5 Hal Yang Dipersiapkan Sebelum Mengejar Sunrise di Banyuwangi

12.38

sunrise di Pantai Boom
Banyuwangi terletak di ujung timur pulau Jawa, dimana sebelah timur pesisirnya sudah berbatasan dengan Selat Bali. Karena wilayahnya paling timur menyebabkan Banyuwangi menjadi daerah Matahari yang terbit pertama kali di pulau Jawa dan mendapat julukan yaitu Sunrise Of Java. Karena julukannya tersebut amat disayangkang jika jalan-jalan ke Banyuwangi tidak menikmati Matahari Terbit di Pesisir Pantai Banyuwangi.

Banyak pendapat dari orang-orang yang saya kenal, mereka lebih suka memilih mengejar Senja atau matahari tenggelam, karena dilakukan di penghujung hari sehingga setelah lelah beraktivitas selama seharian, menikmati senja untuk menghilangkan rasa lelah. Namun menurut saya, Matahari Terbit memiliki makna sendiri arti untuk memulai aktivitas seharian penuh yang melelahkan harus dengan mood baik. Menikmarti pagi sejenak adalah salah satu cara membentuk mood baik tersebut.  Saya rasa berlibur ke Banyuwangi dan menikmati matahari terbit bisa menumbuhkan mood-mood baik, penghilang penat karena rutinitas harian yang itu-itu saja.

Untuk menikmati matahari terbit terutama di Banyuwangi memang perlu sedikit perjuangan dan mempersiapkan beberapa  hal seperti berikut ini:

1. Tentukan Lokasi Menikmati Matahari Terbitnya.
salah satu artikel saya tentang lokasi-lokasi menikmati sunrise di Banyuwangi
Matahari terbit dari sebelah timur, dan sebelah timur Banyuwangi berbatasan dengan selat bali, sehingga kalian punya banyak pilihan tempat untuk menikmati Sunrise di pinggir pantai. Pantai di Pesisir Kota Banyuwanginya saja sudah ada sekitar  10 pantai dengan karakter pantai yang berbeda-beda. Jika ingin menikmati bersama keluarga saya rasa pantai yang cocok adalah pantai Boom dan Pantai Cacalan, Sedangkan untuk melihat aktivitas pagi para nelayan bisa berkunjung ke pntai Pulau Santen atau Pantai Dermaga Cinta.

Karena banyaknya pilihan pantai untuk menikmati Sunrise, tidak ada salahnya sebelum berangkat ke banyuwangi telah survey via Internet pantai mana yang akan dikunjungi dan dipilih untuk menikmati Sunrise di Banyuwangi

2. Akomodasi                                                                                                                             
Kendaraan dan Penginapan juga menjadi penting.  Tidak semua pantai yang ada di Banyuwangi dilewati oleh kendaraan umum (angkot), belum lagi menunggu angkutan umum yang lumayan lama. Ojek Online pun demikian, karena masih terlalu pagi, kadang belum ada yang siap untuk mengantar kalian ke Pantai. Untuk sekarang ini, sewa kendaraan,carter angkot, ojek, becak adalah pilihan yang baik.
Penginapan juga demikian, lebih baik memesan penginapan agar tidak terlalu jauh, sehingga menghemat waktu perjalanan menuju pantai Pilihan. Jika pilihan lokasi menikmati sunrise di pesisir Kota Banyuwangi, menginapnya juga enak di dalam Kota Banyuwangi.

3. Tidur yang cukup
Karena untuk melihat dan menikmati matahari terbit, kalian kudu bangun sebelum matahari terbit. Karena atraksi langit mulai memerah perlahan-lahan sebelum matahari terbit adalah moment menarik yang perlu kalian nikmati. Cara ampuh untuk bisa bangun pagi menurut saya adalah tidur yang cukup, tidak terlalu malam sehingga bisa bangun lebih pagi dan lebih cepat dari biasanya. Jika kalian terkena insomnia sampai dini hari, lebih baik tidur setelah menikmati  matahari terbit saja :D

4. Alarm
Pukul 04:30 WIB adalah waktu yang menurut saya keterlaluan pagi, namun pada jam tersebut langit Banyuwangi mulai menampakan Atraksinya. Punya alarm yang ampuh sangat penting untuk membangunkan kalian dari asiknya alam mimpi dan tiap manusia, punya alarm ampuh dan cara masing-masing. Ada yang menyetel alarm sampai 10 lapis, dengan jeda per10 menit. Ada juga yang dengan percaya dirinya memasang alarm Cuma 1 lapis tapi memilih nada alarm yang mengagetkan. Ada yang memposting  pengumuman instastory Instagram dan Whastapp untuk dibangunkan lewat Telepon jika ada teman yang bangun pagi atau bergadang. Adapula yang mempan dengar suara ibu yang teriak membangunkan untuk solat subuh :D. Klo kalian punya alarm ampuh yang bagaimana?

5. Peralatan Foto

Peralatan foto pun perlu dipersiapkan. Sudah sampai di Banyuwangi, baterai kamera tertinggal di rumah :D. 
Nyesek!
hasil foto saat langit cerah. foto di pantai cacalan
saat langit mendung menggelayut. foto di pantai boom
Peralatan foto tidak harus melulu kamera DSLR ataupu Mirrorless. Sudah genap seminggu saya menggunakan kamera dari HP Meizu tepatnya Meizu M5C untuk memotret sunrise di Banyuwangi saat cerah maupun saat mendung menggelayut manja di langit. Hasilnya menurut saya lumayan bagus dengan fitur-fitur bawaan kamera yang menarik seperti fitur Pro yang membuat kita bisa mengatur setingan exposure, ISO, Brightness dan Contras yang membuat hasil foto sesuai keinginan. Satu lagi yang menarik karena adanya fitur Timelapse, bisa merekam video timelapse matahari terbit. Pembuatan video Timelapse menggunakan HP dibutuhkan penyangga yang kokoh agar HP tidak goyang. Kalian bisa membeli tripod HP atau Gorilapod.

Pembuatan Video Timelapse menggunakan Meizu M5C dan hasilnya bisa dilihat dibawah foto ini

You Might Also Like

2 kesan dari teman

  1. Pastikan juga cuacanya mas. Biasanya musim hujan seperti ini agak susah nyari sunrise hahahhahah

    BalasHapus
  2. setuju dengan komen di atas. adalah keputusan yang tidak pintar bagi saya untuk mengunjungi Bali di pertengahan tahun di tahun kemarin. Sunset gak ada, sunrise gak ada.

    Salam kenal.

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook