Puncak Becici, Spot Keren Menikmati Jogja Dari Ketinggian

, , 35 comments

Dlingo, merupakan Salah satu Kecamatan di Kabupaten Bantul yang berada di ketinggian. Tak heran di daerah Dlingo terdapat spot-spot menikmati pemandangan Yogyakarta dari ketinggian, salah satunya yaitu di Puncak Becici.

Puncak Becici terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta dan wilayahnya masuk dalam RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan, wilayah kerja Dishutbun Provinsi Yogyakarta. Awalnya saya berkunjung ke tempat ini tidak sengaja, hanya mengantarkan seorang teman yang ingin ke puncak kebun buah Mangunan dan hutan pinus mangunan. Selepas dari Hutan Pinus Mangunan, kami hendak menuju Patuk.  Di perjalanan kami menemukan papan petunjuk kecil yang mengarahkan ke Puncak Becici. Karena rasa penasaran, kami mengikuti papan petunjuk jalan dan sampailah di depan kawasan wisata Puncak Becici.

ikuti palng kecil ini setelah melewati hutan pinus Mangunan
jalan masuk menuju kawasan puncak becici
Rute menuju Puncak Becici dari Kota Jogja cukup mudah, dari kota Jogja, arahkan kendaraan menuju Jalan Imogiri Timur, dan ikuti jalan tersebut sampai mentok di pertigaan pasar Imogiri. Dari Pertigaan tersebut ambil arah kiri dan ikuti papan petunjuk jalan menuju kebun Buah Mangunan. Mulai dari sini Jalan yang dilalui mulai menanjak, dan berkelok-kelok. Sampai bertemu di pertigaan kebun buah dan Hutan Pinus, ambil arah lurus menuju Hutan Pinus Mangunan. Ikuti jalan tersebut melewati kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan sampai bertemu di pertigaan yang ada papan petunjuk jalan menuju Puncak Becici. Ikuti Papan petunjuk yang ada mulai dari sini dan akan membawa kita ke kawasan wisata Puncak Becici.

Nuansa Hutan Pinus Becici Saat Berkabut
Suasana Hutan Pinus Siang-Siang :)
Sesampainya di kawasan Wisata Puncak Becici kita langsung disuguhkan oleh pemandangan, kesejukan  dan aroma khas Hutan Pinus yang entah kenapa membuat kita nyaman di dalamnya. Hutan pinus di Becici ini sedikit berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan, Pohon pinus Becici ini disadap diambil getahnya sebagai bahan dasar pembuatan Gondorukem dan Terpentin. Di sepanjang menelusuri Hutan Pinus menuju Puncak Becici, terdapat bangku-bangku sederhana yang terbuat dari batang pohon pinus yang roboh, untuk tempat bersantai, menikmati suasana pinus. Setelah berjalan kurang lebih 15 menit, sampai juga di Puncak Becici.

Bangku untuk menikmati pemandangan di puncak
Suasana Pagi di Puncak Becici
Jika melihat arah bawah
Pemandangan yang menakjubkan terlihat di Puncak Becici. Terlihat kabut-kabut yang terpisah pisah bagaikan awan kecil di langit menghiasi bukit-bukit kecil di sekitar Puncak Becici. Pagi itu saat kami datang cuaca sedang cerah, Gunung Merapi dan Gunung Sindoro terlihat sedang cantik-cantiknya. Jika kita melihat kearah barat terlihat pegunungan Menorehnya Kulonprogo dan samar terlihat pantai selatan Jogja. Puncak becici ini bagus dikunjungi pagi hari dan sore hari. Pagi hari cuaca masih sejuk-sejuknya, dapat melihat pemandangan wilayah Yogyakarta yang masih di selimuti kabut dan pada Sore hari matahari sudah tidak begitu panas dan bisa melanjutkan menikmati senja dan suasana malam disini.

Rumah Pohon atau Gardu Pohon Salah satu cara untuk menikmati pemandangan
Kawasan Wisata Puncak Becici dikelola oleh warga setempat secara swadaya. Mereka secara gorong royong membangun fasilitas-fasilitas sederhana seperti  pemerataan jalan masuk, lokasi parkir kendaraan, bangku tempat istirahat pengunjung, rumah pohon seperti  yang ada di Kalibiru, Kulonprogo. Fasilitas yang dibuat pengelola cukup sederhana, mengingat kawasan ini merupakan kawasan Hutan Lindung  sehingga  pembangunan fasilitas terbatas. Mengunjungi Hutan Lindung yang merupakan wilayah hutan yang berfungsi sebagai kawasan penyangga kehidupan untuk daerah di sekitar Becici termasuk Kota Yogyakarta sudah sepantasnya kita, wisatawan juga pengelola kawasan wisata untuk menjaga fungsi dan keberadaan Hutan Lindung, minimal dengan menjaga kebersihan, tidak bermain api, tidak menebang dan merusak pohon serta ha lain yang merugikan kawasan hutan Lindung dan kawasan wisata Puncak Becici.

Yuk Kunjungi Puncak Becici

35 komentar:

  1. Itu gardu pandangnya masih gratis klo mau foto2 di sana? Yg di Kalibiru kan ditarik bayaran per jepretan... >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. sementara ini sih masih gratis,, mudah2n tetep gratis :D

      Hapus
  2. waaaah ...apik mas. 2 bulan lagi lah baru jalan-jalan tapi keburu rame nie tempat

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe nnti klo miss risna dateng kesini kawasan lngsung distreilkan *berasa presiden :D

      kok lama 2 bulan lagi ris hehe

      Hapus
  3. Makin banyak tempat cakep di yogyakarta yang bisa dijelajahi T_T ini kayaknya kalau kesana lagi harus sebulan deh~

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ak yg bertahun di jogja aja kayaknya masih kurang mas waktunya :D..makin lama nambah trus -_-

      Hapus
  4. wah, baru tau ada semacam kali biru di dlingo, makasih infonya *masukin list*

    BalasHapus
  5. Waaaa.. Sumpah keren banget pemandangannya euy! Aku jadi makin mantap mau merantau ke Jogja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh mau rantau di jogja ternyata,,kuliah?

      Hapus
  6. Kalo berangkat dr jogja abis subuh udah buka belum ya temoatnya,trus kalo naik mobil ntar diparkir di sekitar situ apa pas hutan pinusnya? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah bukak kok, kawasannya cuma dipagerin supaya mobil motor ga masuk hutan pinusnya :)

      Hapus
  7. hehehe mantap[ mas segera ke TKP...

    BalasHapus
  8. tak kira tu di atas parangtritis, ada juga mirip gitu. tanya temen ternyata di puncak becici. thanks infonya.

    BalasHapus
  9. Alan ki lhoo wess tetep walau di luar yogya tetep update nya banterr tentang jogja haha

    BalasHapus
  10. Nice info, baru tau ternyata di Jogja ada view yang 11-12 sama tebing keraton di Bandung b(^_^)d

    BalasHapus
  11. Mari otw ke becici,,, tempatku tidak jauh dari sana

    BalasHapus
  12. Wah enak banget ya tempatnya, let me bookmark your blog

    BalasHapus
  13. kalo pulangnya malam dijalan sana banyak lampunya gak ya kak?

    BalasHapus
  14. Ini sama kebun buah mangunan trus kemana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lewat hutan pinus aja kak lurus terus nanti ada tulisan puncak becici kok

      Hapus
  15. Mantaep lah infonya . jadi pengen kesana..
    :)

    BalasHapus
  16. wah tulisan dan sharing yang menarik mas...
    salam kenal dari kami cakrawalatour, semoga bisa terus menginspirasi.. di tunggu tulisan berikutnya..

    BalasHapus
  17. Dari hutan pinus lurus terus nanti bakalan nemu tulisan puncak becici, hehehe

    BalasHapus
  18. Aku sore ini mau ke sana... Akses mobil mudah gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. akses mobil gampang, masuk sampe parkiran

      Hapus
  19. Inshyaallah mau merantau ke jogja dan bangun gubuk di sekitar Becici… emmuah

    BalasHapus
  20. Bulan depan semoga bisa main kesana. Thanks infonya Min.

    BalasHapus
  21. semoga saya bisa pergi liburan ke Jogjakarta ... sepertinya asyik juga

    BalasHapus
  22. Perjalanan ke puncak brapa menit kak ? Insyaalloh minggu besok mau ke sana , hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. 10-15 menit hehe jalan santai aja nikmati hutan pinusnya

      Hapus
  23. baca postingan bapak saya jadi kangen pengen pulang ke jogja, udah lama gak main-main ke sana

    BalasHapus