Santai Sejenak di Gunung Gajah, Kulonprogo

, , 12 comments

Menjelang Sore, setelah puas bermain air dan mandi di air terjun yang ada di desa Jatimulyo, Kulonprogo, saya memilih melanjutkan perjalanan menuju salah satu puncak di Kulonprogo, yaitu Gunung Gajah.

Gunung Gajah Terletak di Dusun Teganing 2, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta. Kurang lebih sekitar 2 jam dari kota Jogja. Karena searah dari kota Jogja, Gunung Gajah ini bisa sekaligus dikunjungi setelah puas basah-basahan di air terjun yang ada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. Asal muasal penamaan Gunung Gajah belum diketahui pasti, mungkin ada batu atau gunungnya mirip dengan gajah, atau mungkin karena gunung tersebut terlihat besar dan gagah dari dekat layaknya seekor gajah. Yah itu bisa-bisa saja hehe

Rute menuju Gunung Gajah cukup mudah, sama seperti rute menuju air terjun di Girimulyo. Dari Kota Jogja ambil kea rah barat menuju perempatan lampu lalu lintas Ring Road Demak Ijo, sesampainya di perempatan tersebut ambil arah barat terus menuju Jalan Godean. Ikuti terus jalan tersebut melewati pasar Godean, menyebrangi sungai Progo dan sampai di perempatan lampu lalu lintas Kenteng. Dari perempatan tersebut arah barat menaiki pegunungan menoreh. Menyelusuri jalan pegunungan menoreh ikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Goa Kiskendo. Setelah sampai di Goa Kiskendo aka nada pertigaan dengan pemandangan hutan pinus, ambil arah kiri lalu ikuti jalan tersebut sampai pertigaan Grojogan Mudal lalu ambil arah ke kiri. Ikuti jalan tersebut dan setelah melewati gapura masuk Air Terjun Kembang Soka akan ada pertigaan. Ambil ke arah kanan (jalan nanjak) lalu ikuti jalan tersebut hingga sampai di kawasan wisata alam Gunung Gajah.

Waduk Sermo dari Gunung Gajah
Pemandangan Gunung Menoreh dan Pantai Selatan Jogja
Gunung Gajah dengan ketinggian puncaknya mencapai 810 mdpl sudah pasti memiliki pemandangan alam yang Subhanallah indahnya. Di Gunung Gajah terdapat gardu pandang yang jaraknya tidak jauh dari jalan, sehingga tidak perlu bersusah payah untuk mendakinya. Di sekitar Gunung Gajah terdapat sedikit pepohonan, hanya terlihat rumput ilalang yang bergoyang dan semak belukar Kaliandara berbunga merah. Karena itu dari wilayah pandang kita dari Gunung Gajah lebih luas dan tidak terhalang pepohonan. Dari Gardu Pandangnya kita bisa melihat waduk sermo dari atas seperti yang ada kita lihat dari Kalibiru dan dari sini juga bisa melihat bukit Kawasan Kalibiru. Selain itu, dari Gunung Gajah kita bisa melihat garis pantai di Bantul-Kulonprogo-Purworejo, kawasan pemukiman di wilayah Jogja dan bahkan bisa melihat tebing sebelah timur pantai Parangtritis. Jalan menaik dari jalan raya hingga ke gardu pandang tidak terlalu jauh sehingga kita tidak udah bersusah payah dan khawatir untuk mendakinya. Saat berkunjung cuaca sangat bagus dan sempat berpikir untuk menikmati senja disini. Namun saya KHILAF melihat waduk sermo dari ketinggian melambai-lambai untuk di datangi dan di foto keindahannya saat senja.
ini dia pemandangan Waduk Sermo yang saya dapat setelah dari Gunung Gajah hehe

Fasilitas yang ada disini masih minim, namun menurut saya perlu kalian coba. Disini kalian bisa bersantai sejenak bersama teman-teman, pacar dan keluarga menikmati sejuknya wilayah pegunungan menoreh, suasana yang tenang, jalan yang tidak begitu ramai dan yang pasti pemandangan yang luar biasa indahnya. 

12 komentar:

  1. Masha Allah, hasrat mbolang jadi timbul lagi lihat poto ini hikz

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe sekali2 boleh tuh mba dipenuhin hasratnya, mumpung masih banyak harpitnas :D

      Hapus
  2. Waduuuhh..cantik bgt pemandangannya. Blm banyak yg tau,,blm terlalu terpublikasi

    BalasHapus
  3. Waduk Sermo..! ampuuun kok keren banget, atau karena cara moto nya yg keren atau memang keren.. (rada ga yakin)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe aslinya gitu gan, emang bagus disana :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. koe mah tinggal nyamperin aja kak,, deket kok :3

      Hapus
  5. Ah.. Langsung masukin ke dalam list yang harus dikunjungin.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu cerita dari sana yaa mba :)

      Hapus
  6. kayaknya one day tour kearah ini smua deh besok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi hajar mba anna :D.. kampung halamanmu loh

      Hapus