Pesona Pantai Ngedan dan Keunikannya yang perlu kamu lihat

, , 26 comments

Pantai Ngedan atau sering juga disebut pantai Ngeden masih terdengar asing ditelinga para Piknikers lokal Jogja, walau sudah awal bulan Februari 2015 resmi dibuka. Memiliki keindahan yang agak berbeda dari pantai Gunungkidul lainnya membuat pantai ini akan segera naik daun.

Pantai Ngedan, pantai yang terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambit Sawit, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul atau tepatnya pantai ini berada di sebelah timurnya pantai Gesing. Ternyata mengunjungi kawasan pantai ini kita bisa melihat 3 pantai kecil sekaligus, Pantai Ngedan yang menjadi objek utama kawasan ini, memiliki pasir yang luas dan cocok untuk bermain air. Di sebelah baratnya ada pantai Jugala yang terdiri dari bongkahan batu-batu karang kecil warnah putih seukuran bola tenis sampai bola kaki. Pantai yang ketiga yaitu pantai Ngelimun yang didominasi oleh batuan karang dan batu batu karang bulat dalam berbagai ukuran, pantai ini memiliki sedikit pasir. Namun disini objeknya bukan hanya bermain air di pantai, kita juga bisa menikmati panorama laut dan pegunungan karst Gunungkidul dari bukit-bukit di sekitar pantai Ngedan. 
Pantai Jugala
Pantai Ngelimun
Dari parkiran pantai Ngedan, ada dua akses jalan. Akses menuju ke pantai bagi yang ingin menikmati dan bermain air di Pantai dan akses satu lagi menuju gardu pandang bukit pinggir pantai Ngedan. Kami memilih belok ke arah gardu pandang  karna berpikir mungkin ada yang menarik disana. Ternyata dugaan kami benar, “Bukitnya kaya dimana gitu, daerah Lombok kali ya” celoteh seorang teman saat berkunjung kesini. Yah memang pemandangan padang rumput dengan tumbuhan pohon pandan laut dan kelapa, juga terdapat perbukitan karst khas gunungkidul yang bukitnya juga ditumbuhi rumput-rumput liar sehingga jika kita memandang sekitar pantai Ngedan ini serasa bukan di Gunungkidul :p. Jika kita menepi ke arah laut kita bisa melihat tepi bukit yang unik, bahkan jika di dasar tebing paling bawah terdapat lubang akibat terus menerus ditabrak ombak, entah berapa dalam lubang tersebut, ombak yang masuk kedalam tebing tersebut sekitar 7-10 detik keluar kembali kelautan.

Seperti savana kecil :)
Panorama laut dan tebing sekitar gardu pandang
Tebing mirip kepala penyu
Dari tebing karang yang ada kawasan pantai Ngedan ini, ada dua yang yg menarik perhatian saya, bentuk tebing-karangnya unik berkat hasil Imajinasi aja. Tebing yang pertama berbetuk seperti kepala penyu. Berimajinasi demikian karena ada dua lubang yang posisinya seperti mata dan mulut penyu :D. Tebing ini agak berbahaya karena dekat jalan setapak dan datar. Mungkin pihak pengelola bisa memberi pagar pembatas sebagai pengaman di sekitar tebing tersebut. hal unik yang kedua yaitu batu karang yang bentuknya Love/Hati. Terbentuknya kayak giti klo ditabrak ombak. Ya tapi cuma imajinasi aja sih, mirip miripin sendiri hehe :)
Bentuk Karangnya Love kan :D
Karena baru dibuka, fasilitas disini masih dibilang minim, jalan menuju ke pantainya berupa aspal mulus, aspal rusak sampai cor semen yang mulus juga cor semen yang rusak. Sudah terdapat lahan parkir kendaraan roda 4 dan roda 2. Sudah terdapat penjual makanan dan minuman disini, hanya saja masukan dari saya mungkin pihak pengelola yang terdiri dari masyarakat sekitar kawasan pantai Ngedan bisa membuat tenda warung yang seragam sehingga bisa mendukung keindahan pantai ini. disini kami hanya menemukan 1 tempat sampah dan itu pun letaknya di dekat tempat parkir saja. Alangkah baiknya nanti ada tempat sampah tambahan di sekitar kawasan ini. Dan kita sebagai pengunjung juga harus menjaga kebersihan pantai.

Ga usah piknik deh, klo buang sampah aja sukanya sembarangan :)


Rute menuju kesana
petunjuk jalan di pertigaan Mesjid Nurul Huda (pertigaan Jetis)
Tidak ada angkutan umum menuju kesini, kalian harus membawa kendaraan pribadi atau sewaan. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam atau bahkan lebih dikitlah. Ada dua rute, lewat Patuk atau lewat Selopamioro, Imogiri. Rute pertama lewat Patuk dari Jogja ambil jalan menuju Jalan Wonosari, ikuti jalan wonosari melewati Bukit Bintang, Hutan Bunder dan saat sampai di pertigaan lapangan terbang gading, ambil arah ke paliyan atau pantai Ngobaran. Ikuti jalan tersebut melewati Paliyan, Suaka Marga Satwa Paliyan, hingga sampai di jalan besar Gunungkidul-Imogiri. Ambil ke arah barat sampai menemukan jalan baru (seperti jembatan) yang sebelah kanannya berupa Makam Jeda, setelah melewati makam ada pertigaan masjid Nurul Huda, ambil kiri memasuki pertigaan, ikuti jalan tersebut sampai mentok di pertigaan tugu. Ambil kiri dan ikuti petunjuk jalan yang mengarahkan kita ke Pantai Ngedan.

