Pengalaman Pertama Motoran Dari Pulau Jawa Ke Denpasar, Bali

09.00

sebentar lagi bersandar di pelabuhan gilimanuk

Motoran ke Denpasar, Bali itu semacam keinginan sejak kuliah di Jogja dulu, namun semenjak kuliah belum terealiasi hingga akhirnya pindah domisili ke Banyuwangi dan saatnya untuk mewujudkannya.

Banyak Pilihan transportasi menuju Denpasar, Bali dari Banyuwangi.  Ada banyak travel berangkat malam atau pagi, ada bis yang siaga di terminal gilimanuk menuju Denpasar juga ada Bis antar Provinsi yang menuju Bali dan Lombok  bahkan yang terbaru ada Kapal Cepat Marina Srikandi yang bisa dinaiki dari Pantai Boom Marina ke Denpasar dengan waktu 2 jam saja. Namun, saya ingin mencoba naik motor menuju Bali.
harga tiket motor
pemandangan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi
Titik pertama yang dilalui adalah penyebrangan pelabuhan Ketapang Banyuwangi-Gilimanuk. Untuk tarif motor dan penumpang dikenakan biaya sebesar Rp.24.000,- (Harga per 23 Maret 2018). Saya jalan pagi hari dan berharap cuaca cerah sehingga saat menyebrang bisa melihat pemandangan pagi yang indah di atas kapal di Selat Bali dan Pemandangan Gunung  Merapi Ungup-Ungup- Meranti  serta Raung dengan Jelas. Perjalanan menyebrang sekitar 1 jam. Untuk keluar dari Pelabuhan Ketapang jangan lupa persiapkan KTP dan STNK Kendaraan karena nanti akan diperiksa oleh petugas kepolisian.

jalanan pas macet
kalau lagi sepi-sepinya
Setelah keluar dari Pelabuhan, perjalanan panjang Gilimanuk – Denpasar dimulai. Perjalanan menurut Peta Google akan menempuh jarak sejauh 127 km atau 3 jam 33 menit, namun menurut pengalaman teman-teman yang sering motoran ke Bali lama tempuh sekitar 4 jam bahkan bisa sampai 5 jam tergantung lama istirahat atau ada kemacetan sepanjang perjalanan. Dalam hati deg-degan juga, apalagi pas browsing cerita pengalaman motor ke Bali di page onenya ada berita mengenaskan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu Jalan Rute Gilimanuk-Denpasar merupakan jalan nasional dan dilalui oleh Bis, Truk dan mobil pribadi, kita dituntut harus hati-hati di perjalanan, apalagi jika diklakson oleh truk dan bis, motor segera menepi dan mempersilahkan mereka menyalip. Namun menurut saya yang lebih bikin was-was jika ada bis dan truk yang menyalip dari arah berlawanan hingga mau tidak mau saya harus meminggirkan kendaraan bahkan sampai keluar aspal. Kalian harus hati-hati dengan jalan rusak dan berlubang di sekitar Gilimanuk-Jembrana.

istirahat di Pantai Yeh Leh
Jalan Nasional Gilimanuk-Denpasar itu letaknya di sisi barat Pulau Bali dan tidak jauh dari Pantai sisi baratnya Bali. Beberapa tempat kita bisa memandangi Laut dari Jejauhan atau dekat. Banyak juga plang petunjuk jalan yang memandu kita untuk belok kanan untuk mampir ke Pantai. Dari Pantai Tembles, Pantai Rambut Siwi, Pantai Medewi, Pantai yang ada monument pendaratan  I Gusti Ngurah Rai dan Pantai Yeh Leh yang letaknya persis di Pinggir Jalan dan ada Patung khas Tradisi Adat Jembrana, Makepung. Saya pun memilih untuk istirahat di Pantai ini beberapa saat, menyantap roti yang sempat di beli dan ngobrol-ngobrol dengan sesama pemotor yang sedang beristirahat. Jika tidak bawa makanan tidak usah khawatir karena di pesisir pantai ini ada warung yang menjajakan makanan, nasi padang, dan ikan bakar. Makan disini tidak usah khawatir karena terjamin halal, apalagi warung ikan bakarnya saja sampai memakai kata Muslim di papan namanya, lagian kita sudah selalu diajakrkan untuk selalu berpikiran positif sejak dini, positif thingking aja dulu, atau mau kelaparan di jalan :D.

Dari Pantai Yeh Leh ini perjalanan tinggal 1,5 jam lagi menuju ke Denpasar melewati Tabanan. Jalur dari Pantai Yeh Leh ke Tabanan banyak tambalan yang tidak rata, kita wajib hati-hati apalagi jika sedang menyalip kendaraan lain dan akhirnya memasuki Denpasar dengan lama perjalanan sekitar 4 jam, lalu menuju Hotel  Berry Glee, sebuah hotel yang terletak strategis, persis di pinggir Jalan Raya Kuta.
sampai juga di Berry Glee Hotel, Bali



You Might Also Like

21 kesan dari teman

  1. Enaknya menempuh perjalanan pulau Jawa Bali dengan motor ini, banyak banget destinasi yang biasa dikunjungi. Bisa berhenti lebih mudah ketimbang kalau menempuh perjalanan dengan mobil. Foto di pelabuhan Ketapang itu cantik sekali Mas Alan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba evi, perjalanan pulang mampir di beberapa tempat searah pulang ke jawa lagi..

      Hapus
  2. Murah juga kalau sepeda ya hahahhaha. Di penyeberanganku kayaknya sepeda sekitar 30ribuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya, soalnya penyebranganmu jauh bgt kan

      Hapus
  3. oww... saya mau motoran juga neh.. sebuah catatan yang baik bang

    BalasHapus
  4. Barusan habis lihat vlognya mas Fahmi Catperku dot com, dia juga mbahas tentang motoran ke Bali, tapi dari Blitar. Kirain barengan mas. Hahaha

    BalasHapus
  5. Tanya, pegel ga sih bokongnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas pegel bgt, tp sempet istirahat di tengah perjalanan jd bisa meredakan lah :D

      Hapus
  6. Mantap banget momotoran. Terakhir ke Bali dari BWI Naik mobil mabook. Supirnya ngebut banget. Demi mengejar sunrise di Sanur..

    BalasHapus
  7. Saya sewa mobil + supir dari Gilimanuk ke Denpasar aja bisa ketiduran berkali-kali karena jauh dan kerap macet, apalagi naik motor.


    Hebat mas Alan sanggup motoran

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo ga istirahat mungkin lelah bgt itu mas :D

      Hapus
  8. Foto pantainya bikin speechless, jadi pengen naik motor ke Bali, tapi dibonceng aja, ga sanggup kalau nyetir jauh-jauh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe..dibonceng atau yang nyetir kudu kuat bokongnya :D

      Hapus
  9. Lebih seru lagi kalo dari jogja mas, saya sudah pernah tuh 2 hari perjalanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mesti seru, tp Klo dr YK l, ak ggkuat hehe.

      Hapus
  10. Mas tanya dong, pas di gilimanuk kalo bawa motor yang diperiksa apa saja? STNK diperiksa ga? Soalnya mau bawa vespa dan pajak dan plat sudah mati lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya diliat STNK sama SIM mas.

      Hapus
  11. Jadi pengen, ada yg berniat ke bali motoran kah dr Jakarta dlm waktu dekat ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau berangkat nih 085253090506

      Hapus
  12. Tangerang bali yg mau konvoi bro 085253090506

    BalasHapus
    Balasan
    1. hati-hati dijalan. semoga selamat sampai tangerang lagi :D

      Hapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook