Pantai Sobo, Banyuwangi dan Rumah Kecil di Tepi Pantainya :)

, , 3 comments
Rumah kecil di tepi pantai Sobo
Siapa yang tidak mau mempunyai rumah kecil di tepi pantai. yah tempat yang bisa kita singgahi saat jenuh dan melepas penat, saat ingin bersantai sejenak saja menikmati suasana pantai pagi atau sore hari ditemani secangkir teh dan cemilan. Itulah hal yang terpintas di kepala saat mengunjungi Pantai Sobo, Banyuwangi.

Pantai Sobo, pantai yang terletak di Desa Sobo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini berada di dekat pemukiman nelayan, di dekat tambak udang, di dekat tempat penjemuran ikan, udang atau tangkapan laut lainnya. Karena sering digunakan sebagai tempat penjemuran di beberapa tempat di temukan bau agak amis. Namun di balik itu semua Pantai Sobo mempunyai daya tarik yang khas yang bisa kalian temukan saat berkunjung ke pantai ini.

tambak di dekat pantai sobo
Rute untuk ke pantai Sobo dari kota banyuwangi cukup mudah, dari perempatan Bank BNI 46 ambil arah timur sampai mentok bertemu pertigaan ambil kanan. Ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan tower pemancar. Ambil kiri dan ikuti jalan sampai menemukan pemukiman dari pemukiman tersebut cari jalan kecil kea rah timur/arah tambak/arah pantai. mencari jalan kecilnya cukup membingungkan, lebih baik tanya warga setempat saja jika kalian ragu dan tidak menemukan gang masuknya :). Dari gang masuk tersebut kita akan melewati tambak udang terlebih dahulu baru akan sampai di Pantai Sobo.

anak kecil yang minta di foto
Sepi, hanya ada beberapa anak kecil yang sedang bermain air. Kadang mereka berteriak ke arah saya sambil berpose riang minta di foto. Batas antara pantai dan tambak udang terdapat sebaris pohon jenis bakau. Di dekat pantainya terdapat beberapa pohon Santen yang merupakan pohon khas daerah pesisir Banyuwangi. Sayangnya pohon ini keberadaannya mulai jarang sekali di jumpai pantai ini.

Pohon santen dan bangunan tambak yang rusak
perahu nelayan setempat
Di tepi laut pantai sobo terdapat sebuah bangunan semacam rumah yang mempunyai dermaga. Dugaan saya sih dulunya bekas bangunan tambak udang yang ditinggalkan. Mungkin karena sudah mulai terkena abrasi atau memang sudah ditinggalkan pemiliknya. Kalau saja saya diberi hak atas bangunan tersebut,  saya pasti akan “menyulap” menjadi tempat bersantai pribadi yang sip, apalagi saat matahari terbit karena pantai ini menghadap agak ketimur. Pulau Bali yang terlihat dengan pemandangan pegunungannya, laut selat bali yang tenang dan suasana matahari terbitnya Banyuwangi yang datang selalu kepagian :D.

santai sejenak :)
Datang ke pantai ini gratis dan tidak dipungut biaya. Tidak ada pengelola atau semacamnya dan juga tidak ada yang memfasilitasi tempat sampah. Alangkah baiknya jika kalian datang kesini untuk menjaga kebersihan tempat ini, minimal dengan tidak membuang sampah sembarangan atau membawa pulang sampah hasil jajanan ke rumah atau ke tempat sampah yang ditemukan diperjalanan pulang. Cukup menyenangkan piknik ke pantai Sobo ini dan letaknya cukup dekat hanya sekitar 20 menit saja dari pusat Kota Banyuwangi :)


3 komentar:

  1. aaak, pantainya cakeepp. udah lama ga main ke pantai. :D

    BalasHapus
  2. Wah sama kak Nobita, kalau aku punya hak atas tanah tersebut, tak sulap jadi hunian pribadi dan lumayan kan, misal tiba - tiba ada yang datang dan menawari kita untuk menyewa hunian kita? hehehe. Tapi yang paling penting memang harus selalu menjaga kebersihan :-) ,,, duh mupengnya baca tulisan kak Nobita, terutama pantai selat bali yang tenang,,,, duh duh

    BalasHapus
  3. Jarang ya ada pantai yang bisa digunakan berenang. :D

    BalasHapus