Sepeda Ontel JogjaBike Gratis Untuk Jalan-Jalan Seru Keliling Malioboro dan Sekitarnya

18.00


Halte Sepeda Jogja Bike
Pernah membayangkan menggunakan sepeda onthel keliling Malioboro, Kraton, Alun-alun dan sekitarnya?  Pasti seru. Tapi dimana bisa sewa atau pinjam sepeda ontel?

Dulu tahun 2007 di Gang Dagen ada yang menyewakan sepeda Ontel, namun hilang seiring berjalannya waktu. Saat ini ada tempat peminjaman sepeda ontel yang berbasis aplikasi yang bernama Jogja Bike dengan aplikasinya bernama InaBike. Jogja Bike ini Lauching pertama kali setahu saya pada bulan September 2018 lalu dengan jumlah awal sepeda yang tidak terlalu banyak. Kini terminal/halte sepeda dan jumlah sepedanya sudah banyak, mulai dari Selatan Tugu Jogja, Sepanjang Jalan Mangkubumi, Jalan Malioboro hingga KM Nol Jogja. Di wilayah pedestrian Kotabaru sudah ada.

Tampilan Aplikasi Sewa Sepeda di Jogja, InaBike
Cara Meminjam Sepeda Jogjabike
Pinjam sepedanya gampang kok. Kalian tinggal Install Aplikasi InaBike, lalu Daftar. Setelah daftar dan Log In kalian tinggal menuju Halte Sepeda Jogja Bike yang terdekat sesuai yang tertera pada aplikasi yaitu di sepanjang Jalan Mangkubumi (selatan tugu), Jalan Malioboro hingga KM Nol. Setelah sampai di Halte Sepeda Jogja Bike, kalian tinggal klik Sewa Sepeda dan scan Barcode yang ada di sepedanya, lalu sepedanya tinggal kita bawa ke tempat yang ingin kita Tuju. Disetiap Halte Sepeda sudah ada petugas rmah yang siap membantu.

Petugas Jogjabike Sigap membantu wisatawan yang ingin meminjam sepeda
Halte Jogjabike buka mulai dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam dan bisa meminjam sepeda selama 5 jam. Setelah 5 Jam akan ada operator yang menelpon posisi sepeda dan jika meminjam sudah lebih dari jam 9 malam akan di telepon oleh operator Jogja Bike. Menurut info dari petugas Halte Sepeda Jogja Bike, peminjaman atau sewa sepeda Jogja Bike tidak selamanya Gratis, nanti akan ditarik biaya dengan sistem pembayaran cashless atau uang digital yang disimpan didalam aplikasi.

Start dari Halte Tugu Jogja
Sepeda di Sekitaran Malioboro, Enaknya kemana aja?
Mumpung masih gratis dan sedang di Jogja, saya meluangkan waktu meminjam sepeda ini.  Start dari persewaan Tugu Jogja. Bisa foto-foto naik sepeda dengan Background Tugu Yogyakarta. Lanjut berjalan ke selatan melewati perlintasan Rel Kereta Api. Melewati Rel kereta api kita harus mendorong sepeda, dan setelah menyebrang jalan raya bisa berfoto di tulisan Jalan Malioboro dan bisa istirahat di kursi-kursi kawasan pendestrian Malioboro. Ada spot foto menarik di Sisi Selatan Kantor Gubernur DIY yaitu di Taman Kepatihan Danurejan tepatnya di Jalan Suryatmajan. Di Dekat taman ada bangunan tua yang direnovasi sehingga tampak bagusdengan warna dominan abu-abu. Dari sekitar taman Danurejan bisa jalan ke selatan menyelusuri gang kecil dan masuk ke area Kampung Ketandan. Kampung ini merupakan kawasan Pecinan yang dibeberapa lokasinya masih ada pintu-pintu cina yang menarik untuk dilihat dan menjadi background foto. Jika lanjut menyelusuri gang sempitnya kalian akan menembus pintu belakang pasar Beringharjo dan menuju kawasan KM Nol Jogja yang berada di depan Kantor Pos dan Bank BNI.
Di selatan Kantor Gubernur DIY
Salah satu sudut Kampung Ketandan
Di kawasan KM Nol ini sepertinya menjadi kawasan titik kumpul para pesepeda apalagi jika kalian bersepeda di hari sabtu atau minggu pagi. Para pesepeda beristirahat disini dan mengabadikan foto mereka dengan latar belakang kawasan KM Nol Jogja. Dari sini kalian bisa lanjut ke Kawasan Alun-alun Utara, Plengkung Wijilan, Alun-alun Selatan, Taman Sari dan Kraton. Boleh saja bersepeda jauh namun perlu diingat jika kalian meminjam sepeda di Halte Tugu Yogyakarta, harus di kembalikan di Halte tersebut hahaha. Jadi simpan tenaga baik-baik dan mengayuh sepedanya jangan terlalu jauh jika malas mengembalikan.
Rehat dulu di KM Nol Jogja
Kesan bersepeda menyelusuri kawasan Tugu Jogja hingga KM Nol menggunakan Jogja Bike menyenangkan, sepedanya tersedia banyak sehingga tidak khawatir kehabisan sepeda, petugasnya pun selalu menyambut wisatawan yang ingin meminjam dengan ramah. Jika boleh memberi masukan baiknya beberapa sepeda perlu perawatan terutama Rem. Karena dua kali meminjam sepeda, dapat sepeda dengan Rem yang tidak pakem. Walau memang tidak dipakai untuk bersepeda ngebut-ngebut, rem yang pakem dalam bersepeda itu diperlukan. Mungkin nanti bisa ditambahkan semacam kanopi pada halte sepedanya agar sepeda yang terparkir pasti terjemur sinar matahari atau kehujanan di Halte Sepeda Jogja Bike tidak mudah rusak karena faktor cuaca.

Jika ke Jogja, coba deh Luangkan waktu Menyelusuri Kawasan Malioboro Jogja dan Sekitarnya dengan menggunakan Sepeda Ontel Jogja Bike. Mumpung masih Gratisan juga ahahaha.

Yuk Sepedaan di Jogja


You Might Also Like

2 kesan dari teman

  1. wah serunya ada persewaan sepeda ontel dan lebih seru lagi masih gratis.. asik buat foto2 di depan gedung2 lama,, vintage..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  2. waahhh ini yang kucari. Dari dulu mbayangke ngonthel di area malioboro sepertinya bakalan asyik. Ini kalau bayar langsng bisa mas? Maksudnya pakai uang digital itu isi saldo macam gopay gitu?

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook