Western Digital Passport, Hardisk Cocok Untuk Traveling

23.00

Menggeluti hobi di dunia fotografi dan traveling di era serba digital ini berbeda dari era-era jaman 90an atau sebelumnya dimana untuk menyimpan kenangan-kenangan berupa foto perjalanan dengan mencetak foto tersebut dan menyimpan klisenya (foto negatifnya) ditempat yang baik, belum lagi harga 1 rol film juga cukup mahal menyebabkan kita harus menghemat kebutuhan kita untuk mengambil foto perjalanan. Beda dengan era digital sekarang ini dimana foto perjalanan bisa diambil sebanyak-banyaknya selama baterai kamera dan memori kamera masih kuat menyimpan file foto kita. Semakin rajin kita melakukan kegiatan traveling, semakin sering pula melakukan pemotretan, semakin sesak pula ruang kosong yang tersedia pada laptop atau PC kita. Belum lagi jika kalian menggunakan mode foto format RAW atau kamera yang memiliki megapixel besar. Belum lagi adanya video mentah untuk pembuatan Vlog yang satu kali shot video menghasilkan file diatas 25 megapixel.
ruang kosong di laptop udah sekarat 
Keberadan Hardisk eksternal sangat diperlukan apalagi untuk saya dan juga para penghobi atau yang berkecipung dalam dunia fotografi dan travelling. Biasanya jika pergi jauh dan lama saya sering membawa laptop untuk proses penyimpanan data-data kerjaan atau foto hasil perjalanan hari ini. Karena ruang kosong di hati  laptop sudah sekarat, adanya hardisk sangat menolong sekali. Foto-foto dan video yang saya ambil disimpan semua di hardisk eksternal dan foto-oto yang sekiranya bagus menurut saya dan foto yang akan digunakan untuk diposting dalam blog saya copy dan simpan di laptop.
memindahkan file foto hunting sunrise ke hardisk
Untuk hardisk eksternal yang sering dibawa-bawa travelling, saya memilih hardisk eksternal Western Digital My Pasport Ultra. Ada beberapa alasan kenapa hardisk eksternal ini saya pilih sebagai salah satu partner jalan-jalan yaitu :
  • Ukurannya cukup kecil dan pas dengan genggaman tangan sehingga enak dipegang, tidak memakan tempat banyak saat dimasukan ke dalam tas dan dibawa. Jika memori kamera sudah mau penuh bisa langsung dipindah segera tanpa harus menunggu pulang ke tempat menginap terlebih dahulu
  • Western Digital membuat hardisk ini dengan beberapa kapasitas memori mulai dari 500Gb-2TB sehingga pengguna nantinya bisa memilih sesuai kebutuhan dan uang yang dimiliki. Saya memilih kapasitas 1Tb karena saya kira jumlah ini cukup untuk menyimpan file foto2 saya selama 1-2 tahun atau bahkan lebih.
  • Hardisk ini mempunyai 3 fitur kece yang berada di dalamnya yaitu WD Drive Utilities, WD Smartware, dan WD Security dengan fungsinya yang berbeda-beda. WD Smartware merupakan software backup yang bisa mem-backup terus menerus isi hard disk eksternal atau bisa diprogram kapan harus mem-backup data tanpa harus menggangu pekerjaan Anda. WD Drive Utilities Software membuat kita dapat melihat kesehatan dari hard disk eksternal yang kita pakai dari mulai memprediksi kesehatan hardisk, menguji  hardisk dengan cepat dan dapat mengetahui adanya badsector. Selain itu ada juga fungsi mematikan hardisk pada waktu tertentu. Hal ini berguna jika ketiduran saat memindahkan foto video yang lumayan memakan waktu cukup banyak. WD Security ini bisa membuat kata sandi pada hardisk kita. Berguna sekali untuk melindungi karya foto kita dari ulah tangan orang jahil yang ingin mencuri hasil karya bahkan mendeletenya.
  • Harga. Iya harga juga faktor yang penting hardisk eksternal mana yang harus dipilih. Saya coba membrowsinng kisaran harga dari Hardisk Western Digital My Passport Ultra 1Tb ini di Online Store Mataharimall.com
Namun dari beberapa kelebihan ada kekurangan yang perlu diperhatikan yaitu bentuknya yang kecil membuat hardisk ini mudah keselip dan nantinya susah dicari. Pengalaman saya karena di packing dalam tas bersama tumpukan baju, hardisk terselip dan harus membuka lipatan baju satu persatu :D. Kekurangan yang selanjutnya adalah kurang tahan benturan karena tidak dilapisi oleh hardcase. Saat membeli hardisk ini sudah dilengkapi oleh softcase namun saya rasa belum bisa menghadapi benturan yang agak keras. Biasanya saat hendak dibawa bepergian saya membungkusnya dengan bublewarp untuk menghindari benturan yang tidak bisa diprediksi selama perjalanan.

Akhir kata hardisk Western Digital My Pasport Ultra ini bisa kalian pilih untuk menjadi partner jalan-jalanmu atau rekan kerjamu karena beberapa keunggulan dan kekurangan yang menurut saya bisa diatasi dengan baik ^^

You Might Also Like

2 kesan dari teman

  1. wiiiihhh.....ada rekomendasi hardisk murah nie mas Alan.....cocok nie bagi yang sering pelor waktu buka laptop :D

    BalasHapus
  2. Benar mas, kalau orangnya suka motret kayak mas butuh banyak tempat buat nyimpan foto hahahahha. Kayaknya saya tertarik buat membeli hardisk eksternal lagi

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook