Cara Mudah Piknik Ke Banyuwangi Dari Jogja, Surabaya dan Jakarta

, , 19 comments
pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Banyuwangi, Daerah paling ujung timur pulau Jawa yang keberadaannya mulai dikenal masyarakat  luas terutama dari segi destinasi wisata. Kawah Ijen, Pulau Merah, G-Land (Plengkung), Teluk Ijo, Banyuwangi Etno Festival dan lain-lainnya. Walau letaknya di Ujung Timur Pulau Jawa, akses menuju ke Banyuwangi sudah tersedia cukup terutama transportasi dari kota di dekat Banyuwangi, Malang, Bali, Surabaya dan Jogja. Selain kota-kota tersebut biasanya perlu dua kali mengganti moda transportasi. Kali ini saya aka membahas beberapa transportasi ke Banyuwangi dari beberapa daerah seperti Jogja, Surabaya, dan Jakarta.

Surabaya

Ada beberapa pilihan menuju Banyuwangi dari Surabaya yaitu Kereta, Bis dan Pesawat. Biasanya saya memilih naik kereta selain nyaman dan ada listrik, jadwal kereta Surabaya- Banyuwangi bisa dibilang PAS. Mulai dari jadwal berangkat pagi hari pukul 09.00 siang  dan malam.Untuk berangkat pagi bisa menaiki kereta Mutiara Timur Siang yang berangkat jam 09:00 dan sampai sekitar jam 15:14. Untuk yang ingi berangkat siang bisa menaiki kereta Sri Tanjung yang berangkat jam 14:30 dan sampai Banyuwangi sekitar jam 21:00. Jika ingin berangkat malam bisa berangkat ke banyuwangi dengan kereta Mutiara Timur Malam yang berangkat ke Banyuwangi jam 22.15 WIB dan sampai Banyuwangi jam 4 pagi.  Saya biasa mengambil kereta malam karena bisa di tinggal tidur sehingga menghemat biaya pengeluaran penginapan dan ketika sampai Banyuwangi pagi hari sudah segar dan siao meng”Eksplore” Banyuwangi. Untuk tiket kereta Mutiara Timur yaitu sekitar 100rb-145rb untuk kelas Bisnis dan 150rb-200rb untuk kelas Eksekutif. Sedangkan Sri Tanjung kelas ekonomi seharga 100rb.

Bis Surabaya ke Banyuwangi yang pernah saya coba (sekali) yaitu bis ekonomi AC “Akas Asri”. Kalian juga bisa menaiki bis jurusan Surabaya- Bali dan turun di pelabuhan ketapang, Banyuwangi. Bisa Juga menggunakan transportasi pesawat perintis Lion Air atau Garuda Indonesia yang jadwal terbangnya biasanya siang hari. Denger-denger harga pesawatnya berkisar antara 400rb-500rb.

Jogja-Solo

Jika dari Jogja-Solo, saya biasa naik Bus Akas Asri/Mila Sejahtera. Bis-bis ini sangat merupakan bis ekonomi AC yang lumayan nyaman dan murah. Jogja – Banyuwangi atau sebaliknya tarifnya hanya Rp.115 ribu , jika dari Solo-Banyuwangi Rp.105ribu (update perJanuari 2016). Bedanya Bis Mila Sejahtera ruang kaki lebih luas disbanding bis Akas Asri. Jadwal keberangkatan dari terminal Giwangan mulai jam 13.00 sampai 17.00 dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 15 Jam.

Cara kedua bisa menaiki Kereta Ekonomi Sri Tanjung dengan harga 100ribu. Harga yang cukup murah dan fasilitasnya cukup menarik yaitu listrik dan gerak kalian lebih leluasa menggunakan kereta. Sayangnya kereta Sri Tanjung hanya mempunyai satu Jadwal Keberangkatan pagi hari sekitar jam 07.15 WIB dari stasiun Lempuyangan, Jogja.

