Cita Rasa Unik Bakso Kelapa Muda Racikan Mbak Tatik di Desa Segobang, Licin, Banyuwangi

13.44


Es Kelapa Muda atau lebih dikenal dengan nama Es Degan memang enak dinikmati pada cuaca terik kota Banyuwangi. Namun disudut sebuah desa di Banyuwangi, terdapat warung bakso yang menjajakan makanan yang tidak biasa yaitu Bakso Degan atau disebut Juga Bakso Kelapa Muda.

Warung Bakso bernama warung Bakso Mba Tatik yang terletak di Dusun Karang Sari, Desa Segobang Kecamatan Licin, Banyuwangi. Di desa tersebut terdapat banyak pohon-pohon kelapa sehingga tidaklah aneh jika Mba Tatik mencoba berjualan Bakso Kelapa Muda karena bahan berupa Kelapa Mudanya mudah didapat di Desa mereka. Bakso Kelapa Muda buatan Mba Tatik ini terbilang berani dan baru karena mulai dijual pada bulan Januari. Untuk saat ini Warung Bakso Kelapa Muda mba Tatik ini adalah satu-satunya di Banyuwangi sehingga jika kalian ingin mencobanya harus siap blusukan ke Desa Segobang, Licin.

penampakan warung bakso Mbak Tatik
Rute ke Warung Bakso Degan Mbak Tatik
Rute menuju Warung Bakso Kelapa Muda Mba Tatik dari Kota Banyuwangi hanya memakan waktu sekitar 20-30 menit saja dengan pemandangan khas desa yang memanjakan mata. Dari Simpang Lima Banyuwangi  ambil ke arah barat menuju Kawah Ijen – Melewati Rel Kereta Api – Patung Barong –Desa Olehsari – Kantor Kecamatan Glagah –Angkringan Piyu – Mentok di Pertigaan Licin ambil ke kiri (jika ke kanan ke Kawah Ijen) – Ikuti jalan tersebut melewati pertigaan Omah Joglo – Hutan Rakyat –Dusun Karangsari – saat memasuki Dusun Karang Sari Desa Segobang pelan-pelan saja nanti ada masjid Kanan jalan – setelah masjid ada warung bakso dengan spanduk bergambar Bakso Kelapa Muda

sederhana
Warung Bakso Mbah Tatik cukup sederhana, bergabung dengan warung toserba, ada dua meja panjang dengan kursi plastik terpisah-pisah untuk pengunjung yang ingin menikmati Bakso Kelapa Muda, Bakso Biasa dan Mie Ayam buatannya. Sambil menunggu pesanan Bakso Kelapa Muda, saya memperhatikan cara membuat Bakso Kelapa Mudanya. Air kelapa muda yang sudah dibuka dimasukan kedalam panci dan dipanaskan, sambil menunggu kuahnya panas kelapa muda yang sudah dikupas diisi dengan bihun, daun seledri, bawang dll berikut juga baksonya. Setelah sudah siap air kelapa muda yang sudah panas dituangkan kembali kedalam buah kelapa yang sudah siap. Lalu Bakso Kelapa Muda tersebut siap dihidangkan.
kelapa muda dibuka terlebih dahulu
siap disajikan kepada pembeli

Pertama kali yang saya coba adalah kuahnya, iya kuahnya rasanya menarik, kuah bakso bercampur dengan air kelapa muda menurut lidah saya cocok. Mulai dengan menambahkan sambel, saus tomat dan kecap, rasa kuahnya berubah kembali dan rasanya juga unik. Makan bakso kelapa muda pun tidak seperti makan bakso dengan mangkuk pada umumnya. Lubang dari buah kelapa yang tidak terlalu besar membuat kami sebagai penikmat bakso antusias menyeruput kuah, memotong bakso bahkan menyerut daging buah kelapa tersebut.
bakso degan Banyuwangi
Untuk kalian yang ingin mencobanya bisa langsung ke warung bakso mba Tatik tersebut di dusun Karangsari, Desa Segobang Kecamatan Licin, Banyuwangi. Warung tersebut buka dari jam 9 pagi hingga 8 malam. Harga 1 porsi Bakso Kelapa Muda hanya Rp. 15.000 rupiah saja. Sehabis makan bakso bisa juga mampir ke Air Terjun Pakudo yang letaknya tidak jauh dari Warung Baksonya. Sekilat tentang air terjun Pakudo bisa dibaca disini -->> Air Terjun Pakudo, Banyuwangi

