Masjid Roudhotul Muchlisin, Jember - Masjid Berkaligrafi Ayat Suci Al-Qur'an dan Asmaul Husna

08.00

Masjid Roudhotul Muchlisin
Beberapa kali mondar-mandir lewat Kota Jember, selalu melihat mesjid berwarna-warni yang menyita perhatian sesaat. Akhirnya kemarin saya sempatkan mampir ke Masjid tersebut sekaligus menunggu waktu Sholat Dzuhur yang sebentar lagi tiba. Setelah masuk gerbangnya baru diketahui Masjid penuh warna yang ada di Jember itu bernama Masjid Roudhotul Muchlisin.

Masjid Roudhotul Muchlisin terletak di pinggir jalan utama Jember ke arah Surabaya tepatnya di Jl Gajah Mada, Kaliwates, Jember. Saya pikir mesjid ini adalah salah satu Masjid baru di Jember, ternyata merupakan masjid yang sudah dibangun pada tahun 1978 dan tampilannya kini adalah Masjid Roudhotul Muchlisin setelah direhab atau renovasi.

Untuk menuju ke Masjid Roudhotul Muchlisin

Karena letak Masjid di jalan Gadjah Mada, jalan utama menuju Surabaya. Masjid Roudhotul Muchlisin ini juga terletak dekat dengan Lippo Plaza, kalian bisa naik Angkutan Umum Link Kuning berkode A,B,O,N,D,dan Q yang melewati Lippo Plaza. Jika ingin cepat sampai, kalian bisa menggunakan Jasa Ojek Konveksional atau Ojek Online.

adem karena dapat cipratan air mancur yang terkena angin
Setelah masuk Gerbang, Mesjid Roudhotul Muchlisin dengan beberapa pohon kurma yang ditanam dekat dengan air mancur. Mendekat ke air mancur dan pohon-pohon kurma tersebut serasa menemukan oase di tengah gurun pasir apalagi pas banget cuaca di Jember siang itu lagi panas-panasnya.

Arsitektur dalam Masjid
bagus banget kan
Saya pun masuk ke dalam masjidnya, dan banyak arsitektur di dalamnya yang membuat takjub. Banyak ornamen-ornamen yang membuat Masjid ini sekilas bernuansa timur tengah, belum lagi adanya Asmaul Husna yang memenuhi Dinding Masjid ini. Di Dinding Depan lantai bawah terdapat tulisan Ayat Suci Al-Qur’an Surat Ar-Rahman dan Al-Waqiah sedangkan di lantai atas terdapat tulisan surat-surat pendek Juz Amma (Juz 30).

Surat Al-Waqiah di dinding masjid
Tertulisnya Surat Ar-Rahman dan Al-Waqiah pada dinding lantai bawah masjid seakan sebuah pengingat bagi para pengunjung disana. Surat Ar-Rahman secara garis besar berisi tentang berbagai Nikmat yang diberikan Allah SWT kepada Manusia dan Jin. Pada Surat Ar-Rahman juga dijelaskan sindiran kepada manusia dan jin yang tidak bersyukur akan nikmat yang telah diberikan namun Allah tetap nikmat tersebut kepada manusia dan Jin. Surat Al-Waqiah ini mengingatkan kita pada kematian dan hari kiamat.

Fasilitas Masjid Roudhotul Muchlisin
Di tiang-tiang dalam masjid ini terdapat rak yang berisi Al-Qur'an dan Kitab-kitab lainnya yang bisa dibaca dengan syarat setelah membaca dikembalikan lagi ditempat semulanya. Disebelah luar terdapat rak penyimpanan sepatu-sendal gratis dan mandiri untuk mengantisipasi hilangnya sendal saat sedang beribadah.

kamar mandi Masjid yang bersih
Kamar Mandi dan Tempat Wudhu ada di sebelah selatan dan terpisah dengan bangunan masjid. Kamar Mandinya ternyata banyak dan bersih. Ini bisa memenuhi kebutuhan pengguna Masjid karena Masjid ini menjadi tempat peristirahatan bagi pengguna jalan lintas Kabupaten Jawa Timur ini. Musafir dan para pelancong bisa mandi dengan nyaman di Masjid Roudhotul Muchlisin.

Area Foodcourt atau Pujasera
Parkiran Masjid Roudhotul Muchlisin mempunyai area parkir yang luas, Masjid ini siap jika dipergunakan menjadi rest area saat arus mudik dan balik serta menjadi persinggahan rombongan wisata yang sedang berkeliling ke Wisata Jember. Jika para pelancong dan musafir lapar, di area parkir terdapat area foodcourt atau pujasera yang menjajakan makanan siap santap. Lengkap rasanya fasilitas Masjid Roudhotul Muchlisin Jember ini untuk para Pelancong dan Musafir yang singgah disini.

Jika mampir ke Jember, coba deh mampir ke Masjid ini. Masjid ini terbuka juga untuk semua agama, dan untuk kenyamanan agar memakai pakaian yang pantas untuk berkunjung ke tempat ibadah.

