Kolam Atas Penawar, Banyuwangi - Kolam Dengan Panorama Selat Bali Dari Ketinggian

08.15

Kolam Atas Penawar, Menawarkan Panorama Selat Bali

Di sisi timur Banyuwangi, tepatnya di daerah Ketapang melintang perbukitan hingga ke daerah Watudodol. Tepatnya di bukit daerah Jalan Lingkar Ketapang terdapat perkampungan kecil yang bernama Penawar. Di atas bukit sana terdapat sebuah kolam kecil dengan pemandangan Perairan Selat Bali dari ketinggian.  Wisatawan lokal mengenal dengan nama Kolam Penawar Atas.

Sabtu pagi, saya mengendarai motor menuju kolam tersebut. Putri, seorang teman yang dulunya KKN di daerah Ketapang memberi ancer-ancer. lewat jalan lingkar Ketapang, terus cari jalan kea rah bukit. Dengan bermodal sebuah foto miliknya saya berangkat. Foto tersebut itu modal untuk menggunakan GPS manual atau Gunakan Warga Setempat alias tanya-tanya warga.

gang di jalan lingkar yang menuju kolam atas penawar
Rute Ke Kolam Penawar Atas dari Kota Banyuwangi.
Berangkat dari Kota Banyuwangi mengambil arah ke pelabuhan Ketapang, Pertigaan Pom Bensin Sebelum Pelabuhan Ketapang, ambil kiri dan memasuki Jalan Lingkar Ketapang. Ikuti jalan tersebut melewati rel kereta api, jalan menikung sampai bertemu gang kecil dengan kebun kelapa dan deretan perumahan. Masuki gang tersebut hingga menemukan petunjuk jalan “sumber penawar”. Ikuti petunjuk tersebut hingga memasuki sebuah tanah yang tumbuh rumput gajah dan pohon sengon. Pertigaan pertama di ambil kiri. Dari sini jika ada warga setempat kalian harus tanya jalan menuju Kolam Atas Penawar atau kolam atas bukit atau lebih jelasnya tunjukan saja fotonya. Saat naik bukit jalan lebih membingungkan, belum tentu ada warga yang terlihat ahahaha.

Rumah warga yang ada Kolamnya tersebut
Kolam berada di Depan Rumah
Akhirnya setelah muter-muter kebingungan di atas bukit, sampai juga di Kolam Atas Penawar. Kolam Atas Penawar ternyata ada di halaman sebuah rumah warga yang tinggal diatas bukit tersebut. Untuk bisa masuk ke Kolam Renang tersebut, kita harus membayar Rp. 2000 sebagai uang tiket masuk.  Cukup murah, apalagi pemandangannya mewah begini. Terdapat 3 buah kolam yang dalamnya bervariasi yaitu kedalaman sekitar 1,5-2 meter, 1 meter dan 50 cm yang diperuntukan untuk anak kecil. Bervariasinya kedalaman kolam tersebut, membuat kita bisa mengajak sekeluarga untuk berenang disana mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Rasanya menyenangkan berenang bersama keluarga dari pada berenang sendiri :D.
Mengajari anak berenang
Berenang bersama keluarga


Pemandangan Perairan Selat Bali dan Kebunnya pemilik Kolam Atas Penawar
Kolam tersebut ternyata awalnya bukan sebuah kolam, melainkan sebuah tendon air besar (kalau saya menyebutnya embung) yang digunakan untuk menampung air, airnya digunakan untuk menyirami tanaman di ladang milik kolam penawar atas yang berada tepat dibawahnya. Namun sekitar 1,5 tahun lalu, pemilik memutuskan untuk memasang keramik pada tendon air tersebut, dan jadilah kolam renang. Lama- kelamaan kolam tersebut mengundang wisatawan lokal untuk datang dan akhirnya menjadi destinasi wisata yang sering dikunjungi warga sekita untuk berenang menyegarkan badan yang kegerahan di tengah panasnya cuaca di Pesisir Banyuwangi. Pemilik juga membaca kesempatan dengan menarik biaya masuk awalnya Rp.1000 lalu kini menjadi Rp.2000. mereka juga menjual makanan dan minuman untuk kita nikmati sehabis atau saat berenang disana.

sumber air yang berada dibawah pohon beringin besar
Airnya segar selain karena tidak menggunakan kaporit, airnya berasal dari sebuah sumur yang mengalir sepanjang tahun. Sumur tersebut berada disebelah pohon beringin besar. memang ada omongan orang tua dahulu bahwa di dekat hutan bambu dan pohon beringin biasanya ada sumber air.

Meningkatnya jumlah kunjungan orang-orang yang berenang disana, pemilik memutuskan untuk membuat kolam renang baru, dan sekarang masih dalam progress pengerjaan. Saya harap dengan ramainya kunjungan ke Kolam Atas Penawar ini, pengunjung bisa menjaga kebersihan lokasi tersebut sehingga selalu nyaman untuk dikunjungi.


You Might Also Like

10 kesan dari teman

  1. Mantap, benar benar info yg bermanfaat Mas Alan, jadi gk sabar ingin ke Kolam Renang Air Penawar 😁

    BalasHapus
  2. Kolamnya enak , Karena saya adalah penduduk ketapang Saya sering kesana berkali-kali . Kala ingin berenang Saya langsung Naik ke atas untuk berenang Dan tiketnya hanya 2000 saja per orang yuk dicoba teman-teman Dan ramaikan ya 🙏🙏

    BalasHapus
  3. Cuma 2000? Gusti kok murah banget itu.
    Buat latihan renang anak-anak cocok ini mas.

    BalasHapus
  4. Ini sih pemandangannya mewah banget mas. Tapi apa nggak terlalu murah itu mas Rp 2000 ???

    BalasHapus
  5. wah jarang banget ya ada pemandian dengan pemandangan yg sebegitunya, ada di rmh warga. Semoga bs langgeng terus ya destinasinya ini

    BalasHapus
  6. Kolamnya biasa, pemandangannya luar biasa..murah banget ya masuknya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba.. cuma Rp.2000. parkir motor belum ditarik biaya :D

      Hapus
  7. Pemandangannya luar biasa yaa, cakep banget..kolamnya biasa view luar biasa

    BalasHapus
  8. Kolam renang favoritku banget bang hahaha

    BalasHapus
  9. aku aja orang banyuwangi nggak tau. thanks infonya

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook