Kamis, 19 Februari 2015

Main ke Grojogan Mudal, Kulonprogo Yuk :)

Kulonprogo, salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang belakangan ini mencuat karena spot foto Kalibirunya. Namun Kulonprogo tidak hanya punya itu, potensi  wisata alam air terjun sudah pasti ada, mengingat sebagian besar wilayah Kulonprogo merupakan Pegunungan Menoreh yang tingginya mencapai 2000 mdpl. Grojogan Mudal salah satunya J

Sumber Mata Air Mudal
Grojogan Mudal yang berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo.  Penamaan Grojogan Mudal berasal dari nama sumber mata airnya. Letak sumber mata airnya tidak jauh dari lokasi air terjun.  Sumber mata airnya berupa sungai bawah tanah yang keluar dari dinding Goa dan airnya mengalir keluar mengaliri lokasi air terjun.  Air yang keluar dari sumber nya cukup deras dan jernih, terlihat beberapa pipa dipasang untuk mengalirkan air tersebut menuju bak penampungan yang nantinya akan digunakan oleh warga setempat.

Letaknya sangat berdekatan dengan air terjun Kembang Soka, namun karakteristik air terjunnya berbeda. Grojogan Mudal memiliki beberapa terjunan yang punya terjunan dan ketinggian yang berbeda. Terdapat tumbuhan-tumbuhan semacam lumut atau tumbuhan air ysng tumbuh di dinding air terjun, sehingga air terjun juga nampak warna hijau. tanah di sekitar air terjun Mudal berwarna merah sangat kontras sehingga jika jadi objek yang menarik jika di foto. Apalagi jika di foto dengan menggunakan teknik fotografi Slowspeed :)

Saat berkunjung awal Bulan Februari, fasilitas disini sangat minim. Namun masyarakat yang mengelola air terjun tersebut sudah mulai berbenah. Mereka membuat akses jalan menuju air terjun, pembersihan semak belukar yang mengganggu, pembuatan bangku bambu tempat istirahat, bahkan saat saya berkunjung sedang membuat taman untuk memperindah pemandangan sekitar wilayah air terjun.  Akses jalan setapak dekat air terjun agak licin, apalagi sehabis hujan, jadi pengunjung diharapkan hati-hati saat menuruni/menaiki jalan setapak dekat air terjun tersebut. Perlahan tapi pasti fasilitas yang ada di air terjun ini pasti akan memadai, karena saya lihat pengelolanya sangat berniat membuka potensi wisata ini. Kita lihat saja perkembangannya ya :)

Rute ke Air Terjun Mudal

papan petunjuk ke Grojogan Mudal
Dari kota Jogja, kita bisa menuju perempatan Demak Ijo ringroad barat, dari perempatan ambil ke arah jalan Godean (arah barat) dari sini kita tidak usah berbelok jika menemukan persimpangan. Menyelusuri jalan Godean kita akan melewati pasar Godean, Sungai Progo, dan sampai di pemandangan sawah-sawah dan Pegunungan Menorehnya Kulonprogo. Mulai dari sini jalan akan menanjak dan berkelok serta mempunyai pemandangan indah. Setelah melewati jalan menanjak berkelok, kita akan menemukan pertigaan mentok, ambil kanan menuju arah Goa Kiskendo. Nanti anda akan melewati pasar Jonggrangan yang mana didekat sana ada jalan menuju air terjun Setawing dan Air Terjun Grojogan Sewu. Jika menemu persimpangan jalan ambil yang mengarah kea rah Goa Kiskendo. Setelah melewati Goa akan ada pertigaan dengan pemandangan hutan pinus, ambil kiri yang mengarah kea rah Kokap. Ikuti jalan tersebut sampai menemukan jembatan yang ada papan petunjuk jalan ke arah air terjun Mudal. Dari papan petunjuk tersebut kita tinggal mengikutinya saja.
Karena menuju kesini tidak ada angkutan umum, kita hanya bisa menempuhnya dengan kendaraan pribadi atau sewaan. Akses jalan aspal, namun jalan banyak tanjakan dan turunan (jika pulang kearah Jogja), lebih baik pastikan kendaraan yang kita bawa dalam keadaan fit ya :)

temen satu tim selo :3
Bantu bagikan artikel ini ke teman-teman kalian ya, biar masyarakat sekitar sini dapat penghasilan tambahan :)