You Might Also Like

22 kesan dari teman

  1. MasyaAllah cantiknya masjid ini

    BalasHapus
  2. Mesjidnya apik banget ini. Saya suka warna dan desainnya. Pemandangan pas malam Makin cantik dengan permainan lampunya. Apalagi pas senja.

    BalasHapus
  3. keren ya, penuh dengan kaligrafi, mantab

    BalasHapus
  4. fasilitas kamar mandinya terjaga ya kebersihannya, paling sebel kalau ada kamar mandi masjid yang baunya minta ampun, jadi pengen bersihin.

    BalasHapus
  5. Masjidnya bagus banget.
    Kalau masjid itu boleh dimasuki untuk foto-foto gini ya, mas? Non Muslim boleh masuk juga cuma untuk foto-foto (dengan syarat tidak mengganggu tentunya)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mas..
      kalau kita laki-laki g bisa masuk area solat dan tempat wudunya wanita hehe.

      Hapus
  6. Cantik banget masjidnya mas.
    Arsitektur dan dekorasinya menawan.

    BalasHapus
  7. Cantiknya bukan main masjid ini. Area parkirnya luas, kamar mandi banyak dan bersih. Arsitekturnya kelihatan mewah. Bagus sekali masjid ini juga diperbolehkan untuk beristirahat bagi para travelers ya. Bisa mandi, beribadah dengan khusyuk karena semua serba bersih. Eh, usia masjidnya kok samaan sm akuh? Wkwkwkwk... :D

    BalasHapus
  8. Masjidnya cantik banget. Boleh dicatat, nih. Kalau pulang kampung naik mobil dan lewat bisa sekalian istirahat di sini.

    BalasHapus
  9. Wahhh subhanallahh indah sekali masjid yang satu ini mas.. Di dalamnya penuh warna dan kaligrafi... Indah

    BalasHapus
  10. Ohhh masjid lama yang di renovasi ya. udah lama juga ya sejak tahun 78.
    jadi keren begitu penampilannya saat ini.

    jadi penasaran sama arsiteknya.. dan penasaran juga bagaimana bentuk masjidnya yang lama.

    BalasHapus
  11. Baik eksterior dan interiornya kaya ornamen yang detil ya, mas. Cakep! Pemilihan warnanya juga tergolong tak biasa untuk sebuah masjid, 'kan? Aku jadi penasaran bagaimana penampakannya dulu sebelum direnovasi.

    Wahaha kamar mandinya bisa jadi lokasi bebersih kalo mampir Jember dan gak sempet / belum bisa check-in / udah terlanjur check-out dari hotel.

    BalasHapus
  12. MasyaAllah indahnya. Sayang banget pas ke Jember kemarin nggak sempet solat disini :( Next kita jalan kesini lagi yaa mas wkwk

    BalasHapus
  13. masjidnya indah betul..kaligrafinya bagus ya.. terutama yang di langit2 itu
    dan jarang lho ada masjid yang menulis lengkap satu surat seperti masjid Jember ini

    BalasHapus
  14. Wah masjidnya bikin betah ya arsitekturnya, terus bagian nampak adem walaupun cuaca sedang terik..toilet banyak dan bersih, ada pohon kurmanya jugaa..

    BalasHapus
  15. Bagus banget arsitekturnya, nih. Apalagi yang surat Al-Waqiyah itu. Pantas aja kalau sampai menyita perhatian

    BalasHapus
  16. Unik nih arsitekturnya. Aku salfok ke kubahnya. Lucu ih...warna oren.
    Pengen uy ke Jember, sekalian pengen lihat Jember Fashion Carnival.

    BalasHapus
  17. Keren banget masjidnya, kaligrafi nya subhanallah luar biasa, arsitektur nya bagus dan sangat terawat. Semoga kalau ke Jember bisa mampir sholat berjamaah di sini

    BalasHapus
  18. Ini masjid yg wkt itu kita lewat pas famtrip ya

    Masjid mewah itu

    BalasHapus
  19. woww..aku beberapa kali ke Jember..tapi belum mampir ke Masjid ini. keren banget ya interiornya..kebayang semakin adem deh berada di dalem masjid ini.semoga kalo ada kesempatan ke Jember lagi bisa mampir ke masjid ini.

    BalasHapus
  20. Arsitektur interiornya keren banget. artistik dan warnanya cakep sekali.

    Btw, kalau non muslim yang sedang beristirahat karena masjidnya berada di jalan lintas, bolehkah numpang mandi di kamar mandi masjidnya? atau numpang parkir untuk sekedar istirahat begitu?

    BalasHapus
  21. Masyaallah, bagus banget masjidnya. Saya juga suka mengunjungi masjid di kota-kota yang saya datangi saat traveling. Ntar kalau ke jember, pasti singgah nih di masjid ini

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook