Pantai Sepanjang, Gunungkidul - Tak Sepanjang Jalan Kenangan

, , 12 comments

Sengaja aku datang ke kotamu
Lama kita tidak bertemu
Ingin diriku mengulang kembali
Berjalan-jalan bagai tahun lalu
~
Lirik awal dari lagu legendaris “Sepanjang Jalan Kenangan” yang mendadak saya ingat ketika membawa kendaraan kami menuju Pantai Sepanjang. Sebuah Pantai yang bisa dibilang cukup panjang namun tidak sepanjang jalan kenangan.  “Kenangan kita”.

Sepanjang dari atas bukit
Sehabis dari Pantai Sanglen, Saya masih bersama Nove dan mba Dwi melanjutkan perjalanan ke Pantai Sepanjang dan Pantai Lolang (disebelah baratnya). Pantai Sepanjang ini memiliki pantai yang lumayan panjang, mungkin terpanjang di Gunungkidul lalu diikuti oleh pantai Wediombo. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini  menjadi favorit karena selain memiliki pantai yang luas dan panjang, pantai  ini memiliki jalan yang lebar  serta parkiran yang luas sehingga dapat menampung banyak wisatawan. Belum lagi fasilitas yang cukup lengkap, sampai-sampai ada masjid besar di pesisir Pantainya.

Tulisan besar dipertigaan menuju Pantai Sepanjang
Rute Menuju Pantai SepanjangPerjalanan dari Kota Jogja ke Pantai Sepanjang sekitar 2 jam perjalanan bahkan bisa lebih sedikit. Dari Kota Jogja arahkan kendaraan ke Jalan Wonosari – Pertigaan Piyungan – Bukit Bintang – Patuk – Rest Area Bunder/Hutan Wanagama – Kota Wonosari – Alun-alun Wonosari – Jalan Baron – dari sini ikuti papan petunjuk jalan menuju pantai Baron,Kukup, Drini atau Krakal sampai di Pos Tempat Pemungutan Retribusi Karcis lalu arahkan kendaraan anda melewati pantai Kukup dan setelahnya akan ada Tulisan Pantai Sepanjang yang cukup besar, ambil kanan  kemudian kita akan sampai di Pantai Sepanjang.
Bersihhhhhhh :)
Bersih, pasirnya juga lumayan halus dan tidak terlalu dalam sehingga enak diijak. Karena kami masih di tengah-tengah pantai sepanjang, ujung pantai sebelah barat dan timur yang berupa tebing tidak terlihat saking jauhnya mungkin :D. Di area pantai, pengelola (Kelompok Masyarakat) telah membuat wahana-wahana kecil untuk foto-foto dari beberapa ayunan sederhana yang terlihat tidak kokoh ternyata kuat menampung dua orang (nove dan mba dwi) berayun2 :D. Coba ngambil gambar siluet searah matahari, berasa Ayunan Gili Trawangan ala-ala. Satu lagi yang menarik ada figura berbentuk “Love” dengan pinggirannya diberi hiasan bunga-bunga.  Spot Narsis ini malah bisa jadi tempat foto couple atau prewed heheu..

Ayunan Gili Trawangan Ala-ala  :P
Spot Selfi :D
Untuk makanan-minuman tidak usah khawatir karena sepanjang pantai Sepanjang, sepanjang itu pula warung penjaja makanannya. Fasilitas memadai berupa tempat ibadah, kamar mandi, parkir yang luas dan bahkan sebuah kafe kecil di atas bukit yang mungkin cukup syahdu menikmatinya saat senja-malam hari.

Matahari dilangit mulai senja, kami bertiga sepakat untuk pindah tempat menikmati senja syahdu diatas bukit tepatnya di Baron Teknopark yang letaknya tidak jauh dari Pantai Sepanjang. Kunjungan singkat di Pantai Sepanjang memang tidaklah cukup menyelusuri sudut-sudut unik Pantai Sepanjang namun setidaknya cukup memberikan kenangan tersendiri untuk diri kami masing-masing.


Selamat mengujungi Pantai ini :D

12 komentar:

  1. Banyak banget yaaa pantai2 gununv kidul ini. Dah gw baru denger nama sepanjang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iyaa e banyakk.. pantai ini disebelah2 pantai-pantai yg hits dr dulu mas

      Hapus
    2. Dan aku mau main ayunan nya hehehe

      Hapus
  2. Sepanjang jalan kenangan tenan iki :p

    Aku belum pernah ke bukit pantai sepanjangnya ki mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihihihi.. itu juga foto 3 tahun yg lalu yg dr atas 😂😂

      Hapus
  3. itu spot selfienya unyu kali berbentuk hati... :D
    *aku kok salah fokus ya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya,, klo ke jogja kudu nyoba selfie disini lah :p

      Hapus
  4. Wuih, pantainya bersih dan asri banget, kayaknya gak terlalu rame juga. Cocok nih buat destinasi bulan madu hehe :D
    thanks for share ^-^

    BalasHapus
  5. Jaman masih kuliah ((lampau)) pernah kesini dan sepi. Sekarang pantainya dah kekinian n intagramable yaa :)

    BalasHapus
  6. selalu suka kalo berkunjung ke pantai2 di gunungkidul.

    BalasHapus
  7. ternyata ada pantai terpanjang huuahaha,,
    btw itu yang ada ayunannya sepertinya sering dibuat orang utk foto prewedd :)

    BalasHapus