Puncak Bukit Goa Macan - Menikmati Pantai Pulau Merah Dari Ketinggian

, , 4 comments

­Pulau merah­­­­, salah satu pantai hits yang menjadi tujuan destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat ke Banyuwangi. Sampai ada yang bilang, Belum ke Banyuwangi jika belum ke Pantai Pulau Merah. Pemandangan indah dengan pulau berbentuk bukit di tepi pantainya menjadi icon pantai pulau merah, hamparan pasir yang luas juga mempunyai karakter ombak yang bisa digunakan untuk olahraga surfing. Menikmati pantai Pulau Merah dari tepian memang menyenangkan namun hal tersebut sudahlah biasa. Bagaimana jika menikmati pantai Pulau Merah dari ketinggian?. Kita bisa mencoba sensasi menikmati pemandangan Pulau Merah dari ketinggian dari Bukit Goa Macan.

Bukit Goa Macan merupakan puncak salah satu bukit yang berada di utara pantai Pulau Merah tepatnya di Desa Rowojambe, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Penamaan Goa Macan itu sendiri karena di bukit tersebut terdapat Goa bernama Goa Macan. Mungkin dahulunya goa tersebut sempat ditinggali Macan/Harimau Jawa dan terlihat disekitar goa sehingga dinamakan demikian oleh penduduk setempat.

jalan menuju goa macan di dekat papan petunjuk evakuasi
Rute menuju Goa Macan cukup mudah karena letaknya berada dipinggir jalan menuju Pulau Merah, tepatnya 1 km sebelum bibir pantai Pulau Merah. Rekomendasi dari saya lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi atau sewa karena angkutan umum sangat jarang disini. Dari kota Banyuwangi, kita melalui Jalan Raya Banyuwangi Jember – Rogojampi – Srono – Benculuk – dan sampai di lampu lalu lintas Jajag yang ada Tugu Harimau. Dari Jajag kita tinggal mengikuti petunjuk jalan ke pantai Pulau Merah selama kurang lebih 45-60 menit untuk sampai ke Bukit Goa Macan. Menjelang sampai di Pantai Pulau merah sekitar 1 km lagi, ada tikungan yang terdapat petunjuk jalan jalur evakuasi bencana tsunami, arahkan kendaraan mengikuti petunjuk jalan tersebut dan titiplah kendaraan kalian di rumah warga yang ada disana karena akan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju puncak bukit Goa Macannya. Perjalanan dari lokasi parkir ke puncaknya sebenernya tidak cukup jauh, kita cukup berjalan 1 km dengan melintasi hutan tanaman jati yang sepertinya merupakan hutan jati milik Perum Perhutani. Jalan menanjak tidak terlalu melelahkan karena jalan setapak yang ada dibuat memutari bukit mencari kondisi jalan menanjak yang tidak terlalu ekstrim. Setelah 15 menit mendaki, sampailah kita diatas puncak bukit Goa Macan.
jalan setapaknya

jalan mendekati puncaknya
Puncak bukit goa macan sendiri berupa batuan yang bertumpuk-tumpuk kokoh. Dari atas puncak tersebut kita bisa memandangi ke segala arah, apalagi sejak umur pohon jati yang ada disekitar puncak ditebang karena sudah masuk dalam umur masa tebangnya. Pemandangan memang indah, pemandangan ke arah selatan sudah langsung terlihat pemandangan pantai pulau merah. Jika melihat kearah utara, barat dan timur hampir di sekitar pantai pulau merah jarang ada pemukiman warga, hampir semua yang terlihat adalah hutan jati dan hutan alam yang terlihat sebagian di sebelah barat bukit ini. Disekitar puncak bukit goa macan terdapat pohon besar yang bentuknya cukup unik. Sejenis pohon beringin yang akar-akarnya seperti menembus bebatuan dan masuk ke sela-sela bebatuan untuk menuju dalam tanah. Jika mengunjungi Goa Macan siang hari, dibawah pohon ini bisa kita digunakan untuk tempat berteduh.

Pemandangan Utamanya :)

pemandangan ke arah utara
pohon beringin besar di atas bukit goa macan
Bukit Goa Macan bukan merupakan kawasan wisata, hanya merupakan spot lain untuk menikmati pantai pulau merah dari ketinggian. Spot yang mulai hits ini mulai didatangi oleh para wisatawan yang akan menuju ke pantai Pulau Merah. Karena tidak ada fasilitas apapun, terutama fasilitas tempat sampah ada baiknya pengunjung yang datang kesini diharapkan bisa menjaga kebersihan dan membawa sampah bekal yang dibawa kembali turun. Dengan tempat yang bersih, akan lebih nikmat memandangi pemandangan pantai pulau merah dari ketinggian J

narsis diki :p

4 komentar:

  1. Wuihhh...udaranya, bebas kabut asap. Seger!

    BalasHapus
  2. Gersang yak, apa karena musim kemarau gituh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuppp hehehe pohon jati daunnya pada gugur :D

      Hapus