Piknik Sebentar ke Pantai Mustika, Banyuwangi

, , 13 comments
Pemandangan Indah dari Pantai Mustika
Penamaan suatu tempat wisata bisa menjadi salah satu penyebab rasa penasaran untuk datang ketempat tersebut, pantai Mustika salah satunya. Pantai yang namanya sama seperti nama seorang teman dari Boyolali :D

Pantai Mustika berada di Desa Pancer, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur atau lebih tepatnya berada di sebelah barat pantai Pulau Merah dan di sebelah timur pantai Pancer. Belakangan ini pantai Mustika mulai sering di kunjungi wisatawan. Wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai yang sepi dan tidak seramai seperti Pantai Pulau Merah atau wisatawan yang ingin menyewa jasa perahu ke Pantai Wediireng yang berada di balik Gunung sebelah barat pantai Mustika.

patung harimau di perempatan Jajag
pertigaan baliho ke pantai mustika
Letaknya berdekatan dengan Pantai Pulau Merah, Rute ke Pantai Mustika dari Kota Banyuwangi cukup mudah. Kita hanya tinggal mengikuti jalan ke arah Pantai Pulau Merah. Dari kota Banyuwangi, ambil arah Rogojampi dari lampu merah pertigaan Rogojampi ambil jalan lurus melewati Srono – Benculuk – sampai menemukan Pertigaan Jajag yang ada Tugu dengan patung Harimau dan plang Pulau Merah. Dari perempatan lampu merah Jajag tinggal ikuti petunjuk jalan/Plang ke Pantai Pulau Merah. Setelah menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari pertigaan Jajag, kita akan bertemu pertigaan yang ada petunjuk jalan berupa baliho Pantai Mustika – Pantai Pancer dan Wediireng. Ikuti petunjuk jalan tersebut, sekitar 10 menit kita akan sampai di Pantai Mustika.

narsis di papan tulisan Pantai Mustika :p
Pantai Mustika mempunyai pasir pantai datar yang cukup luas dari ujung barat hingga ujung timurnya. Pasirnya cukup halus dan bersih dari sampah maupun batu-batu karang. Kadang beberapa warga setempat ada yang bermain sepak bola ditepian pantai ini. Pemandangannya cukup cantik, berdiri gagah gunung Tumpang Pitu yang bisa kita lihat dari dekat jika berada di Pulau Merah, terlihat cantik dari pantai Mustika. Pantai Mustika sendiri pantainya cukup teduh di pinggir pantai terdapat barisan pohon kelapa yang tumbuh rapi. Di bawah pohon kelapa ada beberapa gazebo sederhana yang bisa digunakan gratis untuk bersantai-santai. Dipinggiran pantai terdapat Tulisan Pantai Mustika yanag menjadi tempat wajib untuk foto.


Beberapa perahu terparkir di pesisir Pantai Mustika, beberapa memutuskan pergi untuk mencari ikan beberapa perahu nelayan ternyata khusus mengangkut wisatwan yang ingin ke Pantai Wediireng Via Laut, melewati Pulau Bedil yang mengeluarkan suara mirip bedil saat pulau tersebut di terjang ombak. Jasa perahu untuk ke pantai Wediireng dari Pantai Mustika sekitar 30 ribu sekali jalan dan mendapatkan fasilitas berupa life jaket. Serunya dengan menaiki perahu melewati laut ke pantai Wediireng anda bisa melihat pemandangan pesisir pantai pulau merah, pantai mustika dan pantai Pancer dari sisi yang berbeda.

kiri pantai mustika, kanan pantai pancer :)
Seringkali tertukar antara pantai Pancer dan pantai Mustika. Pantai Pancer dan Mustika dibatasi dengan dengan susunan batu yang berfungsi sebagai pemecah ombak. Di buat demikian agar pantai Pancer mempunyai ombak yang tenang dan bisa dijadikan tempat parkir Perahu nelayan warga setempat.
gazebo sederhananya
Pantai Mustika, pantai yang cukup nyaman dan tenang untuk yang mencari sedikit kedamaian saat berlibur. Santai di Gazebo sederhana di temani sebuah kepala muda menjadi cara saya menikmati pantai Mustika.  J

13 komentar:

  1. Bagus ya kak :)
    Berguna bgt infonya ^^

    BalasHapus
  2. Sepi pantainya. asik buat santai :o

    BalasHapus
  3. Banyuwangi memang andalan. Enak ya, nggak terlalu ramai sepertinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iyaaa.. g terlalu ramai..mungkin krna aksesnya rada muter2 klo mau ke Banyuwangi :)

      Hapus
  4. Wah, cakep ya pantai Mustika. Pasti secakep temennya. :D

    Nice info kak! :)

    Btw ada typo di kalimat ahir, maksudnya kelapa muda kan ya, bkn kepala muda??? Xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesti GR.. pdhl yg ku maksud bukan mustika kam ji :D

      Hapus
  5. Sesuai dengan namanya Mustika. Pantainya memang cantik. Pasir halus, laut biru, persis gambaran ideal pantai-pantai dalam cerita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya nama mustika karena dr sini terlihat jelas pulau mustaka di sebrangnya mba..mingkin namanya jd mustika heheu

      Hapus
  6. cantik.....semoga kalau pulang ke jawa timur bisa nyampe ke banyuwangi lagi :)

    BalasHapus
  7. Baguuuus, Jawa Timur lagi ngehits sama pantainya yaaa ^^

    BalasHapus
  8. Waaaahhh banyuwangi ya.. Udah lama gak kesana :D

    Semoga dalam waktu dekat bisa mampir :D

    BalasHapus
  9. Blog mu Kece.... aku suka tampilannya. mau Niru tapi gagal mulu..hahahahha.... belum lagi tujuan trip nya bikin envy maksimal.!!!

    BalasHapus