5 Lokasi Menarik Menikmati Matahari Terbit di Banyuwangi - Part 1

, , 16 comments

Jam 4.48. Selamat Pagi Banyuwangi, tutur saya dalam hati.
Udara mulai menghangat, matahari pagi mulai terlihat dimana sebelumnya hanya warna-warna terang merah, kuning atau jingga di langit.

“Sunrise of Java” Julukan terkenalnya Banyuwangi karena memang daerah ini merupakan  daerah yang matahari terbitnya paling pertama di Pulau Jawa. Untuk bisa melihat “pertunjukan langit” Sunrise of Java mau tidak mau kita harus bangun lebih pagi dari biasanya. Rasanya habis adzan Subuh sebaiknya untuk tidak tidur kembali dan bersiap-siap ke tempat melihat matahari terbit di Banyuwangi.  Beberapa tempat atau spot menikmati matahari terbit di Banyuwangi yang berhasil saya rangkum dalam beberapa waktu, silakan disimak ya ;

Pantai Boom

Pantai terdekat yang berada pesisir timur Kota Banyuwangi, hanya sekitar 10 -15 menit dari pusat kota Banyuwangi. Pantainya berpasir hitam, ombak yang relatif tenang namun pengunjung dianjurkan untuk tidak berenang di pantai ini. Terdapat sederet kursi malas yang bisa disewa untuk sekedar bersantai menikmati matahari terbit di pantai ini. Yang terbaru terdapat dermaga baru dengan tiang mercusuar yang menarik untuk diabadikan fotonya

Dermaga Cinta
Dermaga ini terletak di Pantai Waru Doyong, sekitar 1 km dari Ketapang atau lebih tepatnya di belakang hotel ketapang indah. Pantai ini jarang sekali ada pengunjung pagi hari. Biasanya hanya ada nelayan yang siap berangkat melaut atau warga sekitar yang menemani anaknya melihat laut pagi-pagi. Duduk di tepian dermaga, menikmati langit yang memerah dan  matahari yang perlahan naik di atas sebuah dermaga. Hati-hati bisa “BAPER”

Bukit Terminal Sritanjung, Ketapang.

Di terminal bus Sritanjung ini terdapat bukit tinggi yang sedang di bangun semacam resort . karena letaknya cukup tinggi pemandangan laut selat Bali , Pulau Bali dan Taman Nasional Bali Barat terlihat jelas bahkan aktifitas pelabuhan penyebrangan berupa kapal-kapal yang mengantri parkir dan menurunkan barangnya terlihat cukup jelas. Karena resortnya belum jadi untuk masuk kesini belum di pungut biaya, hanya diminta menjaga kebersihan.

Pantai Watudodol

Pantai ini cukup unik karena terdapat landmarknya Banyuwangi yaitu Penari Gandrung di atas sebuah bangunan di pesisir pantainya. Biasanya orang yang menuju ketapang dari Situbondo ke arah Banyuwangi atau ketapang mampir sekedar berfoto berlatar laut dan Penari Gandrung tersebut.  Karena pantai ini letaknya di pinggir jalan utama, parkirlah dengan benar agar tidak mengganggu dan mempersulit pengendara yang melintas.

Pantai Grand Watudodol


Pantai Grand Watudodol terletak di sebelah utara pantai Watudodol. Pemandangannya hampir sama namun disini terdapat perahu-perahu dan banyak pohon rindang. Kapal-kapal tersebut nantinya digunakan bagi yang ingin ke Pulau Menjangan, Bali Barat atau ke Pulau Tabuhan. Pantai ini cukup ramai saat weekend karena banyak yang berkumpul untuk menyebrang ke Bali Barat atau Pulau Tabuhan.

16 komentar:

  1. Pantai Mustika gak masuk kak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pantai di selatan, ngadep selatan.. buat sunrise g bisa, buat sunset hmm..blm tau

      Hapus
  2. akeh tenan..grand watu dodol plus watudodol bisa sekaligus ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm jalan kaki 10 menit.. pindah matahari keburu tinggi klo ga cepet :D

      Hapus
  3. Wow indahnya,,,, Pantai Bama di Baluran nggak masuk yaw kak? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga masuk..karna Pantai Bama, TN. Baluran masuk Kabupaten Situbondo :D

      Hapus
  4. Pantai Plengsengan juga bisa.

    NB: Pantai Plengsengan di Daerah Timur Lateng ( Kampung Arab )

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiihi siappp,, catet buat part 2 nya :)

      Hapus
  5. Kalo dari teluk Biru.. ada yg sdh punya fotonya ngga yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah mas hehe...di uploadnya di IG

      Hapus
  6. Huaaaaa, indahnya sunrisenya :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe monggo mampir mas, siapa tau sempet ke Banyuwangi

      Hapus
  7. whuaa banyuwangi ... kamu asli sini ? bisa ekspolre banyak gitu ya sampe paham pantai nya mengahdap kemana haha.
    Aku aja yang orang malang ga ngerti pantai mana yang bgus buat sunset or sunrise

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi ak asli ibu kota..lg ngerantau di sini hehe
      iya,karena bangunnya kepagian trus, jd sekalian aja deh hehehe..

      hihi kapan2 ak dikasih rekomendasi pantai malang yg sip buat sunset ya :D

      Hapus
  8. Kok semua hanya pantai, dari puncak gunung juga bagus, coba dari puncak Ijen

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu part 3nya mas..karna nginepnya dulu dkt pesisir pantai :p

      Hapus