Bersantai Sejenak Menikmati Alun-Alun Kota Batu

, , 6 comments
Santai Dulu di Alun-Alun Kota Batu
Pagi Kota Batu… Brrr..Brrr
Dengan semangatnya mengucapkan kata tersebut setelah kedinginan selama menempuh perjalanan sekitar 9 jam. Namun ternyata udara pagi kota Batu lebih dingin dari AC mobil Travel Banyuwangi-Malang :)

Kota Batu letaknya yang tidak jauh dari pusat  kota Malang sekitar 1 jam perjalanan . Kota Batu letaknya pun dikelilingi oleh pegunungan beragam wisata alam seperti air terjun-air terjun sampai wisata pemandangan alam yang sebagian dikombinasikan dengan wahana paralayang, kebun bunga/ buah, pemandian air panas sampai dengan tempat makan dengan pemandangan yang luar biasa. Selain itu juga ada beberapa wahana bermain di sekitar kota Batu salah satunya adalah Alun-Alun Kota Batu.
rute by googlemap
Rute menuju Alun-alun Kota Batu cukup mudah, jika dari Stasiun Malang kita tinggal sewa kendaraan atau menaik angkutan umum. Jika memilih naik angkutan umum bisa naik angkot jurusan menuju terminal Landung Sari seperti angkutan berkode AL, ADL, lalu sambung dengan angkutan umum menuju kota Batu yang berkode BL,BJL dan BTL. Jika kalian menggunakan sewa kendaraan atau kendaran pribadi bisa langsung menuju Kota Batu dengan mengikuti petunjuk jalan yang ada. Jika kalian berkunjung saat weekend atau hari libur lebih baik menggunakan atau sewa motor karena kondisi jalan menuju dari Kota Batu cukup macet karena akses jalan yang belum lebar dan arus lalu lintas menuju kota Batu cukup padat.

Bianglala dan Tugu Apelnya :)
bangunan bentuk wortel dan air mancur
Alun-alun pada kota-kota di Jawa yang identik dengan lapangan yang ada dua pohon beringin yang mengandung makna filosofi,  atau sebuah ruang terbuka hijau yang dihiasi tanaman-tanaman hias, bangku taman dan pernak pernik lainnya untuk menghiasi keindahan taman. Alun-alun kota Batu sedikit berbeda, alun-alun kota batu merupakan taman yang tata lanskap yang cantik dengan Bianglala dan serta Tugu Apel yang menjadi landmarknya Kota Batu. Tugu Apel  dikelilingi kolam kecil dan air mancurnya, burung-burung dara berhinggapan di dekat kolam  terdapat bangku-bangku taman yang bisa kita gunakan untuk bersantai sambil menikmati suasana alun-alun apalagi sambil sruput the atau kopi panas. Selain Apel terdapat buah-buahan lain seperti buah Strawberi, Wortel dijadikan bangunan yang menghiasi alun-alun kota Batu. Buah-buahan tersebut mewakili produksi unggulan kota Batu sekaligus mewakili Agrowisata petik buah. Alun-alun ini juga ramah dengan anak-anak, selain adanya ruang smoking area, disini juga terdapat  permainan anak-anak seperti ayunan, prosotan, kuda-kudaan dan mainan lainnya serta beberapa patung  binatang dengan desain lucu agar mudah disukai pengunjung terutama anak-anak.

Kota Batu dari Atas Bianglala

kaca bianglala yg burem salah satu sisinya
Bianglala, salah satu yang bikin menariknya Alun-alun Kota Batu. Mungkin alun-alun satu-satunya untuk saat ini yang mempunyai Bianglala. Bianglala ini tingginya sekitar 15 meter sehingga ketika kita berada di puncaknya kita bisa menikmati pemandangan kota Batu dari ketinggian, melihat kota Batu yang dikelilingin pegunungan. Cobalah menaiki bianglala ini saat cerah, atau menjelang senja saat langit cerah atau ketika malam hari sehingga bisa melihat gemerlap lampu kota Batu yang kian ramai. Sayangnya untuk melihat pemandangan, salah satu sisi kaca dari Bianglalanya buram dan seharusnya diganti agar pengunjung bisa lebih menikmati pemandangan saat menaiki Bianglala. Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 3000 kita bisa menaiki Bianglala selama satu putaran.

permainan bermain anak :)

Alun-alun Batu wajib dikunjungi oleh kawan pejalan, walau sebagai tempat bersantai setelah seharian explore wisata-wisata alam kota Batu maupun memang meghabiskan waktu seperti saya pagi itu :). Ada yang bilang jika belum foto2 dengan background Tugu Apel dan Bianglalanya berarti kamu kudu ke Batu lagi :’)

6 komentar:

  1. Klo belum naik bianglalanya juga kerasa masih ada yang kurang... jadi mesti mampir batu lagi deh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixix ak nunggu sampe buka kemarin :D.. jam 9an muter mas

      Hapus
  2. Cieee yg naik bianglala sendirian. *eh :p

    BalasHapus
  3. waahh.. bianglala! udah lama saya gak naik bianglala :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe sayapun mba,, dan akhirnya bisa naik juga :D

      Hapus