Serunya Bermain Air Di Sumber Air Seladaan, Kampunganyar, Banyuwangi

18.39



Mandi pagi di hari libur itu malas sekali, gerakannya itu-itu aja. Biar tidak bosan, beberapa kali saya pergi mencari tempat mandi pagi yang asik, tentunya dengan nuansa alam. Untunglah Kabupaten Banyuwangi punya potensi-potensi tempat mandi pagi asik yang menyegarkan.  Air Terjun Kembar Jagir yang berada di Desa Kampunganyar menjadi andalan saya jika ingin mandi pagi menyegarkan bernuansa alam. Minggu lalu saya pindah lokasi mandi setelah dapat info dari teman ada kolam alami di pinggir sawah desa Kampunganyar yang airnya sejuk dan jernih bernama Pemandian Seladaan.

Pemandian Seladaan kadang sering disebut juga pemandian Rejopuro karena letaknya di dusun Rejopuro, Desa Kampunganyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Disebut Seladaan karena letaknya berada di sekitar ladang selada air milik masyarakat sekitar. Dahulunya Pemandian Seladaan ini juga tumbuh selada air.
gapura menuju dusun Rejopuro dan pemandian seladaan
Rute ke Pemandian Alami Seladaan dari Kota Banyuwangi
Lama perjalanan ke Pemandian Alami Selandaan ini cukup singkat hanya menempuh 15-20 menit dari Kota Banyuwangi. Untuk menuju ke sana searah dengan Air Terjun Jagir, dari simpang lima Kota Banyuwangi, ambil arah ke barat menuju jalan……, melewati rel kereta api – pertigaan patung barong – desa Kemiren -  pemandian taman suruh lalu di kanan jalan akan ada Gapura dikiri jalan, ambil jalan ke kiri memasuki gapura hingga bertemu pertigaan pemukiman ambil kanan hingga bertemu tempat parkir. Dari tempat parkir kita tinggal jalan kaki selama 3-5 menit.

terlihat anak2 setempat sedang bermain
Dari Parkiran saya, melewati jalan setapak, dari kejauhan sudah terdengar suara canda-canda anak kecil yang sedang bermain air. Mereka berenang-renang menggunakan ban di tengah pemandian. Sesampai di Pinggir Pemandiaan Alami Seladaan, ternyata sekitar pemandian ini ditumbuhi pohon kelapa. Kedalaman air pemandian Seladaan ini paling dalam hanya 1 meter dan di tengah-tengah terdapat batu besar yang kadang digunakan anak-anak untuk berloncat-loncatan.
pemandian alami seladaan

berdiri diatas ban
tubing
Hal yang menarik di Pemandian Alami Seladaan ini adalah adanya saluran irigasi atau sungai kecil yang bisa dijadikan ativitas tubing menggunakan ban. Itulah kenapa anak-anak desa setempat membawa ban ke pemandiaan alami ini. alirannya tidak terlalu deras dan tidak dalam sehingga aman untuk anak-anak. Saya mengarahkan kamera ke salah satu dari mereka, dan anak tersebut malah bernyanyi “ si Bolang, Bocah Petualang”. Dan yang kain berpose-pose dengan menunjukan simbol jari Peace dan Metal :D.

Airnya sejuk, saya pun akhirnya memutuskan untuk ikut bermain air bersama mereka. Saya dipinjamkan ban dalam ukuran untuk mobil truk. Seru juga tubing di sungai tersebut, hanya saja karena airnya tidak terlalu dalam dan berat badan cukup berat, laju ban tidak terlalu kecang dan kadang bokong, dan punggung tergores batuan di dasar sungai kecil. Mereka mengulanginya hingga bosan.

seluncuran kereta
“Dek, seluncurannya berbaris aja kayak kereta”

Mereka dengan sigap mengatur barisan sebelum ikut melucur bersama arus sungai kecil. Mereka saling mengaitkan kaki pada ban di belakangnya agar tetap menyambung seperti halnya kereta.  Dan setelah selesai mereka mengulanginya lagi sampai bosan dan akhirnya pindah ke kolam alami lagi.

Bermain dengan tumpukan ban
Di Kolam Alami juga tidak kalah seru, mereka bermain tumpuk-tumpukan ban. Kadang berdiri diatas ban, dan beberapa kali minta di foto. Disini mereka bermain agak bebas karena kedalaman air paling dalam 1 meter membuat mereka enak bermain,belum lagi permukaan dasar kolamnya berupa pasir tidak sakit untuk kaki atau untuk sekedar loncat-loncatan.

Pemandian Alami Seladaan ini sangat terjaga kejernihannya, pada musim hujan, airnya tidak keruh karena sumber airnya berasal dari bawah tanah  dan alam sekitarnya cukup terjaga. Karena airnya cukup bersih dan jernih, selada air pun dapat tumbuh dengan baik di sekitar sini. Semoga Pemandian Alami Seladaan dan sumber airnya ini tetap terjaga. Dan bisa menjadi tempatpilihan mandi seru untuk anak-anak desa sekitar dan orang-orang malas mandi seperti saya :D

Tertarik mandi bareng disini, Ehhh

Nonton Video Serunya Bermain di Pemandian Seladaan Juga ya :)


You Might Also Like

7 kesan dari teman

  1. Ciblon e seru mas hahahaha. Di Jogja ada loh desa wisata yang banyak menyediakan wisata tubing, seru pokoke kalau main

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha ini bukan wisata tubing sih, soalnya anak2 setempat aja yg bawa ban dr desa masing2 :D

      Hapus
  2. Segerrnya... kolam-kolam tanpa kaporit di tengah sawah :)
    oh ya, pas Mas Alan tubing pakai ban truk tetep bisa jalan yaaa meski tersendat-sendat keberatan :DD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha pertamanya iya, pas tau sela yg sisi sungai yg dalam, jadi lancar :D

      Hapus
  3. (((gerakannya itu-itu aja))) hahaha. aku kok jadi anehaneh ya mikirnya xD

    mandi di situ enaknya pas panas-panas ya. kalau bandung belakangan ini cuacanya ujan terus, pengennya mandi air panas.

    BalasHapus
  4. Kalau saya jadi mas alan, mungkin kamar mandi rumah bakalan kangen sama saya. Ahahah

    BalasHapus
  5. Wah....asyik banget tuh. Kok cuman anak2 yang main airnya mas?

    O ya mas, masih ingat saya? Dulu kita ketemuan di Angkringan KR.

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook