Rekomendasi Tempat Makan Menyenangkan Bersama Keluarga Di Sekitar Banyuwangi Kota

15.33




Belakangan ini mulai tumbuh Tempat Makan, Tempat Kuliner seru dan menyenangkan di Banyuwangi. Banyak pengusaha yang berlomba-lomba membangun kedai kopi, restoran, kafe, warung makan bernuansa alam dan lain-lainnya. Kali ini saya akan membuat list tempat kuliner seru Banyuwangi untuk dinikmati bersama keluarga.

1. Osing Deles Resto.

Tempat ini berada di pusat kota tepatnya di Jalan Agus Salim 12A. Osing Deles Resto berada satu bangunan dengan Pusat oleh-oleh Banyuwangi yang berada di lantai 1. Makanan minuman disini beragam ada makanan tradisional khas banyuwangi, dan khas osing juga ada makanan ala barat seperti pizza dan sebagainya. Tempatnya pun cukup luas dari lantai 2, 3 dan 4 dengan desain interior yang menurut saya campuran antara tradisional dan modern sangat asik buat foto-foto. Di lantai 4 kalian bisa melihat pemandangan kota Banyuwangi dari Ketinggian.
Lokasi di Google Map:

2. Srengege Wetan.

Terletak di jalan utama searah menuju Mesjid Baiturahman dan Taman Sri Tanjung atau lebih tepatnya Jalan P.B. Soedirman No. 175, Kelurahan Singonegaran, Banyuwangi. Interior resto ini bernuansa etnis dengan lampu2 tempel dan jendela yang modern. Menu yang disajikan juga ada menu Tradisional Banyuwangi dan Khas Osing seperti Nasi Tempong, Rujak Soto, Pecel Pitik dan lain-lainnya. Di tempat ini juga terdapat menu lain andalan seperti Nasi Ayam Plecing Sambal Ijo yang menurut saya ini enak banget, juga ada nasi bakar ikan Pedho. Minuman pun beragam dari tradisional ke modern. Harga makanan minuman kisaran Rp. 10.000-30.000.
Lokasi di Google Map:

3. Warung Kemarang

Merupakan warung baru yang letaknya di Jalan Perkebunan Kalibendo, KM. 5, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi atau lebih tepatnya berada dikiri jalan setelah kita melewati desa Wisata Kemiren. Warung Kemarang ini menjajakan makanan khas Suku Osing. Bangunannya berupa bangunan joglo terbesar di Banyuwangi dan bersuasana area persawahan. Terdapat juga saung kecil di pinggir sawah untuk yang ingin lebih terasa makan dengan suasana persawahan.
Lokasi Warung Kemarang:

4. Kedung Lumpang

Letaknya berada di pinggir jalan menuju ke Ijen, berada di pinggir jalan agak curam dan pinggir sungai. Tempatnya sangat sejuk, suara sungai terdengar enak, dan pemandangan sejauh mata memandang adalah hutan masyarakat yang berada di tepian sungai. Makanan yang disajikan adalah makanan khas Banyuwangi dan yang menurut saya istimewa adalah makanan Ayam Pedasnya. Untuk Snack porsinya cukup besar untuk dihabiskan berdua.
Lokasi Kedung Lumpang:

5. Angkringan Piyu

Hampir sama dengan Kedung Lumpang, Angkringan Piyu ini berada di pinggir jalan dan pinggir sungai. Konsepnya hampir sama namun bedanya tidak ada saung yang mendekati kesungai, semuanya ada di atas. Tempatnya cukup teduh karena banyak pepohonan yang tumbuh cukup tinggi. Makanan yang disajikan lebih beragam dari Kuliner Khas Banyuwangi dan jajanan pasar ala-ala desa seperti kue Kucur, singkong keju dan lain-lainnya.
Lokasi Angkringan Piyu

6. Kolam Kita Resto

Resto ini letaknya berada di jalan utama menuju Ijen, Tepatnya di sebelah selatan dari Patung Barong. Resto memiliki gazebo untuk tempat makan yang berada mengapung di atas kolam ikan. Menu makanannya seputar beberapa jenis ikan yang bisa dibakar-digoreng dan sebagainya yang asik disantap bersama keluarga di pinggir kolam ikan.
Lokasi Kolam Kita Resto:

7.  Autenthic Osing

Letaknya berdekatan dengan Kolam Kita, berada di jalan utama menuju Ijen atau lebih tepatnya di sebelah timur Patung Barong. Suasananya cukup nyaman dengan pemandangan persawahan. Sesuai namanya tempat makan ini menyajikan makanan khas suku Osing dan Banyuwangi juga menyajikan menu lain seperti Smooties, Nasi Bakar Gula Jawa dan Nasi Bakar Hijau yang merupakan favoritm saya :D.
Lokasi Autenthic Osing:

