Selasa, 05 April 2016

Pantai Watu Dodol, Pantung Gandrung Di Pinggir Laut dan Tempat Menikmati Sunrise di Banyuwangi


Tiap daerah punya Landmarknya masing-masing, bahkan bisa lebih dari satu. Seperti  Jogja dengan Tugu Jogja, seperti  Jakarta dengan Monas, bagaimana dengan Banyuwangi?. Selain Pantai Boom, Banyuwangi mempunyai Landmark yang lain yaitu Pantai Watu Dodol. Pantai yang terdapat patung penari Gandrung yang merupakan tarian khas dari daerah Banyuwangi.

Pantai Watu Dodol merupakan salah satu pantai dari sekian banyak pantai yang mengarah ke Selat Bali. Pantai ini terletak dipinggir jalan utama Banyuwangi-Situbondo, sehingga jika kalian ingin ke Baluran dari Banyuwangi pasti akan melewati pantai ini. Untuk menuju kesana cukup mudah, dari kota Banyuwangi hanya menempuh kurang lebih 30 menit saja. Kalian hanya tinggal berkendara menuju ke pelabuhan Ketapang, melewatinya hingga menemukan patung penari Gandrung di pinggir laut. Jika menaiki kendaraan umum bisa menggunakan angkutan umum  jurusan Pelabuhan Ketapang atau Terminal Sri Tanjung lalu di lanjutkan bis yang menuju ke Arah Situbondo atau bisa menyewa jasa Ojek. Berkunjung ke Pantai ini hanya membayar petugas parkir yang menjaga kendaraan anda di area parkir yang telah tersedia di tepi jalan maupun di tempat penjual makanan dan minuman.

batu asal muasal watudodol :D
Di Pantai ini terdapat batu besar yang letaknya di tengah jalan berbentuk lonjong mirip dengan Dodol sehingga saya menyangka bahwa nama Watudodol karena terdapat Batu (Watu) besar berbentuk Lonjong menyerupai Dodol. Namun beberapa versi mengatakan kata Dodol berasal dari Raja Bali yang hendak melamar Putri kerajaan Blambangan namun terjadi peperangan sehingga pada saat lewat disini dodol yang dibawahnya tumpah di pantai ini.  Ada juga cerita asal muasal yang mistis tentang awal mula pantai Watudodol yaitu pembuatan jalan menembus atau membongkar bukit batu dengan bantuan Jin :D.

Video Suasana Matahari Terbit di Pantai Watudodol

Sunrise di Pantai Watudodol.
Bicara soal daya tarik, pantai ini mempunyai keunikan berupa pantai dengan karang-karang berwarna hitam, pasir pantai yang hitam tertutup batuan kali sehingga pantai ini terlihat nampak beda. Pantai ini juga sering kali dijadikan spot bagi penghobi mancing. Bagi yang ingin berenang disini lebih baik urungkan niatnya karena walau tenang arah arus bawahnya lautnya sepertinya cukup deras. Karena letaknya berada di sebelah timur sehingga pantai ini juga menjadi salah satu pilihan untuk menikmati matahari terbit di Banyuwangi. Matahari yang terbit dari balik Pulau Dewata.

salah satu penjual makanan-minuman
Tak perlu khawatir soal makanan, disini terdapat banyak warung penjaja makanan-minuman mulai dari ikan bakar sampai es kelapa muda. Tempat makannya berada di atas tebing di pinggir pantai sehingga dengan menyantap makanan kalian bisa menikmati suasana selat bali yang cukup tenang.

Dari Pantai Watudodol kalian bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Bangsring, disana kalian bisa melakukan Snorkling melihat terumbu karang hasil penanaman para nelayan juga penangkaran ikan hiu yang berada di tengah laut. Kalian bisa juga lanjut menyebrang ke Pulau Tabuhan, Pulau Menjangan. Jika lanjut  ke arah Situbondo dari pantai Watudodol ini kalian bisa mencapai Taman Nasional Baluran dan Waduk Bajulmati yang terkenal katanya Raja Ampat KW atau Danau Sentani KW hahaa

Pantai yang wajib kalian kunjungi saat ke Banyuwangi, minimal foto dengan Background Patung Penari Gandrung sebagai tanda kalian pernah ke Banyuwangi :D

4 komentar:

  1. baca postingan-postinganmu bikin ngiler stay lebih lama di Banyuwangi mas :D

    BalasHapus
  2. kak semakin ngiler sama banyuwangi akooh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. dateng mas jo,, nnti anaknya ngecesan loh g dituruti :D

      Hapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search