Pantai Wohkudu, Gunungkidul : Pokoknya Kamu Kudu Ke Sini

, , 11 comments

Sebelum sampai ke Pantai Tebing Kesirat, kami menyempatkan mampir sejenak ke Pantai Wohkudu, sebuah pantai kecil yang Kudu kalian datengin :D

Pantai Wohkudu, pantai kecil terletak di Kampung Nglaos, Dukuh Wiroso, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta atau lebih tepatnya terletak di sisi sebelah timur dari Pantai Kesirat. Karena jalan menuju ke pantainya satu arah dengan pantai Kesirat, pengunjung yang datang ke pantai Kesirat pun sekaligus mampir sejenak di pantai Wohkudu ini.

gang pantai kesirat
Perjalanan dari Kota Jogja ke pantai Wohkudu ini sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan.  Ada dua rute yang bisa ditempuh  menuju pantai ini yaitu via Jalan Wonosari atau jalur alternatif lewat jalan raya Imogiri. Saya  rekomendasikan jalur alternative karena selain bisa menghemat waktu perjalanan,  keadaan jalan raya tidak terlalu ramai. Rute jalur alternatifnya dari Kota Jogja- Jalan Imogiri Timur- pertigaan pasar imogiri ambil arah selopamioro (belok kanan)- pertigaan lagi ambil arah selo pamioro (ambil kiri)-ikuti jalan sampai di pertigaan jembatan Sungai Oyo ambil lurus kearah selopamioro – Jalan mulai menanjak dan berkelok, kita diharap hati-hati karena kelokan menanjak ini katanya rawan kecelakaan – setelah sampai atas bukit ikuti saja jalan tersebut sekitar 20-30 menit akan menjumpai pertigaan Pohon Beringin besar di kanan jalan, di pohon beringin besar ada papan petunjuk kea rah pantai Gesing – Ikuti Petunjuk Pantai Gesing tersebut sampai bertemu perempatan pohon raksasa ditengah jalan  lalu ambil ke kanan – ikuti jalan tersebut akan bertemu gang pantai gesing lewati saja sampai menemukan gang dengan papan petunjuk ke pantai kesirat -  ikuti jalan cor-coran semen tersebut akan membawa kita sampai di parkiran pantai Wohkudu yang sederhana. Perjalanan belum berakhir loh, setelah sampai di parkiran sederhana kita kudu jalan kaki sebentar sekitar 10 menit menelusuri jalan setapak agak menurun.  Perhatikan jalan setapaknya ya, kadang suka tertutup semak belukar dan yang tertutupi semak belukar ternyata batu karang. Setelah menyelusuri jalan setapak tiba deh di Pantai Wohkudu.


bongkahan batu paling besar
Pantai Wohkudu ternyata emang kecil, lebar pantainya mungkin sekitar 20-25 meter saja dengan kedua sisinya diapit bukit karang yang cukup tinggi. Selain pasirnya berwarna putih, di pantai Wohkudu ini punya hamparan rumput kecil, biasanya sering kali digunakan sebagai tempat berkemah.  Di bukit sebelah kanan terdapat cekungan karang yang cukup besar seperti membentuk sebuah goa, cekungan tersebut bisa dipake untuk berteduh kalau-kalau mendadak hujan atau sekedar berteduhdariu teriknya matahari. Jika kita melihat katu earah laut terdapat banyak bongkahan batu besar yang jatuh menghalangi ombak laut berlari ketepian pantai.  sepertinya batu tersebut merupakan bongkahan dari tebimg yang ada disana, mungkin dulu ambruk karena abrasi air laut, atau mungkin ada suatu bencana alam seperti gempa bumi. Dari banyak bongkahan batu yang ada, terdapat satu yang paling besar, kadang beberapa pengunjung yang kesini suka berfoto diatas batu tersebut ketika air sedang surut.

Tidak ada fasilitas apapun di Pantai ini, jadi kita para pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan pantai ini, bawa kembali sampahmu, tidak merusak karang-karang tebing atau kegiatan-kegiatan yang merusak pantai ini. Mengunjungi Pantai Wohkudu lebih enak dilakukan pagi hari ketika habis ngecamp di pantai kesirat atau di siang hari, bermain air sembari menunggu waktu sore untuk menikmati senja di pantai Kesirat.


Pokoknya kamu KUDU kesini  :D

11 komentar:

  1. Baru denger ada pantai wohkudu :D ini pantai baru ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah lama sih,, dulu jalannya berbatu,, saiki udah cor-coran.. Alhamdulillah :D

      Hapus
  2. Balasan
    1. Klo dr baron iya..arah pulang ke bantul

      Hapus
    2. Klo dr baron iya..arah pulang ke bantul

      Hapus
  3. kalo naik mobil ada parkiran yg aman ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turun sedikit mas..parkir di parkiran pantai kesirat aja..lebih luas..

      Hapus
  4. itu yg bener Dusun Wiloso, Desa Girikarto

    BalasHapus
  5. Mas maaf sebelumnya, kalo naik mobil trs parkir di pantai kesirat. Trs dr pantai kesirat naik apa ya mas? Saya udh bolak balik cari infonya blm ketemu yg pas nih. Terimakasih banyak mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalan kaki mas,, balik ke atas lagi hehe..soalnya klo parkir di pinggir jalan turun, klo ada mobil lain g bisa lewat nnti hehe :)

      Hapus
  6. Aku rung tau mrene. Haha. Kudu Kesini berarti.
    Mas ke Jogja kaga bilang2 ee

    BalasHapus