8. Ijen Isun Village

Terletak di jalan utama menuju Ijen tepatnya setelah melewati pertigaan Patung Barong. Tempat ini bersuasana Joglo dengan taman dan pinggir persawahan yang cukup mengundang hawa sejuk yang bisa dirasakan. Menu makanan utamanya adalah masakan khas banyuwangi dan suku osing namun juga ada menu lain seperti nasi goreng dan beberapa snack.
Lokasi di Ijen Isun:

9. La Costa

La Costa terbilang kafe baru yang letaknya berada di Jl. Kapten Piere Tendean No.89, Karangrejo atau lebih tepatnya berada di lantai atas Hotel Slamet. La Costa menawarkan suasana cozy dan bisa menikmati pemandangan kota Banyuwangi dari lantai 4. Menu makanannya beragam ala-ala barat dan juga menjajakan ice cream gelato.
Lokasi La Costa:

10. Waroeng Cafe

Warung Cafe ini terleyak di Jalan Kepiting tepatnya di pertigaan menuju belakang Ramayana. Menu yang ditawarkan cukup banyak dan menurut saya menu masakan Nasi Gorengnya terbilang enak dan beragam. Walau berkonsep kafe, harga makanan disini relatif murah sesuai dengan semboyannya yaitu Cozy Cheap And Friendly.
Lokasi di Google Map:

11. Bebek Gembeng Sekidang

Tempat makan ini berada setelah melewati Kantor Kecamatan Licin tepatnya di Desa Krajan, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Tempat makannya berkonsep alam dengan halaman luas, ada wahana permainan ayunan untuk anak-anak dan bersebelahan dengan hutan masyarakat yang membuat tempat ini terasa sejuk. Makanan andalannya adalah Bebek Gembeng, bebek yang dibakar terlebih dahulu lalu dimasak bersama kuah yang cukup pedas.
Lokasi Bebek Sekidang:

12. Palm Sugar

Kafe Palm Sugar ini terletak di Desa Bakungan lebih tepatnya di jalan menuju Stasiun Karangasem atau berdekatan dengan SMK Negeri 1 Glagah. Suasana tempatnya seperti di rumah sendiri, tersedia koleksi buku yang bisa dipinjam untuk dibaca dan galeri seni yang bisa dilihat dan dinikmati. Makanannya beragam mulai dari makanan Eropa seperti sejenis Pizza, Spageti, smooties dan lain-lainnya juga ada makanan khas nusantara dan masakan andalan keluarga pemilik kafe palm sugar seperti Ayam Ingkung Mbok Hot. Plating makanan disini menawan, jadi selain nikmat menyantap makanannya juga terhibur dengan gaya letak makanannya diatas piring.
Lokasi Palm Sugar:

Sebenarnya masih banyak lagi tempat makan menyenangkan di sekitar Banyuwangi Kota, hanya saja belum masuk di list ini karena saya belum mencobanya hehe. Selamat Mencoba

You Might Also Like

9 kesan dari teman

  1. murah murah ternyata.. :)
    dan ternyata banyak tempat makan yang instagramabel di banyuwangi.. :)

    BalasHapus
  2. Mau dong diajakin kulineran :D

    BalasHapus
  3. Mas, besok terus didata ya kedai kopi di sekitaran Banyuwangi hahahhhha

    BalasHapus
  4. Aiiiihh... Banyak juga ya pilihannya. Duh kapan bisa ke Banyuwangi. Nomer 3,4,5 menarik perhatian aku, mungkin karena kesukaanku makan sambil leyeh2 liat pemandangan yang seger2. Cafe bolehlah untuk ngobrol2 sama temen

    BalasHapus
  5. Belum Ada satupun yg pernah kudatangi. Hahaa. Penasaran sama angkringan Piyu deh. Keren Dan alami

    BalasHapus
  6. Mhm semoga ada yang kesampaian dicoba pas nanti ke Banyuwangi.

    BalasHapus
  7. Minta tolong difotoin menu ( makanan)?

    BalasHapus
  8. Nama resto dan menu bebek gembeng Sekudang unik banget terdengarnya.
    Konsepnya outdoor juga nyaman buat ngumpul makan-makan ya

    BalasHapus
  9. Sip infonya sangat berguna buat ajakin teman untuk mencobanya

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook