Menyapa Pagi di Pantai Boom Banyuwangi

, , 3 comments

Pagi Sunrise of Java!!

Sunrise of Java, Julukan untuk Kabupaten Banyuwangi dimana matahari selalu terbit duluan dari pada daerah lain di pulau Jawa. Bagi orang yang belum biasa di Banyuwangi, bangun pagi itu perjuangan. Berjuang melawan gaya gravitasi kasur yang bisa dibilang lebih besar dari bumi itu sendiri. Di Banyuwangi , Jam 5 pagi sinar matahari mulai tampak, dan perlahan-lahan mulai naik dan akhirnya menjadi terang.

Kali ini saya ingin mencoba santai sejenak di Pantai Boom Banyuwangi, sebuah pantai yang terletak di kota Banyuwangi tepatnya di Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Karena letaknya tersebut, pantai ini merupakan pantai favorit warga Banyuwangi untuk menikmati laut baik itu pagi maupun sore hari apalagi jika hari Minggu atau hari libur. Kita hanya cukup membayar parkir kendaraan saja sebesar 2000,- untuk motor. Pantai ini merupakan muara sungai, dan muara sungai tersebut dijadikan sebuah pelabuhan kecil untuk perahu nelayan berlabuh.

Untuk menuju ke Pantai Boom cukup mudah, dari Kota Banyuwangi kita tinggal mengarahkan kendaraan ke Taman Blambangan, lalu dari situ arahkan kendaraan keutara akan sampai di bundaran PLN (sebelah kirinya ada Pom Bensin) lalu ambil kanan  menuju Jalan Nusantara. Ikuti jalan tersebut hingga anda akan sampai di TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) Pantai Boom Banyuwangi.

jam 5.40 WIB matahari udah tinggi uyy
Berangkat pagi jam setengah 6, namun sempai di pantai Boom ternyata sudah terlambat, matahari sudah terbit dari balik pulau Bali. Tidak terlalu kecewa, karena warna jingga matahari terbit masih nampak dan tampa pikir panjang saya mengambil beberapa foto sebelum matahari benar-benar tinggi. Pantai Boom memiliki pasir pantai berwarna hitam dan ombak laut yang sangat tenang, namun jangan sekali-kali berenang disana karena walaupun tenang pantai tersebut mempunyai kedalaman yang cukup dalam. Sejauh kita memandang kearah laut, kita bisa melihat pemandangan Pulau Bali dengan Gunung Baturnya terlihat gagah. Di pesisir pantainya terdapat dua Kursi santai lengkap dengan payungnya. Kita bisa menyewanya sebesar 20 ribu saja selama sejam, lumayan untuk santai dipantai sambil duduk atau tiduran di kursi tersebut :D.

pagi hari, sudah cukup ramai
tamannya
Pagi itu pantainya sudah cukup ramai mengingat hari ini merupakan hari minggu, banyak yang datang berkeluarga mengajak anaknya menikmati suasana pagi pantai, udara pagi pantai yang katanya menyehatkan, terutama untuk terapi penyakit asma. Pantai Boom mempunyai taman yang cukup bagus, beberapa warga terlihat sedang jogging mengelilingi taman- sebagian lagi terlihat sedang duduk dibangku taman melihat suasana pagi dan menyantap makanan yang mereka bawa. Terdapat pula warung-warung penjual makanan dan minuman yang berjajar rapi dibelakang taman jadi jika tidak membawa bekal dari rumah, kita bisa membelinya disini. Pantai Boom juga memiliki sebuah teater pertunjukan terbuka, yang biasanya dipakai untuk sebuah pertunjukan seni atau ajang latihan saja. Kadang bangku penontonnya juga dipakai pengunjung pantai Boom banyuwangi untuk bersantai menikmati suasana pagi.

Warung Makanan-Minuman
Teater Terbuka
Namun keindahan pantai tersebut sedikit terganggu dengan kehadiran sampah-sampah yang dibuang sembarangan karena kurang sadarnya pengunjung atau sampah yang terdampat dari lautan. Salut saya dengan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata Pantai Boom) tetap membersihkan sampah yang berserakan dan menyediakan tempat sampah di pantainya untuk pengunjung yang ingin membuang sampahnya tidak bingung  atau jauh-jauh ke taman untuk membuang sampahnya.


Yuk Kunjungi Pantai Boom Banyuwangi

3 komentar:

  1. Yang bikin aku penasaran kenapa dinamai pantai Boom? Kok nggak Banyuwangi banget ya? Hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe sama, tp beberapa daerah yg punya pantai namanya pantai boom pasti ada pelabuhan kecilnya mas :D..mungkin karena itu sih

      Hapus
  2. Nggak nyangka banyuwangi punya pantai sekeren ini :O

    BalasHapus