Spot Lokasi Menikmati Sore dan Senja di Banyuwangi

06.00


spot menikmati Senja di Banyuwangi
Diantara teman-teman pembaca, ada kan yang suka meluangkan waktu melihat senja baik di sekitar tempat tinggal maupun saat sedang travelling. Banyuwangi terkenal dengan julukan “Sunrise of Java” dimana di Banyuwangi tempat matahari terbit paling pertama di Pulau Jawa apalagi didukung bentang alam garis pantai yang panjang sehingga banyak lokasi spot menikmari matahari terbit di Banyuwangi.

Tak perlu khawatir jika susah bangun pagi, kalian bisa menikmati senjanya di Banyuwangi yang tidak kalah syahdunya. Berikut saya tulis beberapa lokasi menikmati senja dan matahari terbenam di Banyuwangi.

1. Pulau Merah

Pantai Pulau Merah yang letaknya di daerah selatan Banyuwangi ini memang sudah terkenal sebagai tempat menikmati senja di Banyuwangi. Perjalanan dari Kota Banyuwangi ke Pulau Merah ini cukup jauh, bisa menempuh waktu perjalanan 2 jam. Pantai ini berpasir putih, memiliki pulau bukit besar dengan formasi batu karang disekitarnya yang menarik.  Biasanya jika waktu sore tiba, beberapa wisatawan melipir ke arah barat mendekati pulau bukit tersebut agar bisa berfoto siluet senja dan dengan latar belakang pulau tersebut. Sambil menunggu  waktu senja di Pantai Pulau Merah kita bisa pesan makanan atau minuman seperti kopi, es kelapa muda dan makanan seafood di kedai penjaja makanan minuman di pinggir pantai. Asiknya sih pesan kopi dan menikmati senja jadilah anak indie :D.

2. Pantai Boom Marina
Pantai Boom Marina Nuansa Baru
Pantai Boom Marina berada di pusat Kota Banyuwangi yang terkenal akan spot menikmati matahari terbit. Namun karena bentang alamnya menarik, di Pantai Boom Marina ini kita juga bisa menikmati senja. Spot Menikmati Senjanya berada di Pelabuhan Boom Marinanya yang mengarah ke arah Barat. Jika cuaca sedang cerah, kita bisa melihat pemandangan gunung Merapi, Meranti, Raung dari kejauhan. Kadang kala gunung tersebut tak terlihat karena tertutup Kabut. Sambil menunggu waktu senja, disini kita bisa duduk santai dan foto-foto di Bangunan Lawas yang berada di tepi pelabuhan atau berfoto di Jembatan Pantai Boom yang sedang viral karena desainnya yang menarik.

3. Rumah Apung Bangsring
Senja dari Rumah Apung Bangsring
Merupakan area konservasi terumbu karang dan tempat penangkaran hiu yang terjerat jaring nelayan. Terletak di daerah utara Banyuwangi tepatnya di utara pantai Watudodol. Walau pantainya menghadap ke timur, jika kita berada di Rumah Apungnya kita bisa menikmati pemandangan senja dari tengah laut dan jika beruntung bisa melihat pemandangan pegunungan yang ada di Banyuwangi secara jelas. Sambil menunggu waktu senja, kita bisa menikmati pemandangan laut, belajar tentang hiu di atas rumah apung Bangsring tersebut.

4. Pantai Trianggulasi
Senja di Pantai Trianggulasi ada Refleksinya
Pantai Trianggulasi ini terletak di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang letaknya di daerah selatan Banyuwangi. Pantai ini punya karakter unik berupa pantai landai dengan garis pantai yang panjang sejauh mata memandang. Saat air sedang surut, pasir pantai yang basa terkena air laut menjadi seperti cermin yang memantulkan apa yang ada diatasnya. Bayangan pemandangan senja dan kita yang sedang bermain-main di atas pasir tersebut terpantul seakan menjadi ada dua. Pemandangan senja seperti ini mengingatkan pada senja yang dinikmati dari Pantai Parangtritis di Jogja.

5. Pantai Pancur
Senja di Pantai Pancur
Pantai ini juga terletak di dalam Kawasan Taman Nasional Alas Purwo tepatnya berada di sebelah timurnya pantai Trianggulasi. Bedanya jika Trianggulasi berpantai landai, pantai pancur ini mempunyai karang-karang di pinggir pantainya yang akan lebih terlihat ketika pantai dalam keadaan surut. Terdapat bukit kecil yang bisa dinaiki, dari sana bisa melihat pemandangan laut secara luas dari ketinggian. Jika beruntung saat sore hari di pantainya, bertemu dengan rusa yang sedang meminum air di muara sungai kecil.

6. Puncak Asmoro
Senja dengan View Gunung Merapi Ungup-Ungup/Kawah Ijen
Puncak Asmoro terletak Desa Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Puncak Asmoro adalah tempat menikmati panorama selat bali dari ketinggian, perbukitan dan gunung Merapi, Meranti dan Raung dari kejauhan. Anginnya sejuk, sambil menunggu waktu senja kita bisa memesan minuman hangat juga makanan/cemilan seperti pisang goreng atau mie rebus yang disediakan oleh warung yang ada disana. Senjanya disini menakjubkan, biasanya bisa melihat jelas matahari pelan-pelan tenggelam di balik 3 gunung yang terlihat disana. Bisa juga melihat pergerakan kabut dan awan yang menyelimuti gunun tersebut.

7. Pelabuhan Muncar
Senja dari Pemecah Ombak Pelabuhan Muncar
Senja di Pelabuhan Muncar ini menarik sekali. Karena kita juga bisa melihta aktifitas masyarakat lokal disana seperti membereskan jemuran ikan asinnya, aktivitas nelayan juga melihat kapal tradisional Banyuwangi yaitu Kapal Slerek yang punya warna-warni menarik. Pemandangan senja disini berupa laut dari teluk Pang-pang dan jika cuaca sendang cerah sekali, bisa melihat Gunung-gunung di perbatasan Banyuwangi dengan Bondowoso.

8. Hutan Djawatan Benculuk
Hutan Djawatan
Hutan Djawatan ini terletak di Kecamatan Benculuk yang berada di wilayah selatan Banyuwangi. Hutan ini terkenal karena memiliki pohon-pohon raksasa Trembesi yang unik. Batang dan dahannya ditumbuhi oleh banyak paku-pakuan seperti rumput sehingga menambah unik  berbeda dengan pohon trembesi di daerah lain. Ada yang bilang di Hutan Djawatan ini seperti yang ada di film Lord Of The Ring. Biasanya wisatawan datang ke sini pada siang hari, sekalian berangkat ke Pulau Merah karena searah. Padahal jika datang sore hari dan senja disana juga cukup bagus. Ada cahaya-cahaya matahari yang menerobos celah tajuk dari pohon trembesi yang menambah indahnya suasana di dalam Hutan Djawatan tersebut.

9. Ruang Terbuka Hijau (RTH) Singojuruh
Pertunjukan Tabuan Soren di RTH Singojuruh
Setiap sabtu sore, di RTH Singojuruh ini ada pertunjukan dan pentas seni yang menarik yang ditampilkan oleh masyarakat desa Singojuruh itu sendiri.  Suasananya riang, banyak anak-anak yang bermain dan banyak penjaja makanan-minuman yang berjualan disana. Pertunjukannya kadang berupa tabuhan seperangkat alat musik tradisional yang diikuti juga dengan pementasan tari khas Banyuwangi, Tari Gandrung. Pentas seni ini bisa kita saksikan dengan latar pemandangan senja sehingga tubuh penari Gandrung serasa berwarna keemasan diterpa sinar matahari senja. Kalau beruntung dari pinggir persawahan sekitar RTH Singojuruh juga bisa melihat pemandangan gunung raung, meranti dan ijen dari kejauhan.

10. Pantai Plengkung atau Gland
Gland, pantai untuk surfing
Pantai ini salah satu letak pantai tertimur di Pulau Jawa. Berada di tengah hutan Taman Nasiona Alas Purwo tepatnya di sebelah timur Pantai Pancur. Pantai ini terkenal dengan Ombaknya yang terbaik kedua di dunia sehingga jika berkunjung dan menikmati senja di Pantai ini sudah pasti ketemu turis mancanegara yang menginap resort di dalam hutan Taman Nasional Alas Purwo. Untuk menikmati suasana sore dan senja di Pantai Plengkung ini harus merogoh saku agak dalam karena menuju lokasi ini harus mengeluarkan uang untuk sewa angkutan khusus Rp. 250.000 permobil.

Lokasi menikmati senja akan diupdate terus jumlahnya, ketika saya menemukan spot bagus lagi untuk menikmati senja di Banyuwangi. Mohon dibantu untuk di share ke medsos kalian. Terima Kasih :D

Ayo Nikmati Senja di Banyuwangi


You Might Also Like

24 kesan dari teman

  1. Baiik.
    Bookmark dulu.

    Belum pernah ke banyuwangi, tapi sering banget liat sliweran foto begini terus jadi pengeeen :')

    BalasHapus
  2. Loh kak kalo Boom bukannya buat nyari sunrise ya? sunrise of java kata orang.
    AKu belum pernah eh ke puncak asmoro. Jadi kangen banyuwangi.
    Btw, pariwisata di Banyuwangi emang lagi berkembang banget ya. Makanya jd percontohan pengelolaan pariwisata terbaik di Indonesia. CMIIW yaaa

    BalasHapus
  3. Padahal sudah ada kereta api, bus juga nyaman, tapi kok belum pernah main ke Banyuwangi ahahahah. Gustiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalian ini sama ya. Alan belum ke Karimunjawa, kamu belum ke Banyuwangi. Ahaha

      Hapus
  4. beberapa sudah menjadi bucketlist saya eh kalau jadi ke Banyuwangi, semoga terlaksana...
    gak ada yang serem kan mas tempatnya

    BalasHapus
  5. Indah dan luasnya Indonesia itu smp saya mikir, Banyuwangi itu belah mananya gunung Merapi, kok kelihatan? Ahahah...perlu maen nih ke sana, supaya menikmati sunset, ant kagum dan misteri....

