Tips Melakukan Virtual Photoshoot Agar Hasil Bisa Maksimal

11.59


Pandemi Covid 19 atau Virus Corona membuat kita mau tidak mau melakukan kegiatan di Rumah saja. Tidak bias dipungkiri rasa bosan pasti ada, namun kita harus tetap yakin pasti bias mengatasi rasa bosan dengan kegiatan-kegiatan baik dan positif di rumah. Belakangan ini ada istilah yang baru saya dengar yaitu Virtual Photo Shoot. Kalian yang sering buka Instagram dan mengikuti beberapa artis juga selebgram mungkin pernah membaca dan mendengar istilah Virtual Photoshoot kan.

Virtual Photoshoot atau disebut juga Virtual Photo Session adalah semacam kegiatan foto-foto yang dilakukan dengan sebatas virtual. Fotografernya di rumah, talent model atau orang yang akan difoto juga dirumah. Dengan cara ini pelaku kegiatan tetap berada di rumah saja sehingga bisa meminimalisir penularan dan resiko tertular virus corona. Terus fotonya bagaimana?.  Menggunakan aplikasi tatap muka virtual dari laptop dan smartphone dari tempat masing-masing.  Aplikasi tatap muka yang digunakan saat ini cukup banyak, yang saya ketahui seperti Zoom Meeting, Google Duo, Facetime, Skype dan lain-lainnya. Saya dan teman saya tertarik mencoba bagaimana Virtual Photo Shoot ini.

Setelah kami mencobanya, ternyata virtual photo shot ini mudah mudah sulit kok. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan virtual photo shot versi saya.

Menggunakan Laptop atau Smartphone dan siapkan alat bantu lain
Khusunya untuk model yang difoto, menggunakan Smartphone lebih leluasa dalam berpose, apalagi jika hanya berpose seperti selfi seperti biasanya. Foto dengan pose gaya selfi seperti biasanya menggunakan laptop cukup menyulitkan karena nantinya harus mengangkat laptop tersebut haha. Alat bantu yang harus disiapkan jika menggunakan smart phone adalah tripod dan jika menggunakan laptop bisa mempersiapkan tatakan seperti meja yang nyaman untuk bertatap muka virtual.

Peralatan untuk Virtual Photoshot juga Botol dan Gelas Kaca digunakan sebagai foreground
Foreground atau latar depan untuk menjadi daya tarik dan nilai tambah dari foto kita. Dalam virtual photo shot ini, bisa menggunakan foreground berupa benda-benda yang ada di rumah. Letakan di depan layar atau di dekat lensa. Saya menggunakan gelas kaca untuk foreground membuat bayangan putih bening dan refleksi dengan gelas bening tersebut.

Manfaatkan dan kenali cahaya di sekitar rumah talent atau model.
Jika model foto difoto dengan kondisi pencahayaan yang gelap akan membuat objek tidak terlalu jelas, sehingga lebih baik berada di tempat yang cahayanya cukup terang atau bisa manfaatkan cahaya dekat jendela atau pintu atau bisa juga melakukan pada pagi atau sore hari memanfaatkan cahaya yang menyorot dari samping.


jika menggunakan shuter speed diatas 1/500s
Cara Memfoto Layar.
Cara ini ditulis berdasarkan pengalaman saat mencoba melakukan virtual shot saja dan mungkin tiap fotografer punya cara tersendiri. Versi saya, kamera jangan terlalu dekat dengan layar PC atau Laptop karena hasil fotonya terlihat jelas ada garis-garis titik titik yang mungkin sebagian dari kita terlihat terganggu dengan garis titik-titik tersebut. Saat memfoto gunakan shuter speed yang cenderung lambat, shuter speed diatas 1/500s memunculkan garis hitam pada layar sehingga membuat foto terlihat tidak bagus. Saat saya memfoto, shutter speed yang saya gunakan berkisar 1/60s-1/200s. ISO dan Diafragma menyesuaikan keinginan membut foto seperti apa.

Hasilnya pada percobaan pertama seperti ini. Perlu coba-coba lagi
Percobaan pertama saya masih bisa banyak kekurangan terutama soal jarak memfoto yang terlalu dekat layar sehingga ada garis-garis layar monitor laptop yang masih terlihat. Nanti akan diperbaiki saat mencobanya kembali hehe. Menurut saya, masih banyak hal yag perlu diperhatikan dalam Virtual Photo Shot dan hal-hal kreatif dalam virtual photo shot ini masih bisa dikembangkan lebih banyak lagi, Mungkin jika teman pembaca ada yang sudah mencoba dan punya tips menarik soal virtual photo shot ini bisa menuliskannya dikolom komentar. Tertarik mencobanya kan?

You Might Also Like

5 kesan dari teman

  1. Bisa dicoba ini ahahhahah. Kayaknya menarik buat foto mbak-mbak hahahahahah

    BalasHapus
  2. Malah baru denger virtual photoshoot, oo ngakalinnya pake gelas kaca gitu ya, soale kaca laptop kadang mantul kalo enggak garis-garis

    BalasHapus
  3. lagi bebenah blog lama terus nemu blognya mas alan. ya allah... long time no see. *komen diluar topik

    BalasHapus
  4. Oalah,, ribet juga ya virtual photoshot ini. Menantang juga tapi.
    Kalo si fotografer pake HP juga apa muncul garis-garis seperti kalo pake laptop?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya din, kalau foto monitor pake hp juga bergaris, mungkin foto virtualnya sama2 pakai hp. Fotonya via Screen shot yg nggak ya haha

      Hapus

Recent Posts

Like my Fanspage Facebook