Berpetualang ke Pantai Watu Lumbung, Gunungkidul, Jogja

, , 24 comments
keindahan pantai Watu Lumbung

Terlihat unik, formasi karang yang letaknya agak jauh di sebelah barat Wediombo atau terlihat sangat jelas di jalan utama sebelum masuk area parkir pantai Wediombo. Warga sekitar menyebutnya pantai Watu Lumbung. Nama yang cukup unik, Watu bisa diartikan batu atau formasi karang yang kita lihat sedangkan lumbung jika diartikan semacam bangunan untuk menyimpan padi, dan biji-bijian. Mungkin penamaan unik tersebut karena formasi karang tersebut mirip sebuah lumbung, terutama batu karang yang paling besar.

kondisi jalur menuju pantai
Rute ke pantai Watu Lumbung
Pantai Watu Lumbung ini terletak di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul tepatnya di wilayah Gunung Batur. Rute menuju pantai Watu Lumbung cukup sulit dan melelahkan karena kita harus berjalan kaki kira-kira 45 menit sampai 1 jam. Pertama kita harus berangkat menuju pantai wediombo, dari loket pembayaran, ikuti jalan yang ada lalu nanti di kanan jalan ada jalan yang bisa dilalui. Ikuti jalan tersebut sampai jalan tersebut habis dan terdapat pemandangan layaknya danau. Dari sini kita mulai berjalan kaki (tracking) melewati hutan dengan jalan tanah yang agak liat. Agak menyulitkan jika keadaannya sehabis hujan. Saat saya dan teman-teman melewati hutan sering terdengar suara semacam kera atau monyet ekor panjang bersahut-sahutan. Setelah sekian lamanya berjalan mengikuti jalan yang ada laut mulai terlihat. Disini kita harus mulai hati-hati karena akan menuruni tebing dengan jalan setapak kecil disebelahnya jurang, bahkan jalan setapaknya ada yang sedikit tak terlihat karena sudah tertutup tumbuhan. Setelah berhasil menuruni jurang, sampailah di salah satu pantai tersembunyi jogja :D
pantai Wediombo terlihat seperti Danau

kondisi jalan akhir tahun 2013 sehabis hujan

menuruni jurang menuju pantai, HATI-HATI DISINI YA
Dilihat dari jauh indah, dilihat dari dekat detailnya keindahannya makin jelas. Beberapa teman yang pernah ke Pantai Tanjung Papuma mengira melihat foto ini seperti pantai di Jember. Memang mirip sekilas namun hanya batuan karangnya saja. Disini juga ada batuan vulkanik yang berasal dari gunung batur yang dulu katanya pernah aktif dan meninggalkan sisa-sisa letusannya di pantai Watu Lumbung dan pantai Wediombo.



Pantai ini merupakan pantai favorit hobi memancing. Beberapa pemancing sedang asik menunggu umpannya di spotnya. Terlihat juga para nelayan memberhentikan perahunya dan menebar jala di sekitar pantai ini. Jangan membayangkan pantai ini kita bisa bermain pasir apa lagi berenang bermain. Sebagian besar pantai ini hanya batuan karang saja jika pun ada pasir itupun hanya sedikit dan tipis tidak seperti pantai-pantai wisata lainnya di Gunungkidul. Sisi-sisi karang yang berbatasan dengan laut memiliki kedalaman yang cukup dalam. Ombak pun tak bosan-bosannya menerjang formasi karang pantai Watu Lumbung ini. Sesekali ombak melesat naik ke batuan karang dan membasahi sekitarnya. Menurut teman yang sudah duluan ke sini, saat air laut pasang karang ini sebagian tenggelam oleh air laut hingga yang terlihat hanya karang Watu Lumbungnya saja.


Pantai yang cocok buat orang yang suka tracking, berpetualang ke tempat tersembunyi dan penghobi mancing. Kendalanya mungkin tidak ada lokasi untuk menitipkan kendaraan terdekat di desa terdekat atau bisa meninggalkan kendaraan di pinggir jalan yang di kira aman.


Spesial Thx buat kak Aria, Anno dan Mas Edi, teman satu Tim Sellaw Jelahah Pantai :D
tim sellaw Jelajah Pantai

Peralatan kami waktu itu, peta lokasi Watu Lumbung


24 komentar:

  1. pantai yang menarik
    bentar lagi akses jalan selesai dibangun
    menjadi salah satu daya tarik baru gunungkidul

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp bener..bakal beken nih kak klo udah jd akses jalannya, semoga Tetep terjaga y :)

      Hapus
  2. wah para sesepun penjelajahan lanjutkan mas nobi dkk josh dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok para sepuh, berasa tua lohj >__<

      Hapus
  3. lho ke Jogja lagi tho mas...joss nih dah nyampe Watu Lumbung segala...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe,,postingan lama kok ini, baru dipost aja kak hehe:D

      Hapus
  4. aaaghhhh, cakep banget pantainya..minggu lalu aku ama kantor abis outing k gunung kidul. kita ke pantai juga, tapi cuma pantai sepanjang... cuma kalo baca pantai ini masih pake acara jln kaki segala, wajar aja tur travel yg kita pake ga masukin pantai ini dalam list :D

    pantai bgini yg aku suka mas..sepi, tapi cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, mungkin tour travelnya ga masukin pantai ini, karna aksesnya susah hehe
      klo ke gunungkidul lagi mampir aja kesini, sepertinya akses jalan lagi di benahi :D

      Hapus
  5. oooh ini yang terlihat dari jauh itu...yang kece bingiit itu yak.tracknya juga kece badai nek ini >,<

    BalasHapus
  6. bang dapetin peta lokasinya dimana ya ? tolong infokan ya :) 089634904922
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hei mas.. peta lokasinya ak print dari wikimapia.com hehe

      Hapus
  7. Gunung Kidul ini memang bagusbagus banget pantainya
    Sayang banget belum sempet ngulikngulik pantai disana :(

    BalasHapus
  8. Pantai yang cocok bagi kaki dan stamina yang masih kuat :)

    BalasHapus
  9. Keren sumpah tempatnya, jadi pingin jalan2 kesana, tapi kapan ya,, ? semoga weekend ini bisa hhe..

    BalasHapus
  10. Mas di sana ga ada penginapan terdekata ya hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. penginapan terdekat ya hmm,, di pantai krakal,, 30-45 menit dari sini lah kira2 mas hehe

      Hapus
  11. Lagi, salah satu surga di Gunung Kidul, kayaknya ga abis-abis ya pantainya di sana.

    BalasHapus
  12. kayaknya seru nih tempat, kapan2 saya akan coba berlabuh di pantai tersebut sama teman-teman.. i'm coming...

    BalasHapus
  13. keren mas :D

    http://cafevixion.blogspot.com/2015/03/pesona-air-terjun-kedung-kandang.html

    BalasHapus
  14. bro,, waktu yg pas utk melihat indahnya pemandangan di pantai itu saat pagi atau sore ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi bisa, sore bisa,, sklian sunsetan :)

      Hapus
  15. Boleh tau berapa jam perjalanan dari kota jogja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari kota sekitar 2-2,5 jam mas.. nnti tracking pling 15-30 menit

      Hapus