Air Terjun Kembang Soka, Air Terjun Warna-Warni di Kulonprogo

, , 14 comments
Kembang Soka
Kembang Soka, nama sebuah air terjun yang dijuluki salah satu air terjun terindah di Jogja ini. Dinamakan demikian karena air terjun ini berasal dari mata air yang bernama Kembang Soka, dimana dulunya terdapat pohon Kembang Soka yang ukurannya cukup besar yang airnya selalu mengalir sepanjang tahun dan hingga sekarang masih digunakan warga setempat untuk kebutuhan hidup.

Air terjun Kembang Soka ini terletak di Dusun Gunungkelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Kulonprogo, Yogyakarta.  Kembang Soka ini baru mulai meramaikan dunia Peng”Air Terjun” an Yogyakarta bulan Desember 2014 lalu. Air terjun Kembang Soka langsung disambut suka cita oleh wisatawan terutama wisatawan lokal, apalagi memang air terjun ini mempunyai ciri khas yang berbeda dari air terjun yang lain yang ada di Jogja, selain itu akses menuju ke air terjun cukup mudah dan kondisi jalannya sangat baik. Namun sayangnya untuk menuju kesini butuh kendaraan karena tidak ada angkutan umum yang menuju kesini.

peta kasar menuju air terjun
jalan setapak menuju air terjun
Rute untuk mencapai ke Air Terjun ini cukup mudah, dari Kota Jogja ambil jalan menuju ke Lampu Lalu Lintas (Bangjo) Ring Road Barat Demak Ijo lalu ambil arah ke Jalan Godean (arah Barat). Ikuti Jalan tersebut melewati Pasar Godean, Menyebrangi Sungai Progo dan setelah itu akan menemukan Perempatan Bangjo Nanggulan, tetap ambil arah barat (lurus) menuju pegunungan menoreh. Ikuti jalan menaiki pegunungan menoreh Kulonprogo, mulai dari sini pengemudi di harapkan hati-hati karena jalannya mulai menanjak berkelok-kelok, jangan lengah karena pemandangan saat menanjak ini memang indah. Setelah menempuh jalan menanjak berkelok-kelok akan ketemu pertigaan mentok, ambil kiri mengikuti arah menuju Gua Kiskendo. Setelah melewati objek wisata Goa Kiskendo aka nada pertigaan dengan pemandangan Hutan Pinus, ambil kiri lalu ikuti jalan tersebut sampai bertemu pertigaan yang ada petunjuk arah menuju Grojogan Mudal. Ambil arah Kiri lalu nanti aka nada gapura Selamat Datang di Air Terjun Kembang Soka. Dari lokasi parkir menuju air terjun Kembang Soka masih butuh perjuangan karena air terjun berada di dasar lembah. Dari parkiran kita berjalan kaki menyusuri jalan setapak melewati hutan milik masyarakat setempat. setelah sampai di ujung tebing kita bisa melihat indahnya air terjun kembang Soka dari atas. Pemandangan yang menakjubkan, dari sini kita bisa melihat Kembang Soka dalam keadaan utuh dari tingkat atas sampai kebawahnya. Warna Hijau dari Hutan milik masyarakat seakan tak mampu menyembunyikan keindahan dari Kembang Soka ini.

Kembang Soka dari atas tebing

salah satu kolam alami di Kembang Soka
Air terjun Kembang Soka punya ciri khas yang unik dan membuatnya berbeda dari air terjun lainnya. Airnya yang jernih berpadu dengan batuan air terjunnya berwarna kekuningan. Terdapat banyak kolam alami di sepanjang aliran sungai Kembang Soka, dan air kolam alaminya berwarna Hijau Tosca. Menurut saya, warna air hijau tosca tersebut terjadi karena adanya pelarutan batuan dasar sungai Kembang Soka dan juga mungkin ditambah dengan efek cahaya matahari. Selain itu walau batuan air terjun dan dasar sungainya berwarna kekuningan, Tebing yang berada disisinya berwarna merah marun, sehingga itulah mengapa saya memberi judul Kembang Soka merupakan air terjun yang penuh warna. :)
Mata Air Jaran dan Mata Air Kembang Soka
Menyelusuri dan menikmati tingkat demi tingkat hingga berakhir di tingkat paling atas. di atas tingkat paling atas ini terdapat dua mata air yang menjadi sumber airnya Kembang Soka. Mata Air pertama yaitu Mata Air Jaran dan yang kedua masih agak ke atas mengikuti jalan setapak yang tersedia yaitu Mata Air Kembang Soka yang menjadi asal muasal nama Air Terjun Kembang Soka. Dahulunya terdapat pohon Kembang Soka yang lumayan besar, namun seiring berjalannya waktu pohon tersebut mati. Kedua sumber air ini airnya sangat terjaga, keluar dari dalam tanah cukup deras. Saya pun mencoba meminumnya dan membawa air tersebut dalam botol kosong yang saya bawa untuk bekal penjelajahan Kulonprogo sehabis dari Kembang Soka.

Fasilitas yang ada di Kembang Soka lengkap dan cukup baik, terdapat lahan parkir untuk kendaraan roda empat dan roda dua, terdapat pula juga kamar ganti yang bisa digunakan pengunjung. Saat mulai lapar pun tak perlu khawatir, ada beberapa penjaja makanan-minuman di sini, dan penataannya lapaknya lumayan rapi. Terdapat pula tempat pembuangan sampah yang letaknya strategis, dengan harapan wisatwan bisa membuang samoahnya di tempat tersebut. Saya salut pada pihak pengelola yang ternyata secara teratur dan tanpa disuruh melakukan pembersihan kawasan wisata air terjun Kembang Soka agar kawasan wisata selalu bersih dan nyaman dikunjungi kita, para wisatawan. Kita sebagai Wisatawan harusnya juga membantu mereka, menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Yuk Kunjungi Air Terjun Kembang Soka  :)

narsis dengan gaya aneh :p

14 komentar:

  1. keren banget~
    warna batu-batunya cantik banget :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,, satu tempat bisa beda gitu ya :)

      Hapus
  2. Air terjunnya cakeeep! ;) Kalau ke yogyakarta lagi pasti mampir kesini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kudu harus mas fahmi hehe. di tunggu cerityanya klo hbis kesini :)

      Hapus
  3. nunggu kemari sepi, tapi kapan ya? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha, pas kesini dua kali pas sepi,, pagi2 tapi hehe

      Hapus
  4. Keren banget, Bang.. Aku jatuh cinta sama air terjunnya.. Hahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D aku juga,, jd tmpat mandi, main air favorit juga hehe

      Hapus
  5. Boleh nih jadi destinasi liburan mendatang...

    BalasHapus
  6. wih, mantep tuh. warna-warni, sama kayak kalimutu dong?
    perjalanan ke sana pasti penuh rintangan ya. tapi keren..

    BalasHapus
  7. Indah ya..
    Apalagi paduan warnanya, tebingnya juga. Bisa merah marun gitu .

    BalasHapus
  8. wahhh mas alan sudah sampe sini keren dah.... mantap ams suka pose gaya terakhir hehe pizz....

    BalasHapus
  9. wah thanks mas infonya, minggu ini mau ke sana nih, lihat di FP yogyakarta kayaknya tempatnya bagus

    BalasHapus