Aksi Sadar Lingkungan Para Milenial Dan Penanaman Pohon di Kawah Ijen

15.45

Darling Squad dari Universitas Airlangga melakukan penanaman di Kawah Ijen

Kalian ingatkan kabar Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen beserta Cagar Alam (CA) Merapi Ungup-ungup pada beberapa bulan lalu terbakar hebat cukup lama. Kalau tidak salah mulai terbakar tanggal 20 Okteber 2019, api berasal bukan dari kawasan TWA Kawah Ijen melainkan dari Dunung Dadapan yang berada di sebelahnya, namun karena saat kebakaran sedan ada angin besar api cepat merambat hingga membakar TWA dan CA Kawah Ijen hingga pada tanggal 5 November. Api membakar cukup banyak kawasan hutan di TWA dan CA Kawah Ijen yaitu seluas 900 Hektar.

Pemandangan Area terbakar di Kawah Ijen
Sakit sekali rasanya melihat Kawasan Konservasi terbakar hebat, melihatnya luluh lantah pasca kebakaran hebat terjadi. Saat kebakaran terjadi sebenarnya banyak yang peduli ingin membantu namun masyarakat tidak diperkenankan karena khawatir malah akan mengganggu jalannya pemadaman. Setelah api di kawasan TWA dan CA Kawah Ijen padam, Bakti Lingkungan Djarum Foundation bekerja sama dengan BKSDA Jawa Timur melalui Gerakan Siap Sadar Lingkungan (#SiapDarling). Gerakan Siap Darling ini mengajak Generasi Milenial untuk kembali menghijaukan kawasan konservasi Kawah Ijen, sehingga mereka bukan hanya sekedar peduli, namun juga terlibat dalam aksi nyata mengembalikan ekosistem hutan di kawasan konservasi Kawah Ijen.

Para Darling Squad Berkumpul untuk Aksi Siap Darling
Pada acara Aksi Sadar Lingkungan dengan menanam bibit pohon di Kawasan Taman Wisata Kawah Ijen, diikuti oleh 257 Mahasiswa yang berasal dari 27 Universitas di Indonesia seperti Universitas Airlangga Banyuwangi, Politeknik Negeri Banyuwangi, Institut Teknologi Sepoloh Nopember, dan lain-lainnya. Para mahasiswa dari Universitas tersebut hadir untuk menanam bibit pohon Cemara Gunung (Casuarina junghuniana) dengan luas area penanaman sebesar 1,1 Hektar. Dari luasan 1,1 Hektar tersebut dibagi 3 zona tergantung jenis topografi kemiringan area penanaman, Datar, agak curam, curam.

pengambilan bibit cemara gunung
Kenapa menanam Cemara Gunung di TWA Kawah Ijen.
Bibit pohon Cemara Gunung dipilih karena merupakan jenis asli yang tumbuh dan endemik di kawasan Taman Wisata Kawah Ijen. Selain itu, Cemara Gunung merupakan pohon jenis pioneer dan jenis yang cepat tumbuh sehingga sangat berguna untuk pemulihan ekosistem di kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen.

Darling Squad sebutan dari para mahasiswa peserta Aksi Penanaman SiapDarling dibekali dahulu materi teknik menanam yang baik bibit cemara gunung agar persentase tumbuhnya tinggi dan setelahnya mereka berkumpul mengambil bibit dan berangkat ke area penanaman masing-masing yang sudah dibagi saat briefing. Darling Squad terlihat semangat dan antusias sekali dalam berjalan ke lokasi, dan melakukan aksi penanaman. Mereka saling memberi intruksi dan saling melengkapi jika ada darling squad lain yang butuh bantuan dalam penanaman. Hasilnya penanaman seluas 1,1 Hektar selesai dengan jumlah bibit pohon cemara gunung yang ditanam sebanyak 500 batang pohon.

menanam di antara pohon-pohon yang mati terbakar dan rubuh 
Mengitup dari perkataan bapak FX Supanji, Vice President Director Djarum Foundation, Siap Darling ini program pelestarian lingkungan yang diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang senantiasa mengajak generasi milenial bergerak sama-sama untuk peduli lingkungan dan terlibat langsung. Tujuan tersebut sekaligus pasti menumbuhkan rasa cinta lingkungan dan bangga memiliki. Jangka panjangnya program ini sebagai langkah kecil menuju terciptanya ekosistem lingkungan yang seimbang.

Setelah selesai melakukan kegiatan aksi SiapDarling Penanaman di Taman Wisata Kawah Ijen, Darling Squad dapat tambahan ilmu di Acara Talk Show, menghadiri lokasi stand pelatihan menanam tanaman hias dimana di stand tersebut diajarkan komposisi media tanah yang baik untuk bibit tanaman dan bibit tanaman dapat dibawa pulang. Sebagai penutup acara Aksi Siap Darling di Taman Wisata Kawah Ijen, ada pentas musik yang dibawakan oleh Barasuara. Barasuara ini bisa dibilang merupakan Band Indie yang keberadaanya sangat disukai oleh kalangan generasi milenial.

Kami Sudah Siap Darling, Kalian Kapan?
Foto peserta penanaman di kawah ijen

You Might Also Like

1 kesan dari teman

  1. Pasti seru banget tuh acaranya, apalagi dapat tambahan ilmu dan ada pentas musik juga.

    Bicara penghijaun, saya jadi keinget beberapa tahun lalu pernah ikut penanaman hutan mangrove.
    Tapi sayangnya setelah pohon mangrovenya lumayan gede, malah oleh pihak pengembang yang dapat izin dari kades, diubah menjadi lahan sawit, dasar perusak hutan. -_-

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook