Es Kapal Tempo Doeloe, Solo - Pelapas Dahaga Dari Masa Lalu

, , 10 comments

Es Kapal, salah satu Jajanan es unik yang berada di Kota Solo. Keberadaannya cukup diminati warga kota Solo sebagai pelepas dahaga apalagi saat Kota Solo sedang panas-panasnya. Lokasinya pun cukup menarik, berada di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jalan Slamat Riyadi tepatnya di Depan Taman Sriwidari.

Es Kapal ini merupakan kuliner tempo dulu, sekitar era 80-90an yang terbuat dari santan yang dicampur oleh serutan es batu dengan tambahan sedikit garam lalu diputar-putar hingga menjadi Jajanan Es yang siap di santap.  Es Kapal yang dijual disini mempunyai 3 pilihan, Es Kapal Cokelat, Es Kapal Pandan atau Es Kapal Frambose dan dijual dengan harga 3000 saja, cukup murah kan. Penyajianya sederhana, es dituang kedalam gelas kaca, dan diberi sehelai roti diatasnya.

3 Rasa, yaitu Pandan, Frambose, dan Coklat
Melihat cara penyajiannya, saya berpikir kalau mungkin saja asal usul penamaan Es Kapal ini dari penyajiannya. Sehelai roti yang dicelupkan di Segelas es  ibarat layar dari sebuah kapal layar atau bisa juga ibarat moncong kapal. Namun ternyata bukan karena cara penyajiannya, penamaan Es Kapal ini karena dahulu penjual-penjual Es Kapal ini menggunakan gerobak dengan bentuk Kapal  atau lebih tepatnya gerobak depannya berbentuk moncong kapal.
Roti yang di celup ibarat moncong kapal
Es Kapal sudah siap di santap, setelah ritual foto. Saya pun mulai menikmati seteguk demi seteguk segarnya Es Kapal. Suasana rimbun kawasan Ruang Terbuka Hijau Jalan Slamet Riyadi makin membuat suasana makin adem. Jika kalian sedang mampir di Kota Solo, mampir dan cobalah es Kapal Tempo Dulu ini. Es Kapal di depan Taman Sriwidari ini mulai buka Jam 09.00 pagi.


Selamat Mencoba Jajanan Citarasa Tempo Dulu :)

10 komentar:

  1. pernah minum ini, tapi baru tahu kalau namanya es kapal, rotinya juga roti tempo dulu, roti kecil - kecl, tapi di es dung dung biasanya juga ada roti kayak gini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp mirip es dung dung :D
      cuman klo yg ini rotinya utuh dan esnya lebih cair :D

      Hapus
  2. Wah, kalo ini mah jajanan masa kecil banget soalnya sekarang udah jarang nemuin yang beginian. Kalo di Surabaya namanya Es Roti, kalo gasalah sih... Soalnya udah lama juga ga konsumsi nih minuman. Seger ya liat gambarnya. Jadi kangen:3

    BalasHapus
  3. Eh! Aku baru ngerti ada es yang kayak gini :D biasanya es yang pake roti itu es puter, atau es dawet. Ini di taman sriwedari kan ya? Mau cobain kalau ke solo lagiii :D

    BalasHapus
  4. jadi untuk nulis post ini mas beli 3 es kapalnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli satu aja mas..yg lain dipesan tmn :D

      Hapus
  5. Dulu saya pernah lihat yg jualan es pocong di Slamet Riyadi. Eh, sekarang ada lagi es kapal, hahaha. Masih ada apa lagi jenis es di sepanjang jalan itu? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe baru ada dua itu aja setauku di sepanjang jalan itu.. paling es cendol sama dawet juga ada mas :D

      Hapus
  6. Aku belom pernah minum es ini.. Tapi dari fotonya sih kayaknya enak yak :D

    BalasHapus
  7. Belon pernah nemuin es kayak gini. Itu nanti rotinya makannya gimana? Dilelepin gitu aja atau gimana?

    BalasHapus