendiri berasa bego.. hahahaha

      Hapus
  3. Format portrait atau landscape terserah berarti ya?

    Jadi nyesel gak pernah niat ambil foto kalau lagi pergi-pergi :(

    BalasHapus
  4. Iya mba, bisa potrait atau landscape selama ukuran foto 4megapixel bisa

    BalasHapus
  5. Sebelum pandemi, aku kepikiran mau ambil banyak foto di Karimunjawa buat shutterstock. Sekarang kembali tertuna. Foto gak bertambah hahahahahha

    BalasHapus
  6. komplit! Aku baru tahu detailnya orang jualan foto online tu gini.
    Aku juga punya banyak foto trus bingung,, akhir-akhir ini kalo foto udah upload di blog dan medsos aku hapus,, biar nggak numpuk trus bingung. Haha

    BalasHapus
  7. Wah, keren amat deh Mas Alan bisa jual foto2nya ke Shutter stock :) Ada kepuasan tersendiri tentunya ya ga cuma dapat kompensasinya. Kudu makin cakep nih foto2ku. TFS.

    BalasHapus
  8. menarik tipsnya kak..
    lagi ngumpulin file2 fotonya yg layak tayang..
    btw pakae software anti noise apa yg ramah buat editor shutterstock?

    BalasHapus
    Balasan
    1. fotosop aja, meluruskan horison yg miring..

      Hapus
  9. pernah saya coba foto pake hape samsung J7, gak pake edit2an.. kirim beberapa foto ditolak semua.. hahaha

    terima kasih informasinya bang, bisa dicoba nih dirumah bikin studio mini..

    BalasHapus
  10. Jadi udah laku berapa mas? Aku sejak dulu mau daftar tapi nggak jadi-jadi haha

    BalasHapus
  11. kalau misalkan ada foto orangnya gitu ga papa ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas/mba kalau punya model realease (ijin dari orang yang terfoto) atau pilih kategori editorial aja kalau g ada model realease

      Hapus

Recent Posts

Like my Fanspage Facebook