air terjun Pakudo, Desa Segobang, Licin, Banyuwangi :D


You Might Also Like

23 kesan dari teman

  1. unik sekali, mas. umumnya kalau masakan memakai kelapa muda sebagai mangkoknya ini yang semacam kuah gulai bersantan begitu, saya pernah coba di kawasan indocina, dan rasanya memang bersahabat karena bahan dasar kuahnya santan. tapi untuk bakso sepertinya ini satu-satunya, ya. jadi penasaran buat mencobanya. nanti kalau ke banyuwangi boleh deh dicoba, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. entah ide dari mana awalnya si penemu bakso degan pertama kali di indonesia..mungkin kebanyakan kelapa muda di sekitar rumahnya jd buat mereka nyoba bikin varian baru

      Hapus
  2. Murah banget cuma 15rb.. bisa dibungkus gak sih? Pas suamiku lagi dinas ke Banyuwangi nih, tapi jauh ya dari kota?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mba :D,,eh tp lumayan jauh dr kota ke arah kawah ijen sekitar 20 menitan :D

      Hapus
  3. Ahhh,mupengggg..Noted buat aku kl ke bwi. Jadi penasaran rasa uniknya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu kedatanganmu bolang di bwi mba :D

      Hapus
  4. Sering dengar tentang bakso ini tapi belum pernah nyobain. Baksonya manis pedas gitu kali ya rasanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha ya benar,, dikasih sambel rasanya jd pedas manis gmana gitu :D

      Hapus
  5. Wuih mas bakso nya menggoda banget.. Pantesan mas alan tambah gemukan ya makan bakso trus.. heheh

    BalasHapus
  6. Baksonya enak sekali kayanya Nob, serta unik makannya sambal makan kelapa muda :)

    BalasHapus
  7. sepertinya bakso ga mau kalah dengan makanan kekinian yg lainnya, berbagai varian bakso muncul

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ini bukan mau kalah kak.. sebuah varian bakso baru yg muncul untuk berhemat. makan bakso sambil nyeruput degan :)

      Hapus
  8. Aku jadi penasaran serius ini rasanya kayak gimana.
    Biasanya kalo kelapa muda itu dipadukan sama Es atau waffle lah ini Bakso 😂😂

    Next kalo ke Banyuwangi akan kucoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha belum pernah nyoba kelapa muda dikasih waffle :D/
      kabar2 mba klo mau ke bwi..

      Hapus
  9. Sempet lihat foto ini di IG, tak kira lokasinya Jogja eh ternyata Banyuwangi toh

    BalasHapus
  10. Murah kalau 15 ribu mas,kalau beli kelapa muda utuhan gitu di tempat2 wisata pun udah segitu harganya. Ini ditambah bakso dan seperangkatnya :)

    Tapi penasaran juga sama sensasi rasanya kaya apa *baru bayangin* :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyobain mbak dwi bakso kelapa muda di Jogja juga ada.. Jalan Sugeng Jeroni daerah Jogteng atau Wirobrajan :D

      Hapus
  11. Yaampun bakso sekarang makin macem macem

    Tapi mau gimana pun baksonya
    Makanan ini tetep "Mengundang"
    *halahhh *halahh

    BalasHapus
  12. Pengen deh mas.hehe
    Penasaran sama rasanya, ada yang kurang kalau belum makan sendiri :)

    BalasHapus
  13. ooh jadi airnya dicampur gitu mas sama kuah bakso, duuh sedap beda rasanya :)

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook