Lombok Kecil di Selatan Trenggalek, Jawa Timur

, , 15 comments

Lombokkkk!! Teriaknya.
Padahal dia tau kami sedang berada di Trenggalek, salah satu Kabupaten di Jawa Timur. Ya memang saya akui, Pantai selatan Trenggalek yang kali ini saya kunjungi mempunyai karakter yang unik karena letaknya di sebuah teluk yang di kelilingi oleh pegunungan dan perbukitan menoreh yang sedikit mirip dengan pantai di daerah Lombok sehingga kami menyebutnya “Lombok Kecil” di Jawa Timur

Kawasan Lombok Kecil tersebut berada dari pantai Karangggongso ke arah timur sampai tembus ke ujung dataran teluk tersebut. Kawasan tersebut merupakan kawasan atau wilayah kerja Perum Perhutani yang dimanfaatkan oleh masyarakat lokal untuk di kembangkan sebagai daerah wisata. di kawasan “Lombok Kecil” terdapat setidaknya 4 pantai yang memiliki keunikan tersendiri yaitu pantai Mbang’koan, Pantai Watulunyu, Pantai Ciut dan Pantai Mbesetan. Nama dengan kosakata yang ga biasa :D

Plang dan Spanduk memasuki Kawasan Pantai Mbang'koan dll
Menuju ke kawasan pantai tersebut pernah saya ulas lengkap di artikel ini dan cukup mudah karena banyak petunjuk jalan disepanjang jalan. Dari Kota Trenggalek kalian tinggal menuju jalan Trenggalek-Tulungagung nantinya akan sampai di pertigaan Bandung yang ada Papan Petunjuk Jalan ke Pantai Prigi. Ikuti saja petunjuk jalan yang ada sepanjang Jalan melewati Wisata Goa Lowo, hutan dan permukiman dan setelah 2 jam perjalanan akan sampai di gerbang masuk kawasan Pantai Prigi-Karanggongso dan sekitarnya. Dari loket masuk ambil arah ke Pantai Karanggongso, melewati pantai tersebut sampai menemukan gapura masuk ke Pantai Mbang’Koan.

panorama Pantai Mbang'Koan
Pantai Mbang’koan merupakan pantai nelayan, disana merupakan semenanjung yang digunakan untuk sebagai parkir kapal nelayan setempat. disana juga terdapat warung-warung penjaja makanan dari makanan laut, penyetan sampai indomie :D. Dari Pantai Mbang’Koan kita bisa menyelusuri jalan setapak berjalan kaki atau mengendarai motor menuju Pantai Watulunyu, Pantai Ciut dan Pantai Mbesetan. Perjalanan cukup seru karena kita akan melewati jalan tanah yang berada di tepi pantai, beberapa spot agak berbahaya belum lagi pemandangan di jalan tersebut cukup menggoda mata. Lebih baik berhenti dahulu jika kalian terkesima dengan pemandangannya, seperti tikungan menurun yang terletak antara Pantai Mbang’koan sampai Pantai Watulunyu mempunyai pemandangan menarik. Kami berhenti sejenak dan mengambil foto terutama foto narsis dan pemandangan.
Kondisi Jalan ke Watulunyu
Pantai Watulunyu
Pantai Watulunyu merupakan pantai yang pesisirnya ditumbuhi oleh pohon kelapa, dan pada pasir pantainya terdapat batu-batu kali yang jumlahnya cukup banyak dan batu tersebut LUNYU (Licin) jika kita injak. Setelah melewati Pantai Watulunyu akan sampai di Pantai Ciut yang di sisi selatan merupakan spot mincing tebing yang sering digunakan warga sekitar untuk memancing dari atas tebing maupun batu karang di bawah tebing.


Spot Karang di Pantai Ciut
Dari Pantai Ciut ke Pantai Mbesetan agak ekstrim karena kita melewati jalan seukuran motor dan di salah satu sisi merupakan jurang yang langsung jatuh ke laut. Mana motor kami itu motormatik jadi kami harus hati-hati. Pantai Mbesetan juga terbilang unik karena kosakata yang baru pertama kali saya dengar. Diperkuat lagi ada batu berbentuk wajah yang agak seram dan tumbuh pohon kecil. Saya membayangkan jangan-jangan karena  karang tersebut nama pantai ini “Mbesetan”. Terlepas dari itu semua pantai ini cukup indah dinikmati karena pasirnya agak luas dan banyak batu karang yang bisa kita jadikan tempat duduk menikmati pemandangan laut biru yang dihiasi perbukitan-perbukitan Menoreh.
jalur extrim atas Bukitnya pantai Ciut - Mbesetan

pantai Mbesetan
Penamaan Lombok Kecil hanya sebutan kami secara spontan karena tidak menyangka Trenggalek mempunyai View atau Pemandangan Pantai yang menarik. Setelah puas menyelusuri tempat ini kami segera menuju Pantai Karanggongso untuk mengabadikan moment senjanya,

Tempat Wisata di dekat sini yang bisa kalian kunjungi.
1. Jembatan Galau di Hutan Mangrove Cengkrong
2. Pantai Karanggongso

15 komentar:

  1. wah pantai pesonanya emang gak ada ending mas hehe

    BalasHapus
  2. Jelas pantai-pantainy lebih sepi dr d Lombok, krn klo musim liburan orang2 liburannya ke Lombok bukan ke Trenggalek :D

    BalasHapus
  3. Pantai Prigi juga keren loh, mas :-D

    BalasHapus
  4. 20 des backpacker ksna yuk? Gabungan

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Mentang2 rmahmu panggul ziz... Di promosikan yaa... Hehhee

      Hapus
  6. Smoga untuk kedepan ada investor yang menggagas Trenggalek, banyak lho yang menarik dari kota "Kecil" ini

    BalasHapus
  7. So nice view.. Thanks for writing this on your blog,, i love it..

    BalasHapus
  8. Keren tuh,.perlu dicoba dan jgn sampai terlewatkan wisata alam Trenggalek

    BalasHapus
  9. Baru tahu kalo ada pantai di Trenggalek. Jadi penasaran bagusnya kayak Lombok beneran nggak ya

    BalasHapus
  10. Pantai nya trenggalek bagus, lebih bagus lagi kalo di rawat bersama, yg paling pntng soal sampah !!

    BalasHapus
  11. Pantai Mbesetan pasir putihnya bagus banget ya. Trenggalek aku taunya Parigi dan Karanggongso, ternyata pantai2 lainnya lebih cantik ya..

    BalasHapus
  12. Aku aja yg asli trenggalek gak tau kalo masih banyak pantai selain prigi

    BalasHapus