Pantai Pelang, Pantai Ujung Baratnya Trenggalek

, , 30 comments
Pantai Pelang dan Pulau Kecilnya

Menembus Hutan menuju Pantai Pelang
Pantai Pelang salah satu pantai yang mempunyai air terjun di pesisir pantainya. Pantai ini berada di desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Atau sekitar 57 km dari pusat kota Trenggalek. Untuk menuju kesana  hanya menempuh perjalanan sekitar 2-2,5 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Saya berangkat dari Tulungagung melewati jalur utama Tulungagung-Trenggalek, melewati Taman Makam Pahlawan Trenggalek lalu pertigaan lampu lalu lintas (pertigaan Karangan) ambil kiri menuju Dongko - Panggul. Perjalanan dari sini menuju Pantai Pelang mulai menanjak- menurun dan berlika-liku tajam, melintasi hutan dan pemandangan landscape cantik Trenggalek dari ketinggian. Kita diharapkan hati-hati jangan terlena dengan pemandangan cantik yang ada dipinggir kanan-kiri jalan. Setelah sekitar 2,5 Jam akhirnya kami sampai di kecamatan Panggul. Dari Kecamatan Panggul kita bisa mengikuti papan petunjuk jalan menuju pantai Pelang yang sudah tersedia. Menurut info yang saya dapat, Pantai Pelang juga bisa dituju dengan Bus dari terminal Trenggalek, naik bis jurusan Trenggalek - Lorok/Pacitan dan turun di Kecamatan Panggul. Dari Kecamatan Panggul menuju Pantai Pelang bisa dilanjutkan dengan jasa Ojek.

Gerbang Retribusi Masuk Pantai Pelang
Untuk memasuki kawasan pantai Pelang, perorang hanya terkena biaya masuk sebesar Rp.8000 pada hari libur dan Rp.7500 pada hari biasa. Pantai Pelang ternyata mempunyai kawasan parkir yang luas, ditumbuhi dengan pohon-pohon vegetasi pantai sehingga lokasi parkiran tampak sejuk. Terdapat beberapa gazebo di ujung lokasi parkir mengarah ke pantai. Gazebo ini difungsikan untuk wisatawan menikmati Panorama pantai Pelang dari kejauhan. Tidak usah khawatir jika tidak membawa perbekalan dari rumah, di kawasan parkir pantai Pelang tersedia banyak penjaja makanan-minuman. Terdapat juga area kemah dan penginapan untuk para wisatawan yang ingin menghabiskan malam di pantai ini.

Pantai Pelang dan Pemandangannya
Pesisir pantai Pelang dan kawasan parkirnya terpisahkan oleh sebuah sungai kecil yang berasal dari mata air Grobogan Sewu bermuara ke Pantai Pelang. Muara sungai tersebut tidak dalam sehingga pengunjung bisa menyebrangi muara sungai tersebut langsung. Terdapat sebuah jembatan untuk dilewati jika kita malas untuk basah-basahan di muara sungai kecil tersebut. Pantai Pelang mempunyai hamparan pasir yang cukup luas, cukup datar membentang dari ujung barat ke timur. Terdapat pulau kecil ditengah lautnya. Namun pengunjung tidak bisa ke pulau juga berenang di pesisir pantai Pelang karena ombak di di sini cukup ganas. Bagi pengunjung yang ingin bermain air, bisa bermain air di Air Terjun Grobogan Sewu yang letaknya hanya 300 meter dari pesisir pantai. Dari pesisir pantai kita hanya tinggal mengikuti jalan setapak di dekat sungai kecil yang bermuara di pantai Pelang.
Grobogan Sewu, Air Terjun Pantai Pelang

Adanya dua daya tarik yang berbeda berupa panorama pantai dan air terjun dan letak dari pusat kota Trenggalek hanya sekitar 2 jam, membuat pantai Pelang ini wajib kalian kunjungi. Saat berkunjung ke pantai ini, kita diharapkan tetap menjaga pantai ini, minimal tidak mengotori alam pantai Pelang ini dengan sampah-sampah bekas bekal yang kita bawa. Moga tulisan ini berguna buat kalian yang ingin mengunjungi pantai-pantai di Jawa Timur, Khususnya Kabupaten Trenggalek :)


Ulasan tentang Air Terjun Grobogan Sewu di Pantai pelang bisa Klik disini 

30 komentar:

  1. Kalau jarak pantai pelang sekitar 57 km dari pusat kota Trenggalek, berarti makin jauh lagi dari Blitar ya --" Harus nginep di trenggalek dulu kayaknya nih, kalau mau eksplore pantai - pantai trenggalek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya, sepertinya klo dari Blitar nginep aja dulu, biar ga terlalu lelah diperjalanan mas..kayaknya klo nonstop dari Blitar bisa 5 jam perjalanan

      Hapus
  2. Aw, keren pantainya mas... sepi ya..dan bersih sepertinya, hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp.. kemarin kesini sih rada sepi, belum tau pas weekend :D

      Hapus
  3. nggak heran deh jawa timur, keindahan alamnya memang udah mantep banget!

    BalasHapus
  4. Cakep banget Mas Alan. Unik lagi, pantai yang ada air terjunnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee sekali jalan dapet dua objek ya mba :)

      Hapus
  5. Keren.. Itu kayak semacam aliran dari air sungai menuju laut, Bang? :D

    BalasHapus
  6. pengen motret SS di kapal karam itu belum kesampaian :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesana lagi lah,,tp kayae koe wes kapok ya :v

      Hapus
  7. mas alan,, daerah seputaran ada penginapan atau hotelkah?

    BalasHapus
  8. mas alan daerah seputaran apa ada penginapan atau hotel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hei bang jun, kmrin ga menemukan penginapan mas,, tp klo mau ngecamp disana bisa :)

      Hapus
  9. Ada yang tau..penginapan yang bisa dihubungi di pantai pelang...mohon infonya yaaa...terima kasih.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yg tau ini? ak kmrin ga liat penginapan sekitar pantai pelang soalnya..

      Hapus
  10. bisa buat ngecamp tdk kak pantainya ??

    BalasHapus
  11. Untuk menuju pantai pelang jalannya bagus gk? Bisa buat mobil?

    BalasHapus
  12. Kira kira dipantai nya ada listrik gak atau deket pemukiman warga gak? Info mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. deket sama pemukiman mas.. 1 km kira2..
      klo listrik kurang paham saya

      Hapus
  13. dari jogja berapa jam mas/

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin 5-6 jam.. soalnya kemarin startnya dari tulungangung kesini

      Hapus
  14. penginapan banyak gan sekitar pelang,ada hotel ratu,penginapan purnama,letak 3 km sebelum pantai pelang

    BalasHapus
  15. Kalo aq liat d google maps dri.madiun sekitar 3 jam, tpi blum tau rute dan kondisi jalannya, pengen bnget kesana, keren banget

    BalasHapus
  16. Kalo aq liat d google maps dri.madiun sekitar 3 jam, tpi blum tau rute dan kondisi jalannya, pengen bnget kesana, keren banget

    BalasHapus
  17. Bos kalo pake bus besar bisa masuk smpe lokasi gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo liat lebar jalannya masih bisa masuk mas

      Hapus