    BalasHapus
  6. Rumah Apung Bangsring bisa banget masuk wishlist aku nih buat nyari golden hour.
    Hutan Djawatan jg unik, tapi hanya bisa siang hari ya ke sana.. kayaknya kalau sudah masuk sunset bagus jg, tapi kayaknya bakal gelap bgt plgnya ya haha

    BalasHapus
  7. Banyuwangi jadi bucketlist saya, bookmark dulu ah postingan blognya kak nobi ;)

    Regards,
    heydeerahma.com

    BalasHapus
  8. Kebetulan saya juga lebih suka sunset dari pd sunrise mas. Akan dicatet neh lokasinya, krn bagus bngt viewnya.

    BalasHapus
  9. nah, menikmati senja di Hutan Djawatan itu pasti seru banget. Kebayang pucuk-pucuk cahaya merembes masuk dari sela-sela ranting. Ahaha

    BalasHapus
  10. Wah, mantep ini infonya.

    Nah, yangblebih bagus ke hutan Djawatan Benculuk itu pagi-pagi atau sore? Karena saya sering lihat ada foto di sana dengan cahaya yang menembus pohon-pohon Trembesi itu. Sayang kan datang ke sana kalau salah waktu :)

    BalasHapus
  11. Terpujilah Gustiii, tempatnya cakep-cakep mas! Tapi aku paling suka 3 tempat pertama yang kamu sebutkan. Yang Pantai Boom Marina itu bisa disisipkan dalam agenda itinerary menjelajah kota Banyuwangi ya.

    BalasHapus
  12. Wajib disimpan dulu nih postingannya, hehe... Buat list kalau main ke Banyuwangi. Pantai Trianggulasi sama Hutan Djawatan Benculuk jadi yang paling aku idamkan nih, mas. Semoga bisa sampai ke sana :)

    BalasHapus
  13. Waaaa senjanya cantik-cantik sekali
    Aku beberapa kali melintasi Banyuwangi saat jelang senja, saat sedang road trip menuju Bali, sepanjang jalan terasa indah memang. Sayangnya karena mengejar lekas sampai Bali, kami belum sempat mampir dan mengekplore Banyuwangi

    Lain waktu kayaknya memang harus mengagendakan khusus deh buat jelajah Banyuwangi

    BalasHapus
  14. Banyuwangi ternyata punya banyak spot pantai cantik ya mas. Catat dulu, belum pernah ke sana bareng keluarga

    BalasHapus
  15. Akusuka banget sama Pantai Trianggulasi. Pemandangan di kala senja beitu apik. Kayak kita lagi bercermin ya ketika di sana. Jangan sampai terlewatkan fotoan nih :) Btw sewa angkut per mobil di Pantai Glend itu maksimal berapa orang ya? Pasti tergantung jenis kendaraannya. Enak yg kapasitasnya banyak hahaha emak ogah rugi :D

    BalasHapus
  16. Belum pernah ke Banyuwangi. Suka banget lihat sunrise di Pantai Triangulasi. Pantes aja dijuluki Sunrise of Java, Keren banget viewnya

    BalasHapus
  17. Banyak bener list-nya,,, bagus2 semua.
    Ini racun buat jalan2 ke Banyuwangi.

    BalasHapus
  18. Saya penikmat senja. Selalu suka menikmatinya dimanapun di hutan, di laut maupun di gunung. Pengen banget ke Pulau Merah itu kayaknya sunrise mauoun sunset viewnya jelas banget kalau dari sini.

    BalasHapus
  19. Cakep-cakep spot senjanya. Tetapi, yang pantai plengkung harus menyewa kendaraan khusus ya, Mas? Gak bisa bawa kendaraan pribadi atau bagaimana?

    BalasHapus
  20. Saya pernah ke Banyuwangi tapi ga banyak eksplor wisata disana karena cuma ke Ijen aja, lain waktu kalau kesana lagi sepertinya wajib datengin pantai2nya dan hutan Djawatan nih

    BalasHapus
  21. Lengkap banget pemandangan Banyuwangi ya, gunung dan lautan..semoga bisa main ke sana, penasaran banget dengan keindahannya..

    BalasHapus
  22. Aku pernah rasain sunset di pantai boom, di pasir hitamnya menghadap 3 gunung diantara sinar mentari yang mulai redup

    BalasHapus
  23. Aaaahhhhh... ini keren banget senjanya, kebetulan banget aku mau ke Banyuwangi, aku mau catat ini ah untuk destinasi nanti ke Banyuwangi.

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook