Grobogan Sewu, Air Terjun di Pesisir Pantai Pelang, Trenggalek

, , 32 comments

Trenggalek, salah satu Kabupaten yang terletak di Jawa Timur, namun keberadaannya di dunia perpiknikan kurang begitu diperhatikan, padahal Trenggalek menyimpan banyak potensi wisata terutama wisata alam yang kurang terekspos, salah satunya adalah Air Terjun Grobogan Sewu.

Air terjun Grobogan Sewu mempunyai nama lain yang lebih terkenal yaitu, Air terjun Pantai Pelang. Penamaan tersebut karena letak air terjun tersebut berada di dalam kawasan wisata Pantai Pelang, tepatnya di sebelah barat. Air terjun ini bukan air terjun yang langsung bermuara ke laut, tapi mengalir dulu menjadi sungai kecil, lalu bermuara ke laut. Terdapat cerita lokal yang saya dengar bahwa air terjun ini dipercaya masyarakat lokal bisa membuat awet muda seseorang bila mandi disana. Tertarik mencobanya hihi ?

kondisi jalan melewati tebing rawan longsor
Air terjun ini terletak di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Untuk menuju ke air terjun pantai pelang tersebut, dari Tulungagung kami berangkat menuju Trenggalek melewati jalur utama Tulungagung-Trenggalek, melewati Taman Makam Pahlawan Trenggalek lalu pertigaan lampu lalu lintas (pertigaan Karangan) ambil kiri menuju Dongko - Panggul. Perjalanan dari sini menuju Pantai Pelang mulai menanjak- menurun dan berlika-liku tajam, melintasi hutan dan pemandangan landscape cantik Trenggalek dari ketinggian. Setelah sekitar 2,5 Jam akhirnya kami sampai di kecamatan Panggul. Dari Kecamatan Panggul kita bisa mengikuti papan petunjuk jalan menuju pantai Pelang yang sudah tersedia. Sesampainya di lokasi parkir kendaraan menuju air terjun kita tinggal mengikuti jalan setapak kearah barat mengikuti sumber air sungai kecil. Untuk yang ingin menggunakan angkutan umum kesini, dari Terminal Bus Trenggalek, naik bis jurusan Trenggalek - Lorok/Pacitan dan turun di Kecamatan Panggul. Dari Kecamatan Panggul menuju Air Terjun Grobogan Sewu ini dilanjutkan dengan jasa Ojek.

ini dia, pohon unik sekitar air terjunnya :)
Walau mempunyai ketinggian hanya sekitar 10 meter, air terjun Grobogan Sewu ini tergolong unik. Air mengalir jatuh dari tebing yang cukup panjang, tebingnya berupa mirip batuan Karst berwarna putih agak kekuningan. Terdapat pohon unik disekitar air terjun tersebut tumbuh pohon-pohon dengan akar melintang kesana kemari menembus batuan sekitarnya, seakan ingin menghalangi laju aliran air. Cahaya yang tebus dari tajuk dan dahan pohon yang ada disekitar sana makin menambah cantik saja pemandangan disana. Oia jika kita perhatikan dibawah tebing air terjun tersebut ada lubang-lubang kecil seperti sebuah goa. Mengenai cerita lokal jika mandi di air terjun ini bisa membuat awet muda mungkin benar. Awet mudanya dalam arti lain. Awet muda karena efek senang dan bahagia bisa bermain air disini, melepas beban atau mungkin “melarung” beban-beban yang ada di badan supaya terbawa aliran air menuju laut hehe. Siapa yang tidak senang bersama teman-teman, orang tersayang piknik ke air terjun seindah ini :)

tulisan Hati-Hati Licinnya :D
Fasilitas yang ada di sekitar air terjun ini cukup lengkap loh, ada tempat sampah dibeberapa sudut, ada  tempat sholat, juga terdapat beberapa kamar mandi. Terdapat juga papan peringatan yang cukup bagus, memperingatkan “Hati-Hati Licin” agar pengunjung berhati-hati dan tidak terpeleset, namun sayangnya penempatannya kurang tepat jika dilihat dari sisi untuk foto-foto. Tulisan tersebut mungkin bisa dipindahkan dipinggir air terjun hehe

Mengunjungi air terjun Grobogan Sewu ini lebih baik saat musim penghujan, memasukin musim kemarau air terjun tetap ada airnya namun debit airnya tidak sebanyak saat musim penghujan. Pengunjung yang berkunjung kemari diharapkan untuk tidak melakukan hal-hal tercela yang merusak alam. 

Mari Galakkan Visit Trenggalek 2015 :D

32 komentar:

  1. Gila.. Masih sepi ya? Padahal air terjunnya melimpah :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, belum ramai-ramai amat sih,, hari weekend ramai wisatawan lokal hehe :)

      Hapus
    2. Eh ini di trenggalek? dari rumahku di blitar nggak terlalu jauh seharusnya. nanti kalau pulang mau cobain main ke sini deh~ soalnya biasanya paling main ke prigi saja :D

      Hapus
    3. hihi lumayan jauh bang, mungkin klo dari blitar sekitar 5 jam baru sampe pantai pelangnya

      Hapus
  2. Wahhhhhhh, idah banget, mas. Sungguh pemandangan yang apik banget. Apalagi ketika air terjun dan kiasan pepohonan itu. Tjakep banget, dah.

    Tapi kok rawan longsor, ya. Agak bahaya jadinya kalo mau ke situ.

    Mas suka traveller, ya. Keren, nih. Banyak tempat baru yang bisa saya kunjungi nanti. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jalan pegunungannya menuju beberapa titik ada peringatan rawan longsor hehe, tp pemandangannya apik :D

      semoga tulisan ini berguna ya mas :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. iya mba tira,,menarik di kunjungi musim penghujan :)

      Hapus
  4. Klo nggak ada kendaraan pribadi, kemari enaknya naik ojek atau gimana ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik Angkutan ada, barusan dpt info katanya ada angkutan sampe kecamatan Panggul dari terminal kota trenggalek mas.. dari panggul kudu ngojek sepertinya..

      Hapus
  5. kondisi jalan alternatif yg extreme ga ada fotonya ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyo e, karena kita kmrin panik kesasar kak :v

      Hapus
  6. Cakep banget air terjun nya, cuman kalo kemarau pasti kering nich yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe pas kemarau debit airnya ga sederas gambar diatas bang :D

      Hapus
  7. Pohon itu kayaknya tumbuh jugak di sekitar Danau Linting - Sumatera Utara..

    Btw, air terjunnya indah banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waw.. danau linting yang airnya bening itu ya,, blm pernah kesana tp mungkin sama mba hehe

      Hapus
    2. Pakek bis pariwisata bisa ngk kesana e?katae harus pakek bis mini ato elf...

      Hapus
  8. Galek emang keren cuy :D Salam dari Malang

    BalasHapus
  9. Saya juga sudah pernah kesana.. Mbah saya tinggal Nglorok - Panggul.. dekat sekali dengan Pantai Pelang .. Kangen.. pengen ke Panggul lagi....

    BalasHapus
  10. waahhh kece badai mas... josh inih....

    BalasHapus
  11. bis blom bisa masuk kesana yaa.,.,

    BalasHapus
  12. Namanya bukannya grojogan sewu ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. warganya yg mngaih tau kemarin nyebut begitu :D

      Hapus
  13. Jalan kakinya dr tempat parkir mobil jauh gak ya?

    BalasHapus
  14. Jalan kakinya dr tempat parkir mobil jauh gak ya...?

    BalasHapus
  15. Jalan kakinya dari tempat parkir mobil jauh gak ya?

    BalasHapus
  16. Bisa camping g d sana?

    BalasHapus
  17. Mau tanya... Di pelang ada wisata kulinernya belum ya kaya ikan bakar gitu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm.. terakhir saya kesana belum liat yang jualan itu,, mungkin sekarang udah ada mas, soalnya sudah mulai berkembang dari saya kunjungi dulu

      Hapus