Selain Di Festival Gandrung Sewu, Di Tempat Ini Kalian Bisa Menyaksikan Tari Gandrung

14.44

Gandrung Sewu, Banyuwangi
Tari Gandrung, merupakan tarian khas Kabupaten Banyuwangi yang paling dikenal. Beberapa tahun belakangan ini beberapa kali muncul di event Nasional dan Internasional. Tariannya memang memikat, apalagi kostum dominan berwarna merah dan gerakan-gerakan tari yang menarik, mengajak mata kita untuk terus disaksikan hingga akhir pementasannya. Untuk menyaksikan Tari Gandrung ini kalian bisa datang ke Event Pertunjukan Kolosal Tari Gandrung Sewu yang setiap tahunnya diadakan di Pantai Boom Banyuwangi. Pertunjukan Tari Gandrung Sewu ini menarik karena penarinya berjumlah lebih dari Seribu. Tahun 2018, jumlah penari Gandrungnya berjumlah  1.173 penari, untuk Gandrung Sewu 2019 masih belum ada keterangan akan ada seberapa banyak penari Gandrung yang dilibatkan.

Selain menyaksikan pertunjukan Tari Gandrung di Festival Gandrung Sewu, ada beberapa tempat yang menggelar pertunjukan Tari Gandrung di Banyuwangi secara Rutin. Tenang aja bukan di lokasi kisah Desa KKN Penari haha. Mari disimak lokasi-lokasi Pementasan Tari Gandrung Banyuwangi di bawah ini:

1. Taman Gandrung Terakota.
Sendratari Meras Gandrung di Taman Gandrung Terakota
Taman Gandrung Terakota merupakan taman buatan yang berada di Hotel Java Jiwa Resort Ijen yang terletak di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi atau dekat dengan Jalur Utama ke Pos Pendakian Ijen. Disini ada pementasan Tari Gandrung. Tahun 2019 ini, Tari Gandrung dikemas dalam Sendratari Meras Gandrung dimana Meras Gandrung ini adalah salah satu prosesi penting para penari gandrung sebelum menjadi penari Gandrung Sebenarnya.

Jadwal Sendratari Meras Gandrung 2019 di Taman Gandrung Terakota
Untuk menyaksikan Sendratari Meras Gandrung di Taman Gandrung Terakota bisa datang ke Taman tersebut pada tanggal yang telah ditentukan dan membayar harga tiket seharga Rp. 100.000. Selain bisa menyaksikan Sendratari Meras Gandrung, kita juga bisa merasakan suasana sejuk dan syahdu dari Taman Gandrung Terakota yang letaknya di kaki Gunung Merapi Ungup-Ungup (Kawah Ijen). untuk jadwal pertunjukan tari gandrung bisa dilihat gambar diatas ya.

2. Rumah Makan Kemarang
Pementasan Gandrung di Warung Kemarang
Warung Kemarang terletak di Jalur alternatif ke Pos Pendakian Kawah Ijen, sebelah baratnya Desa Kemiren. Warung Kemarang ini adalah Warung dengan bangunan khas suku Osing dan view pemandangan sawah yang menjajakan berbagai jenis makanan khas Banyuwangi dan Suku Osing. Menu makanan khas yang disajikan cukup lengkap dari Jajanan Pasar, hingga makanan Berat seperti NAsi Tempong, Rujak Soto, Pecel Pitik, Uyah Asem dan lain-lainnya. Di warung Kemarang ini terdapat jadwal pementasan seni secara rutin yaitu Tari Paju Gandrung, Barong Emas, Gamelang Angklung dan Angklung Paglak. Untuk pementasan Barong Emas Barong Emas dan Angklung Gamelan bisa dilihat pada hari Minggu jam 10.00-15.00 untuk angklung gamelan, dan 15.00-15.30 untuk pentas Barong Emas. Untuk Paju Gandrung bisa disaksikan pada hari Sabtu Malam mulai jam 19.00-22.00. Biasanya pada pementasan Paju Gandrung ini seringkali ramai sehingga jika membawa banyak rombongan bisa reservasi terlebih dahulu agar mendapatkan tempat duduk.

3. Ruang Terbuka Hijau (RTH) Singojuruh
Gandrung di RTH Singojuruh
Setiap Sabtu Sore sekelompok pemuda Kecamatan Singojuruh melakukan pementasan seni bertajuk Tabuhan Soren, dimana bertujuan untuk menghidupkan ruang publik di RTH Singojuruh dengan Pementasan Seni Budaya. Pementasan Seni Budaya berupa menabuh seperangkat Gamelan dan Angklung sekaligus penari. Beberapa kali datang kesini, selalu ada pementasan Gandrung dari pemuda-pemudi desa juga maestro Gandrung, Mbah Poniti yang juga sering kali bernyanyi melengkapi gending musik yang dimainkan. Pementasan seni Tabuhan Soren di RTH Singojuruh setiap hari Sabtu mulai jam 4 sore hingga menjelang adzan Magrib. Sering kali jika suasana laingit baik, terlihat Gunung-gunung yang berada di sebelah barat dan utaranya Kabupaten Banyuwangi.

4. Kampung Osing di Desa Kemiren
pertunjukan Gandrung di Pesantogan Kemangi Kemiren
Di Desa kemiren ada beberapa sanggar tari dan rumah makan yang menyediakan paket-paket wisata termasuk Pertunjukan Tari Gandrung, biasanya pertunjukan Tari Gandrung ini digabung dengan paket makan-makanan khas Suku Osing dan Desa Kemiren. Paket Wisata ini bisa kalian temukan di Warung Sanggar Tari Sapu Jagat, Rumah Budaya Osing dan Pesantogan Kemangi. Selain itu jika mengunjungi Banyuwangi setelah lebaran puasa dan lebaran haji sering kali menemukan pertunjukan Gandrung yang diadakan oleh orang-orang yang punya hajat dan menikah.

Beberapa tempat ini adalah alternatif yang bisa kalian gunakan jika ingin melihat Tari Gandrung di Banyuwangi, apalagi bagi yang tidak sempat menyaksikan Pementasan Tari Gandrung Sewu yang diadakan di Pantai Boom. 

Jadi Kapan Ke Banyuwangi?

You Might Also Like

4 kesan dari teman

  1. Ini nggak kampung penair kan? hahahahahaha
    Kalau acara seperti ini memang asyik diabadikan mas. Bisa berburu banyak foto

    BalasHapus
  2. Ternyata banyak juga ya yang menyajikan tari gandrung. Klo ke Banyuwangi bisa lebih fleksibel, kalo misal belum berkesempatan lihat gandrung sewu. Kyak aku oktober ini belum bisa ke Banyuwangi,, hehhee

    Tulisan yang menarik mas..

    BalasHapus
  3. Event Tari Gandrung Sewu yang kolosal kapan mas? Dari dulu pengen banget lihat yang itu.

    BalasHapus
  4. Whaaattt lebih dari 1000? Nggak kebayang gimana serunya, mas! Mana di tepi pantai pula. Pasti ada sensasi tersendiri.
    Salut ada beberapa tempat publik untuk menyaksikan pertunjukkan Tari Gandrung. Doakan semoga bisa segera ke Banyuwangi, mas.

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook