Ke Jember? Harus Makan Pecel Gudeg Lumintu

21.09

Pecel Gudeg Lumintu

Makanan di Jawa Timur itu bisa dibilang unik, bisa ditemukan makanan yang merupakan kombinasi dua jenis makanan atau lebih. Waktu jalan-jalan di Jember, saya menemukan salah satunya yaitu Pecel Gudeg. Perpaduan Nasi Pecel dengan Gudeg yang merupakan masakan khas Jogja yang bisa kita temukan di Warung Pecel Gudeg Lumintu. Pecel Gudeg Lumintu ini masuk dalam salah satu kuliner jember yang wajib kita cicipi saat berada di Jember.

pemilik lumintu saat ini
Pecel Gudeg Lumintu, kuliner legendarisnya Jember ini sudah berjualan cukup lama. Bahkan saat saya belum lahir, mungkin kalian juga. Sebelumnya Pecel Gudeg ini berjualan di Bondowoso pada tahun 1968, namun pada tahun 1975 pindah berjualan di Jember dan berjualan hingga saat ini. Warung Pecel Gudeg Lumintu ini buka mulai jam 06.00 pagi dan tutup jam 2 siang, namun biasanya sebelum jam 2 siang, Pecel Gudeg sudah habis terbeli.


Rute Menuju Pecel Gudeg Lumintu
Warung Pecel Gudeg ini letaknya cukup strategis, jalan masuknya berada disebrang Lippo Mall atau lebih tepatnya di  Jl. Kerta Negara No.33, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Bisa kalian tempuh dengan menggunakan Ojek Online maupun angkutan umum ke arah Lippo Mall yang berhuruf A,B,O,N,D,Q.

Situasi Warung Pecel Gudeg Lumintu
Pertama kali datang, cukup kaget karena di depan warung cukup ramai, orang-orang ngantri untuk membeli pecel gudeg lumintu dan memakan lebih leluasa di rumah. Saya jadi mengerti beberapa orang menyarankan datang ke Pecel Lumintu tidak jam makan siang, selain antrian yang cukup banyak, bisa-bisa kehabisan.

Komposisi Wajibnya Lumintu
sedang membungkus pecel gudeg lumintu
Porsi 1 piring Pecel Lumintu ini cukup banyak, 1 piring bisa penuh dengan nasi, pecel dan gudeg. Belum lagi ditambah lauk yang kita inginkan. Dalam 1 piring Pecel Gudeg Lumintu terdiri dari pecel (kacang panjang dan kecambah) yang bumbu kacangnya agak pedas, ayam, pindang telor, sayur tewel (nangka muda), sambal goreng krecek dengan kacang tolo, sambal dan rempeyek kacang. Bisa kalian bayangkan seberapa penuh piring jika diisi banyak seperti itu haha. Jika kalian tidak kuat makan porsi banyak, lebih baik untuk minta nasi sedikit atau separuh saja.

penampakan seporsi nasi pecel gudeg lumintu
Gudeg citranya kuat sekali dengan makanan khas Jogja yang rasanya manis, namun Gudeg di Lumintu rasanya tidak manis mungkin menyesuaikan lidah orang-orang Jawa Timur yang tidak begitu suka masakan manis. Saya pun cukup suka gudeg racikan lumintu ini. Daya tarik dari Gudeg Lumintu ini ternyata memasaknya dengan menggunakan tungku kayu bakar yang dimasak sehari sebelum disajikan. Mungkin karena cara masak gudeg yang demikian, bumbunya lebih meresap merata dan disukai banyak orang.

Kalau kalian jalan-jalan ke Jember sempatkan makan Pecel Gudeg Lumintu.

Bani Lumintu foto bareng


You Might Also Like

5 kesan dari teman

  1. Baru tahu ada perpaduan pecel sama gudeg.. Sebagai pecinta kedua masakan itu, saya jadi penasaran.. Sayang jauh bgt Jember haha..

    BalasHapus
  2. Jadi penasaran sama rasannya, pas maem lauknya gantian, sesuap pake pecel sesuap pake gudegnya, hehehe

    BalasHapus
  3. Jadi laper bacanya mas. Apalagi saya penggemar pecel, jadi ngiler berat.

    BalasHapus
  4. Masih banyak nih makanan khas Jember yang belum saya cobain. Ada sate langganan klo mau ke Jember, tp lupa nama warungnya hehe. Ada sajian unik kuah kaldu dicampur kacang ijo. nikmat banget.

    BalasHapus
  5. Pas denger kata pecel gudeg, aku nggak kebayang dengan jenis makanan apa pula ini. Takut kalo rasa pecel dan gudegnya campur aduk di lidah. Ternyata,, rasanya enak, perpaduan rasa gurih pecel, manisnya gudeg, dan pedesnya kuah sambel goreng enak banget.

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook