Sarapan Pagi Jogja : Soto Batok Mbah Katro, Sambisari, Sleman.

, , 6 comments

Walau letaknya diluar kota Jogja, tidak mengurungkan niat para penikmat Soto baik yang di berada di Jogja maupun yang dari luar Jogja seperti saya sekalipun. Mungkin memang bentuk sajian, daya tarik tempat dan cita rasa yang khas.

Soto Batok atau Saoto Batok ini adalah soto yang akhir-akhir ini sedang naik daun di dunia per”Soto’an Jogja. letaknya tidak jauh dari kota Jogja, dekat Bandara Adi Sucipto atau bersebelahan dengan candi Sambisari. Untuk menuju ke warung Soto Batok cukup mudah. Rute ke soto batok dari kota Jogja tinggal mengarahkan kendaraan anda ke jalan raya Solo – melewati Mall Ambarukmo – melewati pertigaan lampu lalu lintas Janti lalu melewati pertigaan lampu lalu lintas ringroad timur – masih ke arah timur melewati pertigaan Bandara akan ada papan petunjuk jalan ke Candi Sambisari – ikuti petunjuk tersebut sampai di depan candi Sambisari dan Soto Batok tersebut ada di sebelah Utara Candi tersebut. Jika bingung cobalah tanya warga setempat di dekat candi J.

Sesuai namanya, Soto ini dihidangkan dengan mangkuk yang terbuat dari batok kelapa. Komposisi soto seperti soto pada umumnya, ada sayuran kol, taouge, kuah soto, nasi dan daging sapi. Namun uniknya hidangan soto tersebut dihidangkan tidak menggunakan mangkuk biasa melainkan menggunakan Batok dari buah Kelapa. Tidak hanya itu, terdapat sajian tambahan lagi seperti sate telur, sate usus, tahu dan tempe garing. Favorit saya sih Tempenya itu digoreng sangat garing dan memiliki rasa yang berbeda dari tempe yang pernah saya makan :D.


Suasana tempatnya pun cukup nyaman, terbuka, dan bernuansa jawa sederhana. Tempat makannya pun terdiri dari Saung atau pendopo untuk yang ingin lesehan atau terdapat meja dan kursi bagi yang tidak ingin lesehan. Di sekitar warung soto batok ini mempunyai suasana ladang atau sawah.  Saya pun cukup senang menikmati soto disini.  Rasanya benar-benar sempurna, menikmati Semangkuk Soto, Teh Panas, dan Suasanan Jawa Sederhana. Dan setelah mengisi perut, saya menyempatkan mampir ke Candi Sambisari yang berada di dekat soto Batok tersebut.

candi Sambisari
Satu porsi soto batok ini seharga Rp.5.000. harga yang terbilang cukup murah, apalagi kalian bisa mendapatkan suasana tempat makan yang bagus juga. Namun jika untuk kalian yang biasanya makan pagi dengan porsi banyak, 1 porsi soto batok sekiranya kurang, Cobalah pesen dua mangkok atau perbanyak lauk tambahan :p

6 komentar:

  1. Soto batoknya murah ya, kak. Kapan ya aku bisa ke Sleman :D Udah lama ga jalan-jalan, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D bsk aja, jangan pas libur akhir tahun,, macet panjang hehe

      Hapus
  2. Huaaaa.. Murah amat dapet goceng. :D kalopun dua porsi cuma 10ribuan aja. Kenyang banget mah harga segitu :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha.. iya bener.. dua porsi agak penih...mungkin bisa satu porsi plus tempe sama sate

      Hapus
  3. enaknya kalau jalan-jalan di Jawa, banyak makanan murah :D

    BalasHapus
  4. Seru ya Mas habis menikmati soto batik terus mampir lihat candi

    BalasHapus