Rute kedua melewati Selopamioro, Imogiri. Dari Jogja ambil jalan menuju ringroad terminal Giwangan lalu menuju jalan Imogiri Timur, ikuti jalan Imogiri timur sampai pertigaan pasar Imogiri, ambil kanan dan ikuti petunjuk jalan menuju kawasan Selopamioro. Dari selopamioro jalan mulai berkelok naik, ikuti jalan tersebut melewati hutan jati dan akan sampai di pertigaan Mesjid Nurul Huda, ambil kanan lalu ikuti jalan sampai mentok di pertigaan tugu ambil kiri lalu ikuti petunjuk yang membawa kalian menuju Pantai Ngedan :)


Selamat Berwisata, jangan lupa tinggalkan komentar dan bantu dibagikan keteman kalian ya :)




26 komentar:

  1. Pertigaan masjid nurul huda itu mana e? Berarti kota kecamatan panggang masih bablas arah ke pantai Gesing?

    BalasHapus
  2. Msuk daerah saptosari mas..yup dari kecamatan Panggang bablas terus kearah Saptosari,, nanti ada jalan baru lurus lewatin kuburan,, jalan dulunya muter berkelok2

    BalasHapus
  3. jadi ini jalannya juga sejalur sama kesirat kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Risna, klo dari jalan kecil masuk kesirat (jangan masuk jalannya) ambil kearah timur sampe pertigaan mentok tugu, nanti tinggal ikutin petunjuk

      Hapus
  4. Bro, klo ke Pantai Ngedan pake mobil dg GC pendek kira2 nyangkut alias gasruk ga ya? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak kayaknya mas, ada jalan rusak tp ga kegasruk kok :)

      Hapus
  5. Wah Mas Mawi sama Mbak Risna udah pada kumpul...he...

    Ini pantai udah masuk Saptosari tho Mas Nobi...masih sepi...semoga segera bisa sampai kesini...hehehe...makasih infonya...salam sukses...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesti kesampean kesini, ke kesirat aja kesampean kok :D

      Hapus
  6. Wah Mas Mawi sama Mbak Risna dah kumpul...he...

    Keren Mas Nobi pantainya...paling suka foto ke-5...salut deh...salam sukses...

    BalasHapus
  7. Salam Mas Novi :)
    Waww Mas Novi nyampe ke Pante ini juga, Heheh..

    Sekalian ke pantai Ngluen n pantai Butuh gak Mas?
    itu tuh sebelah barat nya pantai Nglimun

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum mas, hihi
      kemarin sih mau kesana tp waktu ga sempet soalnya kudu pindah liat sunset di kesirat :)

      Salam kenal yo :)

      Hapus
  8. bus 3/4an bisa ke lokasi nggk ya?
    terimakasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo liat dari jalannya bisa mas. nnti klo papasan sama mobil lain agak pelan2 aja sepertinya, di jalan berbatunya

      Hapus
  9. berati pas pertigaan tugu kecil ke kiri ya ? bukan yg jalan berbatuan kan ?

    BalasHapus
  10. berati pas pertigaan tugu kecil itu ke kiri yak ? bukan yg jalan berbatuan
    thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tugunya ada papan petunjuk ke pantai Ngedan beloknya ke kiri jalannya agak rusak :)

      Hapus
  11. Waaa,,, udah banyak pantai bermunculan didaerah sana...
    Musti segera atur schedule and sgera meluncur nih...
    Semoga gak nyasar banyak deh buat kesananya.
    Makasih ya kawan informasi menariknya. Salam Wisata!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuu mr. John.. Salam wisata juga :)

      Hapus
  12. Suasana pantai+bukitnya keren kok,kemaren habis camping d sana...tp akses menuju pantainya penuh dgn perjuangan :-) jalan nya sungguh sangat terlalu,dan yg bikin nyesek sampah berserakan dimana2

    BalasHapus
  13. Pantai Ngeden memang keren, cantik, unik dan masih perawan. sangat cocok jika buat ngecamp. karena tempatnya masih sangat asri. Maju terus wisata Gunungkidul..

    BalasHapus
  14. Dari jalan utama masuk udah rusak banget kurang lebih 1 km..mana jauhh bikin kapok -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe begitulah :D,, semoga cepet dpt kucuran dana buat jalan...

      Hapus
  15. kalau Dari st.tugu terus kemana yah,soalnya sy sewa motor??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap itu di 2 paragraf terakhir ada rutenya kok (kata yang di cetak tebal)..ak juga lewat rute itu naik motor hehe :)

      jalur paling mudah lewat Rute pertama..

      Hapus
  16. pantainya keren-keren gan, wah jd ga sabar nunggu liburan tiba hehe :)

    BalasHapus
  17. Keren pantainya..ada sawah berbatasan langsung sama tebing

    BalasHapus