Cari Buku Murah Di Pasar Buku Kenari, Salemba, Jakarta

16.25

Diskusi dan tawar menawar harga buku di Pasar Buku Kenari

Beberapa pasar buku bekas yang saya pernah datangi semasa kuliah untuk mencari buku acuan belajar kondisinya kurang nyaman. Lorong antar toko yang sesak, dan membuat gerah seringkali membuat ingin cepat menemukan buku yang dituju. Berbeda dengan Pasar Buku di Pasar Kenari Jakarta yang punya tempat nyaman dan asik untuk mencari buku bacaan.

Pasar Buku Kenari ini bisa dibilang baru, penjual buku-bukunya merupakan penjual yang dulu berjualan di Pasar Senen dan Pasar Kwintang. Jika dibandingkan dengan Pasar tersebut, Pasar Buku Kenari mempunyai fasilitas yang membuat nyaman pengunjung yang ingin berbelanja.


Rute ke Pasar Buku Kenari
Karena kebetulan sedang balik ke Jakarta dan mencari buku bacaan untuk teman perjalanan kembali ke Banyuwangi. Berangkatlah saya ke Pasar Kenari yang letaknya di daerah Salemba. Transportasi Umum ke Pasar Buku Kenari ini cukup banyak. Jika dengan Busway Transjakarta kalian bisa menaiki Koridor 7A (PGC-Harmoni), Koridor 7B (PGC-Ancol) dan Koridor 5 (Kampung Melayu-Ancol). Jika kalian naik KRL, bisa turun di Stasiun Cikini dan lanjut menggunakan ojek pangkalan atau ojek online.

Gedung Pasar Buku Kenari, di Lantai 3 ya
Pasar Kenari ada dua Gedung. Untuk gedung Pasar Buku kenari mempunyai ciri yang mudah dikenali karena terdapat gambar rak buku pada jendela-jendelanya.  Di Gedung Pasar Kenari tersebut, Pasar Bukunya berada di Lantai 3, sedangkan Lantai 1 dan 2 merupakan pertokoan alat-alat kelistrikan. Kita bisa menuju ke atas menggunakan tangga atau eskalator yang berada di tengah gedung pasar kenari.

Fasilitas Pasar Buku Kenari

“Woahh Bagussss”

Pasar Buku Kenari ternyata nyaman sekali. Baru masuk lantai 3 saja hawanya adem AC, berbeda dengan lantai 1 dan 2. Sesampainya disana, sempatkan berkeliling dari toko ke toko. Rata-rata toko menjual buku pelajaran, buku penunjang mata kuliah beberapa yang saya lihat ada koleksi buku-buku keagamaan, buku sejarah dan buku anak-anak. Saya berhenti di toko yang mempunyai koleksi Komik saja. Saya takjub begitu banyak komik-komik lama yang kondisinya masih bagus dan dijual cukup murah. Dapat 3 komik lawas “Hagemaru” komik 4 strip yang menceritakan keluarga extra hemat yang kocak. Tiga komik tersebut dihargai Rp. 20.000, murah menurutku.

Antusias mencari dan melihat-lihat buku
Saya datang di hari Sabtu, saya melihat beberapa ibu-ibu mengajak anaknya untuk mencari buku yang mereka inginkan. Saya melihat beberapa anak antusias membolak-balik halaman buku, mengangkat buku untuk melihat buku yang ada dibawah hingga menemukan buku yang mereka suka.
Selain penjual buku-buku, juga ada toko Buku JakBook yang menyediakan buku-buku pelajaran serta peralatan untuk sekolah. Saya lihat-lihat sih, buku pelajaran disini lebih banyak, mungkin ibu-ibu dan anak-anak yang sedang mencari buku sekolah bisa mampir kesini, apalagi JakBook ini menawarkan buku murah dan diskon.

Ruang Hijau dari Rumput Sintesis untuk bersantai-santai
Meja ditengah pertokoan yang suka digunakan untuk membaca-baca buku yg sudah di beli
Di Pasar Buku Kenari juga tersedia ruang lapang berupa rumput sintesis dan bangku-bangku panjang untuk duduk-duduk istrahat atau membaca buku yang sudah dibeli tadi. Ada juga Jakmart yang menyediakan makanan dan minuman ringan atau bisa sekalian ke foodcourtnya yang berada di pojok belakang pasar. Namun sayangnya, saat kesana foodcourtnya belum buka semua.

Bencoolen Cafe
Cafe Bencoolen
Di pojok depan dekat jendela, terdapat Kafe Bencoolen. Dalam hati sepertinya nama dari bahasa Belanda dan setelah tanya kepada baristanya ternyata benar. Bencoloen adalah bahasa Belanda dari Bengkulu. Mungkin Owner Kafe ini dimiliki oleh orang Bengkulu. Walau bernama Bencoolen, kafe ini menyediakan kopi-kopi Nusantara. Harga Kopinya pun murah mulai Kopi Tubruk Rp. 5000 hingga Ice Kopi Susu Gula Aren seharga Rp. 15.000. Tempatnya juga enak, ada kursi bangku kayu juga sofa yang bisa ditempati sekalian membaca-baca buku yang dibeli atau berdiskusi.

Es Kopi Susu Gula Arennya Kafe Bencoolen
Kafe Bencoolen juga menjual kopi hijau atau green bean yang siap sangrai dari berbagai daerah Nusantara juga Biji yang sudah disangrai dengan beberapa perlakuan. Jika tidak mempunyai alat giling kopi sendiri (Grinder) kalian juga bisa beli Kopi kemasan Bencoolen dengan harga yang terjangkau.

Pasar Buku Kenari ini buka mulai dari Jam 7 pagi hingga jam 9 malam, tidak usah khawatir jika melihat toko di Pasar Kenari yang sudah tutup jam 5 sore, karena jam buka Pasar Buku Kenari di lantai 3 berbeda.

Jika kalian atau ingin mencari buku untuk anak-anak, cobain deh berbelanja buku di Pasar Buku Kenari ini.

Tangga yang asik buat foto-foto


You Might Also Like

3 kesan dari teman

  1. Wah, ownernya Cafe Bencoolen, orang bengkulu sepertinya. Mungkin kalo aku kesana dapet potongan harga hehe..

    BalasHapus
  2. Jadi ingat di shopping kakakakkakaka
    Aku biasanya nyari buku-buku lama kalau di tempat seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ga inget uang, bisa kilaf aku lama2 disini juga :D

      Hapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook