Pantai Watutopi, Pantai Tersembunyi di Gunungkidul

, , 11 comments
Pantai dan karang Watutopi-nya
Pantai Watu Topi, nama yang unik dan seperti namanya pantai ini dinamakan demikian pasti ada watu (batu) bentuknya seperti “Topi”.

Pantai Watutopi letaknya berada di sebelah timur pantai Jungwok dan sebelah barat pantai Greweng. Pantai berpasir putih namun hanya sedikit sekali dan sebagian besar banyak karangnya. Dibagian timur pantai terdapat batu karang agak menjorok laut. Karena batu karang itulah pantai ini bernama pantai Watutopi.  Jika dilihat dari karakternya pantai ini menjadi pilihan para pencari lobster memasang perangkap di selah-selah tebing karang.
peta Pantai Watutopi

Untuk ke pantai Watutopi ini rutenya kalian harus ke Pantai Jungwok terlebih dahulu, karena pantai Watutopi ini letaknya di sebelah timur pantai Jungwok.  Rute Dari Jogja ke Pantai Watutopi, pertama ambil jalan wonosari- bukit bintang- patuk – hutan bunder – kota Wonosari – Jalan kearah pantai Baron – pertigaan goa Nginggrong ikuti petunjuk jalan ke pantai Siung dan Wediombo – sampai di pertigaan pantai Siung ikuti petunjuk arah ke pantai Wediombo – di dekat sebelum  parkiran pantai Wediombo, ada jalan kecil sebelah kiri dengan papan petunjuk pantai Jungwok – ikuti sampai Pantai Jungwok lalu parkirkan kendaraan anda di sana – tanya saja dengan petugas parkir atau warga setempat jalan menuju pantai Watutopi, intinya kalian Cuma tinggal muterin bukit sebelah timurnya pantai Jungwok aja kok J.

jalan setapaknya
Awalnya kami tidak berencana untuk mampir ke pantai ini, berhubung pencari lobster yang kami temui pagi-pagi di pantai Jungwok bilang ada sebuah pantai kecil di balik bukit sebelah timurnya, kami memutuskan untuk mencoba kesana. Awalnya kami ingin susur lewat tebing sebelah timurnya supaya lebih cepat namun karena ombaknya sedang ganas dan pasang. Demi keamanan, kami ya memutuskan untuk memutari bukit timur pantai Jungwok saja. Jalan setapak tersebut membawa kami melewati ladang-ladang masyarakat, dan kebetulan karena kami ragu sama jalan setapaknya, kami tidak malu bertanya kepada yang sedang bekerja di ladang. Sekitar 15-20 menit berjalan sampailah kita di pesisir tebing pantai Watutopi. Untuk ke pantai Watutopi, kami harus turun dengan tangga yang sudah tersedia.
Yippii sampe di Pantai Watutopi

tangga turunnya
Yap, ternyata memang benar adanya, pantai Watutopi cukup kecil, pasirnya sedikit dan lebih banyak batu karang. Kemah disini tidak mungkin bisa karena jika dilihat-lihat jika air pasang akan menutupi pasir pantainya. Soal batu karang yang mirip topi juga ada di sebelah timurnya. Ingin mendekat kea rah Watutopinya namun ombaknya lagi cukup kencang. Kami mengurungkan niat dan memilih memakan bekal nasi bungkus yang kami bawa. Setelah puas dan kenyang makan bekalnya, kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Greweng yang berada agak jauh dari Pantai Watutopi ini.

panorama Pantai Watutopi
n.b : cuaca mendung, kurang puas, semoga suatu saat ada waktu kami mencoba kesini lagi :D


11 komentar:

  1. watutopinya foto paling bawah itu mas? pantainya bisa buat renang gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada di keterangannya fotonya kok..paling bawah foto panoramanya watutopi :)

      g bisa buat renang hehe

      Hapus
  2. Ternyata gak bisa buat camping.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal diriin tenda di pasir pantainya g masalah sih.. diatas bukitnya bisa bgt

      Hapus
  3. Aksesnya rada susah sayangnya..

    BalasHapus
  4. baru tau ada Watutopi.... heheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo g di kasih tau pencari lobster kita nggak ngeh hehe :D

      Hapus
  5. Wah baru tahu aku mas Pantai ini. Jos,,, bisa buat referensi buat pergi kesana,,, thanks mas udah kasih rutenya

    BalasHapus
  6. Buat LS mantapp nih kak ��

    BalasHapus