Jakarta
Jakarta-Surabaya via pesawat, nyambung Sby-Bwi via kereta mutiara timur
Jika mengirit biaya perjalanan kalian bisa naik kereta Progo Jurusan Pasar Senen-Lempuyangan, Jogja . kereta Progo akan sampai beberapa menit sebelum kereta Sri Tanjung Jogja-Banyuwangi berangkat (jika kereta progo diperjalanan menuju jogja tidak ada kendala). Dengan begitu kalian hanya mengeluarkan Biaya sebesar 200rb saja. Jika kalian ingin agak bersantai naik saja kereta Ekonomi Ac Bogowonto yang datang agak pagi sehingga punya waktu agak sedikit sambil menunggu kereta Sri Tanjung Berangkat bisa membeli perbekalan untuk bekal di dalam kereta. Jika kalian butuh cara tercepat untuk sampai ke Banyuwangi dari Jakarta lebih baik naik pesawat dahulu ke Surabaya dan dari Surabaya ke Banyuwangi bisa naik kererta atau pesawat.

19 komentar:

  1. ke Banyuwangi yg mesti disiapkan juga modal bokong, he3 :D

    BalasHapus
  2. aku pilih naik kereta Mutiara Timur via Surabaya aja mas, udah "kapok" naik Sritanjung Jogja-Banyuwangi :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya, klo dari surabaya ak juga mesti milih itu :D

      Hapus
  3. Masih mbayangkan gimana rsanya nak kereta ekonomi Jogja-Banyuwangi. Padahal ke Jakarta aja udah lumayan pegel. :))

    BalasHapus
  4. kok harga tiket keretanya lebih murah jogja banyuwangi drpd jogja malang?
    hahah bener mas wijna siapkan bokong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya tahh, tak pikir sama e:D

      Hapus
    2. soalnya kelas keretanya juga beda kak. aku pernah bikin ulasan tentang perbedaan jenis kereta di blogku. hehehehe. maaf numpang promosi :p

      Hapus
  5. Belum ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Banyuwangi ya Mas. Mudah-mudahan dengan semakin terbukanya kawasan ini Pemda segera membangun yang memadai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bandara sedang di perpanjang lintasannya.. katanya bakal bisa buat pesawat boing, bakal ada pesawat langsung jakarta-Banyuwangi :D

      Hapus
  6. Hahaha bener kata Wijna, jauh banget emang ke Banyuwangi ini. Rasanya lebih jauh daripada ke Lombok atau Bali. Aku pernah ke sana lewat surabaya naik kereta. Setelah itu nyambung pakai elf. Untung viewnya memang asik. Gunung Ijennya mantab. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa.. klo udah di surabaya-bwi sih deket,,klo keretaan dari tempat lait jalurnya kudu lewat surabaya dulu..rasanya jadi jauh

      Hapus
  7. saya waktu itu dari bandung menuju banyuwangi naik kereta ekonomi benar2 menguras keringat, darah dan air mata mas.. sampe 28 jam pantat saya nempel di kursi kereta... tapi setelah sampe banyuwangi saya lupa akan perjalanan yang panjang tersebut.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D persis sama ketika saya berangkat dr Jakarta-Banyuwangi naik kereta.. tapi ga langsung,, istirahat sehari di Jogja :D

      Hapus
  8. mohon info gan penginapn di dalam shelter pos pltuding ijen itu apa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm.. setau saya itui punya dinas kehutanan setempat mas..klo mau nginep coba hubungin kantor kehutanan atau pos jaga paltuding itu..soal no kontaknya saya juga blm punya

      Hapus
  9. saya cwe mas, heeehehee.. yawdah makasih mas

    BalasHapus
  10. Mas dari bdg mau Ke banyuwangi deket trun di jogja apa surabaya sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja sih mas..
      lebih enak waktunya turun lempuyangan jogja,, lanjut sri tanjung..
      Kiaracondong-Lempuyangan naik kahuripan yang sampai lempuyangan pagi

      Hapus