Nikmatnya Teh Racikan Kedai Teh Kalasan, Yogyakarta

08.23

Racikan Teh di Kedai Teh Kalasan Untuk Dunia
Jogja kini sudah banyak kafe-kafe yang identik dengan kopinya dan kafe kopi di jogja seakan berlomba merebut hati pelanggan dengan suasana kafe dan desain serta interior kafe yang asik untuk foto-foto. Namun di daerah Kalasan dekat Candi Prambanan, ada sebuah kedai yang menghadirkan Teh sebagai menu utama mereka. Teh-teh yang ditawarkan tidak sembarangan teh. Mereka menawarkan berbagai jenis teh premium lokal dari berbagai daerah di Indonesia. Kedai tersebut bernama Kedai Teh Kalasan.
Sesuai namanya, Kedai Teh Kalasan terletak di Kalasan tepatnya di Dusun Ringin Sari, Kelurahan Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika dilihat dari gmaps, letaknya memang tidak jauh dari Candi Prambanan sehingga cocok sekali buat melepas dahaga setelah kepanasan di Prambanan selain membeli Es Dawet Pandawa yang Legendaris. Apalagi di Kedai Kalasan menawarkan suasana teduh karena banyak hijau tanaman markisa dan angin sepoi-sepoi dari arah persawahan.

Rute Menuju Kedai Teh Kalasan
Cara menuju ke Kedai Teh Kalasan cukup mudah. Dari pusat kota Jogja, kita ambil arah menuju Candi Prambanan melewati Bandara Adisucipto Jogja lalu setelah bertemu jalan rindang yang ada pohon mahoni di tengah dan pinggir. Pada jalan tersebut akan ada Perempatan Bangjo/ Lampu Lalu Lintas. Ambil Kiri lalu ikuti jalan tersebut hingga mentok di pertigaan jalan besar, ambil kiri. Dari sana tinggal ikuti jalan hingga pertigaan pertama akan ada petunjuk jalan menuju Kedai Teh Kalasan. Kalian bisa mengikuti petunjuk di Gmaps karena penandaan lokasinya juga valid.

Penampakan area hijau di Kedai Teh Kalasan
Interior Kedai Teh Kalasan
Kedai Teh Kalasan bangunannya berbentuk Joglo dengan sekeliling Joglo ditanami tanaman merambat jenis Markisa berbuah besar. Adanya markisa ini membuat kesan adem dan membuat nyaman sekitar.  Di dalam Joglonya juga nyaman, dengan meja dan kursi yang dipilih cocok dengan Joglonya. Ada meja kursi tinggi ada meja kursi rendah yang ada di rumah adat jawa jaman dulu. Saya suka dari kedai ini, disediakan buku-buku baik tentang Teh maupun buku pengetahuan, majalah bahkan buku anak-anak.

menu kedai teh kalasan
Kedai Teh Kalasan ternyata menawarkan varian teh yang unik dan bahkan nama tehnya terlihat asing semua. Beda dengan teh yang ditawarkan di Doro Dongker yang sempat saya kunjungi saat ke Karanganyar.  Varian teh yang disuguhkan bermacam-macam dan Kedai Teh Kalasan membagi ke empat bagian Teh yaitu Indonesian Tea, Chinese Tea, Blended Tea dan Fancy Tea. Indonesia Tea menarik perhatian saya, terutama Redolent Tea yang berupa Tea Hijau dari Sukabumi, Sumatera Tea dengan Jenis White Tea dan Black Tea dari Jawa Barat. Ada Teh Cina yang menarik perhatian yaitu  teh yang sudah difermentasi selama 9 tahun, Raw Pu’erh DaXueShan. Namun sayangnya saat berkunjung ke Kedai Teh Kalasan, teh tersebut sedang habis stoknya. Walau terlihat mewah, namun harga tehnya cukup mengejutkan karena menurut saya cukup murah. Harga teh di kedai Teh Kalasan mulai 12.000 sampai 20.000 dan 1 menu disajikan dalam sebuah poci ukuran kecil yang bisa dinikmati oleh 2 orang.
Tempe Mendoan jadi makanan cocok untuk teman minum teh
Setelah memilih beberapa Teh, juga memesan beberapa snack yang cocok untuk teman minum teh. Saya rasa Mendoan dan Pisang Goreng Panas cocok sekali sebagai teman ngeteh. Buat kalian yang ingin minum selain teh juga jangan khawatir, ada beberapa varian kopi, Ice Cream, Milkshake, Mocktail dan Smooties. Kedai Teh Kalasan Juga menyediakan makanan berat seperti nasi ayam, nasi goreng, capcay dan tofu seafood.

Kami memilih duduk di kursi dan bangku lawas yang kami rasa bakal nyaman lama-lama duduk disana. Mengambil beberapa buku yang sudah disediakan dan tentu saja saya mengambil buku tema teh sembari nunggu teh yang dihidangkan jadi. Di dekat tumpukan buku dekat meja bar terdapat kumpulan toples berisi sampel teh-teh yang ditawarkan oleh kedai Teh Kalasan. Kami ditawari untuk menghirup aroma teh yang ada disana.

halaman belakang kedai teh kalasan berupa lahan untuk tempat pertemuan dan acara wedding di Jogja
Sudah setengah jam di Kedai Teh Kalasan dan saya penasaran dengan area belakang kedai Teh ini. Disana terdapat halaman luas dengan bangunan yang berada di setiap sisi halaman tersebut. Ternyata tempat tersebut bisa disewakan untuk acara-acara dan bangunan yang ada juga bisa digunakan untuk paket meeting. Saya membayangkan jika mengadakan acara minum teh bareng dengan teh berkualitas racikan kedai teh kalasan di halaman yang luas ini sehabis magrib. Pasti syahdu. Riuh suara katak dan Jangkrik yang bersahut-sahutan dari arah sawah. Apalagi sekitar Kedai Teh Kalasan adalah lingkungan pedesaan yang tidak terlalu ramai bikin akcara lebih khidmat.
Botol Sample Aroma Teh yang ada di Kedai Teh Kalasan
Teh Dingin Fruhlingzauber
Cuaca Jogja hari itu makin panas, teh yang kami pesan pun sudah hampir habis. Saya tergoda untuk memesan teh lagi namun jenis teh dingin. Biar ga lama memilih teh, saya tanya sajalah ke peraciknya, teh yang cocok untuk diminum dingin. “coba teh Fruhlingzauber aja mas” kata peraciknya sambil menyodorkan toples kecil untuk dihirup aromanya. Katanya teh dengan rasa campuran buah, melon dan peachnya agak kuat cocok diminum dingin.

Hidangan Teh dingin kembali datang, membuat kami makin lama duduk menikmati suasana Kedai Teh Kalasan. Jika kalian pergi ke Jogja dan berada di sekitar candi prambanan, ratu boko san sekitarnya, coba deh mampir ke Kedai Teh Kalasan ini dan nikmati citarasa Teh yang berbeda dari bisanya.

You Might Also Like

3 kesan dari teman

  1. Kelihatan adeem ya tempatnya? Sekilas suasananya mirip sama Ndoro Donker Karanganyar.

    Aku kemarin pengen ke Amettati Cafe kalau pas ke daerah Prambanan, sayangnya gak sempet blas ke daerah sana. Udah nyobain belum? Kayaknya asique tempatnya

    BalasHapus
  2. Ini seru bangettttt.

    Aku pikir kalo cafe jualan teh premium harganya bakalan premium juga. Ini kok murah banget yaaa. Teh-nya teh lokal lagi.

    Kalo ke Jogja mau ke sana ah.

    BalasHapus
  3. ke situ habis dari kondangan dan hujan derasssss. jadi pas banget menghangatkan diri dengan teh panas dan mendoank. wkwkwkwk

    btw beberapa teh bisa direfill gratis di sini

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook