Pantai Tembakak dan Karang-Karangnya Yang Unik

, , 8 comments
Formasi Karang Tembakak
Tembakak, Salah satu pantai yang dikenal oleh masyarakat setempat sebagai akses penting untuk menuju Pulau Pisang. Disini bersandar beberapa perahu yang siap mengantarkan wisatawan, masyarakat setempat atau barang kebutuhan masyarakat pulau Pisang. Namun dibalik itu semua, pantai menyimpan keunikan yang bisa membuat para wisatawan berdatangan.

karang tembakak dilihat dari laut
Pagi itu, saat hendak menyebrang ke pulau Pisang, bersama teman-teman kurang menyadari keunikan pantai ini. saya menganggap pantai ini hanya pelabuhan kecil belaka untuk menyebrang ke pulau Pisang. Mungkin perhatian kami sudah fokus pada pulau Pisang yang ada di depan mata, dan saya sendiri sedikit agak takut karena akan terombang-ambing di lautan demi menuju Pulau Pisang :D. Saat pulang dari pulau pisang menuju Pantai Tembakak, kebetulan langit cerah, kami melihat keberadaan karang yang menjulang tinggi, lebih tinggi dari batu karang di sekitarnya. Formasi karang yang unik inilah yang menurut saya bisa menjadi penarik wisatawan untuk berkunjung ke sini. Belum lagi karena pantai ini di pinggir jalur lintas barat Sumatera menuju Bengkulu, tempat ini bisa sekaligus menjadi tempat peristirahatan sejenak.

Habis dari Pulau Pisang :D
Rute ke Pantai Tembakak
Menurut administrasi, pantai Tembakak ini terletak di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, dekat dengan Ibukota Kabupaten Pesisir Barat yaitu Krui. Jika dari Bandar Lampung dengan menggunakan kendaraan pribadi, kita bisa mengambil jalur menuju Kota Krui melintasi Kotaagung. Rutenya yaitu Bandar Lampung-Kemiling-Pringsewu-Talang Padang-Gisting-Kotaagung-Tanjakan Sedayu-Hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)-Bengkunat-Krui-Pantai Tembakak. Kondisi jalan cukup baik, namun mulai tanjakan sedayu hingga pantai Tembakak, jalan mulai berlubang-lubang. Cek kondisi bahan bakar saat sampai di kotaagung dan diisi hingga penuh karena setelah melewati kotaagung tidak ada pom bensin lagi. Perjalanan dari Bandar Lampung ke kota Krui sekitar 6-7 Jam, dari kota Krui ke Tembakak hanya menempuh jarak 30 menit saja, dan tentunya tetap hati-hati karena jalan penuh lubang.

Keindahan Pantainya

pasir hitam dan pohon kelapanya :)
Selain ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa, pantai menjadi pelabuhan kecil untuk menyebrang ke pulau pisang ini, punya keunikan yang khas. Selain pasir hitamnya yang halus, pantai ini mempunyai batu karang besar yang khas. Bagi penggemar fotografi, pantai dengan formasi karang seperti itu bisa menjadi tempat foto favorit untuk foto dengan teknik slowspeed. Sayangnya saat saya berkunjung kemari, saya tidak melakukan hal itu karena selain tidak bawa tripod, dan juga ombak saat itu sedang surut, relatif tenang. Jika kita memandang jauh kearah laut akan terlihat pulau Pisang yang berjarak sekitar 15-20 menit berkayar dari pantai Tembakak. Jika ingin menaiki batu karang-batu diharapkan hati-hati karena batu-batu karang tersebut sangat licin, juga diperhatikan datangnya ombak sehingga terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

narsis berlatarkan laut dan pulau pisang

pantai Tembakak dan formasi karangnya

formasi karang pantai Tembakak
Pantai ini layak kalian kunjungi, sekalian mengunjungi pulau Pisang, kota Krui ataupun jika kalian ingin pergi ke daerah Bengkulu via jalur lintas barat Sumatera.

8 komentar:

  1. Berarti kalau dari Lampung ke Bengkulu bisa mampir sini dulu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhu,, dan banyak pantai lagi yang bisa dimampiri :D

      Hapus
  2. Jadi ke trip ke Pulau Pisang adalah perjalanan penuh keindahan. Dari Tembakak saja sudah begini indah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya, penuh keindahan mba sepanjang perjalanan, besok2 kudu melipir kesini mba :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. hoho bener bang cumi, sebelahnya pdhl pasir putih :D

      Hapus
  4. Salam kenal mas, saya mau nanya. Klo dr jkt mau kesana pakai pesawat. Kira2 di bandara/ sekitarannya ada jasa travel/bis ga ya yg langsung ke tembakak via bengkunat? Thanks sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo bis dari bandara kayaknya g ada. ada cuma travel resmi bandara yg ke krui, mungkin sampe tembakak nambah biaya sedikit.
      biaya permobil travel 700rb. klo berangkat sendiri agak tekor.

      Hapus