Warung Klangenan, Jogja - Angkringan Nyaman Di Barat Kota Jogja

16.54

Waroeng Klangenan Jogja

“Aku di Jogja, ayo ketemuan”. 
“Dimana?”
“Pengen di Angkringan yang bebas pengamen”
“Warung Klangenan gimana?”
“Ok, jam 7 yak”
Percakapan singkat lewat aplikasi chat untuk mengajak teman-teman bertemu atau kopdar. Pilihan jatuh pada Warung Klangenan, sebuah warung angkringan yang di konsep kekinian di sebuah rumah sederhana di daerah Wirobrajan yang tidak jauh dari kawasan Malioboro dan pusat kota Jogja.
Angkringan masa kini tidak identik dengan Gerobak, tenda, lesehan dan berada di pinggir jalan. Angkringan masa kini berkembang dengan berada di sebuah bangunan yang dikonsep sesuai rencana pemilik. Biasanya konsepnya tidak mewah-mewah, dibuat klasik, sederhana namun nyaman. Seperti halnya yang saya rasakan ketika berkunjung di Warung Klangenan.

Rute Ke Warung Klangenan
Warung Klangenan beralamat di Jl. Patangpuluhan No.28, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta cukup dekat. Rute ke Warung Klangenan cukup mudah, misal kalian dari Malioboro, ambil arah selatan menuju KM 0, Perempatan KM 0 Jogja ambil kanan, ikuti jalan tersebut hingga perempatan bangjo Parkiran Bis Ngabean ambil ke kiri atau arah selatan melewati Jokteng Lor hingga perempatan Bangjo Benteng Tamansari ambil kanan atau ke arah Barat. Warung Klangenan ada di belakang warung Mie Nyinyir. Rute tersebut mudah ditempuh dari Malioboro atau pusat kota Jogja. Bisa menggunakan ojek pangkalan atau Ojek Online atau bisa juga menggunakan kendaraan pribadi. Tidak disarankan menggunakan kendaraan umum karena jalan tersebut tidak di lewati kendaraan umum ataupun Trans Jogja.

Hidangan makanan yang tersaji di Warung Klangenan
Warung Klangenan mulai buka jam 4 sore. Kedatangan kami jam 7 malam, suasana disana sudah mulai ramai, memang sudah memasuki waktu jam makam malam juga sih. Namun kursi kosong masih banyak yang tersedia. Setelah datang di Warung Klangenan kita harus memilih makanan yang nanti ingin kita makan. Konsep Warung Klangenan adalah angkringan sehingga disini kita akan menjumpai makanan ala-ala angkringan seperti aneka jenis Nasi Kucing, Sate-satean seperti sate usus, ati, telur puyuh dan lainnya, juga ada gorengan dan jajanan pasar lainnya. Minuman pun juga ada macam-macam wedangan. Harga makanan dan minumannya terjangkau, kisaran harganya dari 1.000-8.500, cukup murah dan terjangkaukan untuk kalangan anak kos maupun traveller macam saya.
Sate-sate Angkringan di Warung Klangenan
Setelah memilih, makanan-minuman yang kita pilih akan dihitung dan langsung membayarnya. Setelahnya kita bisa memilih meja yang kosong, dan kami memilih meja di dekat halaman belakang supaya bisa merasakan angin malam yang sepoi-sepoi.  Ada baguan yang menarik disini, jika kita memilih makanan yang perlu dibakar, alat bakar dan bara arangnya akan dibawa ke meja kita untuk kita bakar sendiri.  

Halaman belakang Warung Klangenan
Seru!!. Sambil berbincang ngobrolin ini-itu, tangan juga ikut berbicara dengan gerakan kipas-mengipas. Sesekali ada aroma asap dan asap yang keluar dari bara, kadang bikin tidak sabar memakan sate atau nasi yang sedang kami bakar.

Karena nyamannya tempat, tidak riuh lalu lalang kendaraan, tidak ada seniman kaki lima yang mondar mandir membuat kopi darat atau pertemuan di Warung Klangenan ini berkesan. Padahal rencana hanya bertemu singkat dan lanjut tidur karena harus pergi pagi-pagi, tapi karena nyamannya, secara tidak sadar menghabiskan waktu lebih dari 2 jam.
Suasana di dalam Warung Klangenan
Jika ke Jogja, coba deh sesekali makan dan menghabiskan waktu malammu ke Warung Klangenan ini. Enaknya jangan datang sendiri, coba hubungi teman-teman lama yang tinggal di Jogja dan ajak bertemu dan nongkrong di Warung Klangenan.

You Might Also Like

1 kesan dari teman

  1. Laaahhh ini sih cedak omahku, mas. Tau gini pas lebaran kemarin aku meet up sama temenku di sini aja. Oke deh, next time mudik mau ke sini.

    Angkringan di Jogja udah berkembang jadi cafe ya mas. Cuma ternyata harga di Klangenan ini masih muraaahhh. Well, dibanding angkringan di Bandung hehe

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook