Berburu Nikmatnya Kuliner Palembang saat Berlibur

06.22

(Jembatan Ampera)
Jika di Jawa ada Yogyakarta dan Bandung yang dikenal sebagai pusatnya wisata kuliner, di Sumatra ada Palembang yang berada di urutan terdepan. Kota yang memiliki Jembatan Ampera ini menawarkan ragam kuliner khas yang masih memiliki pengaruh Melayu kental, sehingga cita rasanya sudah pasti menggoyang lidah.
Berangkat dari situasi di atas dan keinginan menciptakan liburan yang lebih berwarna, kenapa Anda dan keluarga tidak melakukan perjalanan ke Palembang saja? Di sana, Anda bisa berwisata kuliner sampai puas.
Bagaimana, tertarik? Kalau iya, berikut beberapa rekomendasi kuliner di Palembang yang wajib diburu.

1. Mi Celor

Mi celor terbuat dari olahan adonan yang dicetak mirip dengan udon. Mi akan dicampur dengan santan kental yang sebelumnya telah dicampur dengan kaldu dan ebi kecil sehingga rasanya lebih nikmat. Selain santan, tauge juga dicampurkan sebagai taburan bersama dengan seledri dan irisan telur rebus.
Olahan mi ini bisa ditemukan di banyak lokasi di Palembang. Anda bisa mencoba kuliner ini sebagai sarapan untuk mengisi tenaga. Mi celor biasanya disajikan dengan sambal merah yang pedas, dan segelas teh hangat untuk meluruhkan lemak dari kuah santan yang kental.

2. Pempek

Pempek menjadi kuliner wajib yang harus dicoba ketika berada di Palembang. Meski Anda bisa menemukan kuliner olahan ikan ini di banyak kota, menyantap pempek di Palembang akan memberikan rasa yang berbeda. Adonan yang digunakan mengandung lebih banyak ikan, dan bumbu untuk cukonya lebih terasa.
Untuk menemukan pempek, Anda bisa menjelajahi jalanan di sepanjang Palembang. Akan ada banyak kedai yang menyajikan pempek asli. Semakin ramai kedainya, kemungkinan semakin enak pula pempek yang dihidangkan di sana.

3. Pindang

Pindang merupakan kuliner khas Palembang yang sekilas mirip dengan tom yum yang ada di Thailand atau sapo khas masakan Tiongkok. Kuliner ini terbuat dari bahan ikan laut yang dimasak dengan bumbu merah dan memiliki cita rasa asam, manis, dan pedas.
Untuk mendapatkan kuliner pindang yang autentik, Anda bisa datang ke kawasan Sungai Musi. Di sana ada beberapa warung seperti Mbok War Palembang yang menyajikan pindang segar dan nikmat, yang bisa disantap langsung atau menggunakan nasi.

4. Es Kacang Merah

Es kacang merah terbuat dari kacang merah yang sebelumnya telah diolah sehingga lebih lembut dan manis. Bahan itu akan dimasukkan ke dalam gelas dan dicampur degan santan, es serut, sirup, dan kadang es krim sebelum disajikan kepada tamu.
Selain empat kuliner di atas, masih ada beberapa kuliner khas lain yang rasanya juara. Kalau Anda ingin menyantap lebih banyak kuliner di Palembang, menginaplah di sini barang 1-2 hari saja.
Hotel murah di Palembang siap menjembatani Anda yang ingin mendapatkan akomodasi ramah di kantong. Sebelum datang ke Palembang, pesanlah akomodasi murah dari jaringan hotel terbesar di Indonesia, Airy Rooms. Pemesanan bisa dilakukan melalui web atau aplikasi Android dan Apple.

Setelah melakukan pembayaran via kartu kredit, transfer bank, atau gerai Indomaret, Anda akan mendapatkan 7 jaminan fasilitas. Hotel yang mudah ditemukan ini menyediakan kasur yang bersih, akses internet nirkabel gratis, air mineral, televisi layar datar, AC, dan pancuran air hangat beserta perlengkapan mandi.

Semoga apa yang tertulis di atas bisa membantu Anda untuk memantapkan niat, sebelum melakukan penjelajahan rasa saat berlibur di Palembang. Semoga penjelajahan berjalan lancar, ya!

You Might Also Like

1 kesan dari teman

  1. kapan2 aku mau cb airy rooms juga nih :) Dan blm pernah ke Palembang pula :)

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook